Guru PPKn Raih Juara Satu Lomba Inovasi Media Pembelajaran

Berupaya memotivasi kreatifitas guru madrasah dalam mengajar, Pengawas di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tegal menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Madrasah Tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh guru Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab, mata pelajaran umum dan muatan lokal di tingkat RA, MI, MTs, dan MA.

Disampaikan oleh Mahfud, selaku ketua Kelompok Kerja Pengawas, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-74 Kantor Kemenag Kabupaten Tegal.

Pada tahap awal, dilakukan seleksi administrasi terhadap peserta yang meliputi naskah laporan pembuatan karya inovasi pembelajaran beserta bukti fisik dan dokumentasi pendukungnya. Hasil seleksi tersebut diperoleh nominator sebagai peserta yang akan berlaga di final.

Lomba inovasi yang disosialisasikan sejak awal November 2019 ini diikuti oleh guru PNS dan honorer di lingkungan Kemenag Kabupaten Tegal. Sedangkan kegiatan final berupa presentasi inovasi media pembelajaran dilakukan oleh nominator pada Jum'at (24/01/2020) di Aula Al Ikhlas.

Sementara itu, Sofar selaku Koordinator Dewan Hakim menyampaikan bahwa tujuan presentasi bagi para finalis adalah untuk mendapatkan keyakinan bagi hakim atau juri dalam memutuskan dan menetapkan pemenangnya. Melalui presentasi, finalis dapat dilihat kompetensi serta penguasaan materinya. Jadi, jika kelak ada lomba serupa di tingkat kanwil atau nasional, juara dapat direkomendasikan untuk dikirim mengikuti dan mewakili Kabupaten Tegal.

Setelah dilakukan penilaian secara komprehensif terhadap karya inovasi dan presentasi finalis, maka dewan juri melakukan sidang serta memutuskan Sri Kuncoro Suharno Putro (Guru PPKn honorer MTs Negeri 1 Tegal) sebagai Juara I, Agung Maryono (Guru Bahasa Inggris PNS DPK MTs Teladan Al Amiriyah Lebaksiu) meraih juara II, Khaerudin Afandi (Guru IPA PNS DPK MTs Taswiriyah Balapulang) sebagai Juara III.

Selanjutnya Sukarno, selaku Kepala Kankemenag Kabupaten Tegal, langsung menyerahkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan kepada para juara. Adapun sertifikat piagam penghargaan akan diberikan bagi para juara dan semua peserta sebagai partisipan.



Dilansir dari portal Kemenag Kanwil Jawa Tengah Sukarno berpesan, “Kepada para pemenang saya berpesan untuk terus-menerus melakukan kreasi dan inovasi. Jangan pernah berhenti untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid dan sesuai dengan kemajuan  zaman. Jika para guru melakukan hal seperti ini, saya yakin kegiatan pembelajaran di kelas akan menjadi suatu proses yang menyenangkan dan diminati oleh para murid”.

Sukarno juga berharap kegiatan-kegiatan seperti ini semakin ditingkatkan dan ditumbuhkan untuk membantu serta mendorong para guru berkreasi sehingga semakin hari Madrasah semakin hebat dan bermartabat.

Ditemui terpisah, Kuncoro merasa senang dan bersyukur karena telah meraih prestasi sebagai juara satu. Ia juga berharap pencapaiannya dapat memotivasi guru-guru lain, baik ASN dan terutama honorer seperti dirinya, untuk kreatif serta inovatif dalam pembelajaran.

0 Response to "Guru PPKn Raih Juara Satu Lomba Inovasi Media Pembelajaran"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel