Tips dan Tutorial Instalasi Water Heater Listrik

Heater Water listrik atau Water Heater listrik merupakan alat pemanas air yang menggunakan listrik sebagai sumber energi. Alat Heater Water listrik dapat memberi membantu kita mendapatkan air panas secara cepat dan praktis. Namun, air panas ini bukan untuk keperluan konsumsi makanan atau minuman, melainkan kebutuhan untuk mandi dan membasuh tubuh Anda serta keluarga.

Memasang Heater Water atau Instalasi Water Heater Listrik

Pada dasarnya instalasi water heater listrik ini bersifat mudah dan praktis, sehingga bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus memakai jasa tukang guna menghemat biaya pengeluaran. Saat pemasangan heater water listrik atau pemanas air listrik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:
  1. Menyiapkan instalasi pipa terpisah dengan ukuran yang hampir sama untuk jalur air panas dan jalur air dingin yang masuk ke dalam heater water. Pipa untuk saluran air panas pada water heater harus menggunakan pipa khusus yang tahan terhadap temperatur tinggi. Jenis yang aman dan dapat digunakan adalah paipa dengan material polypropylene, serta material non-korosif sehingga tahan terhadap berbagai cairan kimia dan bebas dari sedimentasi (pengikisan).
  2. Kran mixing, biasa dikenal dengan kran panas dingin, yang memiliki dua saluran yaitu saluran air panas dan saluran air dingin. Kran mixing berfungsi untuk menyalurkan air dari water heater.
  3. Jarak yang baik untuk pemasangan perangkat water heater listrik minimal 1.5m dari lantai agar dapat memudahkan Anda dalam pengaturan alat. Selain itu, jarak ini juga akan membuat aman alat water heater karena dapat terhindar dari cipratan air mandi.
  4. Pasang saluran air panas water heater menuju ke pipa air panas dengan menggunakan fleksibel. Demikian juga untuk pemasangan pipa saluran air dingin yang dipasangkan dengan pipa air dingin.
Guna mempermudah pemahaman terhadap cara pemasangan water heater elektrik, silahkan amati gambar di bawah ini.

Skema Pemasangan Heater Water Listrik

Merujuk pada skema pemasangan water heater elektik di atas yang dapat dijadikan sebagai alat bantu ilustrasi, maka perlu kami beri berapa deskripsi sebagai penjelasannya:
  • Jarak yang baik antara pipa air panas dan pipa air dingin adalah 15 cm;
  • Safety valve atau katub pengaman dipasang di inlet water heater listrik pada pipa masuk air dingin;
  • Lakukan penancapan saluran listrik ke steker atau stop kontak saat tabung water heater sudah terisi penuh. Hal ini berfungsi untuk mencegah kerusakan pada elemen panas. Sekali lagi, nyalakan alat jika tabung water heater sudah terisi penuh dengan air. Penancapan dan pengaktifan arus listrik pada saat tabung water heater kosong, dapat mengakibatkan kerusakan pada elemen pemanas;
  • Seting atau atur termostat pada water heater dengan posisi high.
  • Pastikan ELCB dalam keadaan menyala. Jika belum menyala, maka tekan tombol reset, kemudian tekan tombol berwarna merah hingga lampu indikator ELCB menyala.
Demi keamanan dan pertimbangan kepraktisan, maka sebaiknya terminal listrik atau stop kontak dilengkapi dengan saklar.

Mudah bukan...?

Perbadaan Instalasi Water Heater Listrik dan Gas

Meski pada dasarnya instalasi water heater jenis listrik dan gas memiliki karakter sama, namun kondisi perangkatnya tetap ada perbedaan. Khusus pada instalasi heater water gas, Anda perlu memperhatikan penempatan tabung gas yang harus berada di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar tabung gas mendapatkan udara terbuka, sehingga apabila terjadi kebocoran tidak berbahaya.

Teknisi Instalasi Heater Water

Jika Anda mengalami kendala dalam instalasi water heater listrik atau kesibukan aktivitas menyebabkan tidak sempat melakukannya sendiri, kami sarankan menghubungi teknisi khusus yang bisa menangani dan memasang heater water listrik.

Keuntungan menggunakan jasa teknisi, selain dapat membantu Anda dalam pemasangan, teknisi ini juga bisa untuk konsultasi mengenai service manitenance (perawatan dan perbaikan). Bahkan mungkin jika terjadi kerusakan pada water heater, mereka dapat membantu serta mungkin penyediaan spare part segala jenis dan tipe heater water.

Belanja Water Heater

Sekedar rekomendasi bagi Anda yang ingin memasang water heater, sebaiknya membeli heater water yang memiliki kualitas bagus dan performa terbaik. Beberapa diantaranya merk yang rekomended adalah Aqua, Ariston, Electrolux, Krisbow, Modena, Paloma, Rinnai, Sanken, Wasser, Wika. Dari sepuluh merk heater water tersebut, mungkin ada yang tidak tersedia di toko dekat tempat tinggal Anda karena kerterbatasan jangkauan pemasaran. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkannya melalui toko online terpercaya seperti Blibli, Bukalapak, Elevania, Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.
Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Sri Kuncoro Suharno Putro

2 Responses to "Tips dan Tutorial Instalasi Water Heater Listrik"

  1. In the event that the warmer that you at present have is by all accounts doing o.k. it simply has worked all it will work, at that point you most likely can return with a similar size that you previously had. Warmtepomp

    ReplyDelete
  2. Oh my goodness! a wonderful post dude. Thanks a lot Nonetheless We are experiencing problem with ur rss . Don’t know why Cannot join it. Perhaps there is everyone acquiring identical rss problem? Anybody who knows kindly respond. Thnkx ptc heater

    ReplyDelete
Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel