Perbedaan Batu Alam Granit dan Onix

Keberadaan batu alam dalam dunia desain interior ataupun eksterior sangat membantu karena dapat meningkatkan nilai prestise serta estetis ruangan maupun bangunan. Batu alam dapat digunakan sebagai bahan pembuatan aksesoris sekaligus untuk memperindah lantai dan dinding dalam serta luar ruangan.
Ketertarikan menulis batu alam granit dan onix didasarkan pada harapan ke depan untuk memiliki hunian yang dihiasi mereka. Tulisan ini juga menjadi bagian dari kelanjutan artikel Memilih Jenis Batu Alam Berkualitas Bersama Supplier Terbaik Di Indonesia. Itulah mengapa tema Batu Alam dikategorikan dalam label Future.
Sebagai bahan pembuatan aksesoris ruangan, batu alam dapat digunakan untuk material countertops ataupun meja dapur serta memperindah kamar mandi. Diantara beberapa yang membuat tertarik adalah Granit dan Onyx.

Fagetti Supplier Batu Alam Impor Berkualitas Terbaik

Meskipun pada umumnya granit lebih sering digunakan sebagai bahan meja, namun terkadang pemilik properti seperti saya menginginkan hal lain dari batu alam yang lebih eksotis. Bagi masyarakat umum, penggunaan Granit termasuk material mewah. Namun, setelah mengenal Onyx, ditemukan keistimewaan yang luar biasa .

Lempengan yang lebih kecil membuat onyx dapat diinstal atau dipasang pada area yang tidak terjangkau. Hal ini dapat menciptakan kesan lebih mewah dan elegan ruangan tersebut. Pewarnaannya yang transparan dan tembus cahaya akan menjadikan onyx sebagai salah satu batu alam yang lebih eksotis di pasaran saat ini dan di masa mendatang.

Tentang Granit dan Onix

Meski memiliki persamaan sebagai bagian dari batu alam, namun granit dan onyx memiliki karakteristik atau ciri khas masing-masing. Salah satu pembedanya adalah mengenai harga, kisaran biaya onyx bisa mencapai dua kali lipat atau lebih dari granit.

a. Karakteristik Granit

Granit adalah batuan beku yang terbentuk dari kuarsa dan bersifat sangat keras, tahan lama, serta mampu menahan panas, pisau, pada penggunaan sehari-hari. Seperti batu alam lainnya, granit juga memiliki variasi warna dengan celah serta kebutuhan untuk dibersihkan menggunakan trik dan cairan khusus secara teratur.

b. Karakteristik Onyx

Onyx adalah batu alam yang menyerupai bentuk marmer dengan material sebagian besar terdiri dari kalsit. Tekstur onyx jauh lebih lembut dibandingkan granit dan cenderung bernoda atau etsa. Selain itu, onyx juga tembus cahaya dan dapat ditambahi nyala lampu dari belakang untuk menampilkan keindahannya.

Onyx juga merupakan batu bermaterial padat yang sangat memiliki motif dan bentuk sangat bervariasi. Tidak potongan onyx yang sama persis antara lempengan satu dengan lainnya. Karakteristiknya, setiap satu lempengan memungkinkan berisi puluhan warna. Pelat Onyx tidak sebesar lempengan granit karena bahannya jauh lebih rapuh dan tidak mungkin diekstraksi dalam blok yang begitu besar.

Perawatan Granit dan Onyx

Seperti halnya lantai dan dinding biasa, batu alam yang digunakan untuk melapisinya juga membutuhkan perawatan. Hal ini bukan berarti harus dilakukan rutin dan sering, namun yang penting adalah memperhatikan dan merawatnya.

a. Perawatan Granit

Seperti batu alam lainnya, granit harus dibersihkan dengan pembersih batu dan disegel untuk membantu menghambat pewarnaan. Granit sangat padat, dan banyak jenis granit tidak membutuhkan penyegelan sama sekali. Granit dapat menahan panas, tekanan dan goresan benda tajam, membuatnya sempurna untuk meja dapur dan memperindah kamar mandi. Perawatan sederhana dapat dilakukan dengan menghindarkan granit dari asam atau cuka serta segera membersihkan tumpahan kotoran.

b. Perawatan Onyx

Onyx dapat ditandai dengan mudah menggunakan pisau, pot, elemen pembersih dan asam. Oleh karena itu, onyx harus digunakan di daerah lalu lintas rendah, daerah penggunaan rendah, jarang dijangkau. Atasan vanity kamar mandi dan beberapa ruang tertentu dapat dilengkapi dengan warna serta urat onyx. Pasta gigi, uap air dari kacamata dan makanan harus segera dilap atau diseka secepat mungkin untuk mencegah bekas pada batu alam ini. Onyx harus selalu dibersihkan dengan batu pembersih dan disegel secara teratur untuk mencegah perubahan warna (pewarnaan).

Tampilan Granit dan Onyx

a. Tampilan Granit

Tampilan Granit bisa seperti obat penenang atau dapat juga tampak menyerupai batu liar dengan tampilan berbeda. Warna-warna granit dapat berkisar dari hitam ke hijau, merah dan biru, dan batunya dapat berbintik-bintik rapat atau mengandung urat yang besar.

Seperti batu alam umumnya, granit akan sangat bervariasi dari satu bagian ke bagian lainnya. Pola-pola granit dapat membantu menyamarkan puing-puing dan sidik jari, membuatnya tampak bersih.

b. Tampilan Onyx

Onyx adalah batu alam yang ringan dan bervariasi. Anda dapat menempatkan pencahayaan undercounter di bawah batu transparan untuk menampilkan warna dan keindahannya. Onyx tersedia dalam warna mulai dari kuning keemasan hingga merah muda, biru, hijau, dan merah.

Tampilan onyx sangat bervariasi dan tidak hanya berkisar pada warna, tetapi juga dalam pola dan motifnya. Beberapa bagian onyx mungkin termasuk goresan warna yang tidak ada di bagian lain. Onyx memiliki tampilan eksotis dan rapuh yang dapat melengkapi banyak desain modern dan kontemporer, terutama ketika disoroti lampu latar.

Meski tidak lebih kuat dari granit, namun onyx dapat digunakan pada sudut tertentu dan dapat menambah kesan eksentrik dari ruangan. Jadi, tidak perlu dipasang pada seluruh bagian karena fungsi utama dari onyx adalah untuk menciptakan kesan indah dan mewah.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan tentang perbedaan batu alam granit dengan onyx. Silahkan berkunjung pada postingan kami di artikel: Eksistensi Fagetti Supplier Batu Alam Bangunan Mewah dan Megah untuk mendapatkan informasi yang lebih detil mengenai aplikasi granit dan onyx pada gedung atau bangunan.
Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Sri Kuncoro Suharno Putro

0 Response to "Perbedaan Batu Alam Granit dan Onix"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel