Tips Penggunaan dan Perawatan SportWatch Garmin

Seperti halnya smartphone atau ponsel pintar, sportwatch juga butuh perawatan agar penggunaanya untuk merekam aktivitas tubuh bisa menghasilkan data yang valid atau akurat. Selain itu, perawatan terhadap sportwatch juga penting bagi masa penggunaan perangkat dengan waktu yang lebih lama.

Perangkat sportwatch atau jam kebugaran pada dasarnya bekerja merekam aktivitas tubuh menggunakan sensor yang terletak di bagian bawah dan menempel pada kulit. Data tersebut direkam dan dapat dilihat melalui smartphone dengan terlebih dahulu melakukan sinkornisasi.

Kunjungi postingan kami di: Sinkronisasi Perangkat Jam Kebugaran Garmin Ke Smartphone untuk mengetahui cara menghubungkan sportwatch pada ponsel pintar.

Berdasar pengamatan dan pengalaman menggunakan produk Garmin Sportwatch, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi tips dalam penggunaan sportwacth. Beberapa poin dalam tips ini juga mungkin berlaku bagi sportwatch produk lain seperti merk: Casio, Luminox, Suunto, Timex, Xiomi, dan lainnya.

Perawatan Perangkat Sportwatch

Selain bersifat teknis, perangkat jam kebugaran atau sportwatch juga membutuhkan perhatian dalam penggunaanya. Sebagai user atau pengguna, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar sportwatch tetap dalam kondisi baik, diantaranya:

  1. Hindari guncangan ekstrim dan perlakuan kasar, karena dapat memperpendek umur perangkat sportwatch.
  2. Hindari menekan tombol saat berada di bawah air.
  3. Jangan gunakan benda tajam untuk membersihkan sportwatch.
  4. Hindari pembersih berbahan kimia, pelarut, dan pengusir serangga yang dapat merusak lapisan permukaan dan komponen perangkat sportwatch yang berbahan plastik.
  5. Bilas perangkat dengan air tawar setelah terkena klorin, air garam, tabir surya, kosmetik, alkohol, atau bahan kimia lainnya. Terlalu lama terkena zat ini dapat merusak penutupnya.
  6. Jangan menyimpan perangkat di tempat yang terkena suhu ekstrem dalam jangka waktu yang lama, karena bisa menyebabkan kerusakan permanen.
  7. Jangan lepas tali pengikat sportwatch.

Tips ini mungkin juga berlaku sama bagi merk atau produk smartwatch maupun sportwatch lainnya.

Membersihkan Perangkat Sportwatch

Keringat atau uap air meski dalam jumlah sedikit dapat menyebabkan korosi pada kontak listrik bila dihubungkan ke pengisi daya. Garmin Smartwatch pada tipe Foruranner menggunakan sistem jepit terminal sehingga penghubung kabel data untuk pengisian ataupun transfer file tampak dari luar.

Untuk mencegah korosi, bersihkan secara menyeluruh dan keringkan kontak dan area di sekitarnya sebelum melakukan pengisian daya atau menghubungkan ke komputer.

Sekali lagi kami ingatkan, bahwa korosi dapat menghambat proses pengisian baterai dan mungkin juga berpengaruh buruk terhadap transfer data.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan terhadap perangkat smartwatch Anda. Adapun pembersihan terhadap smartwatch dapat dilakukan secara detil dalam bentuk:

  • Usap perangkat menggunakan kain yang telah dibasahi sedikit dengan cairan deterjen berkadar lembut.
  • Usap hingga kering.
  • Setelah dibersihkan, biarkan perangkat sampai benar-benar kering.

Seperti halnya perawatan, proses pembersihan perangkat smartwatch juga mungkin berlaku sama untuk produk atau merk lainnya. Perawatan kebersihan perangkat kebugaran ini juga termasuk kategori mudah dan sederhana.

Memaksimalkan Masa Pakai Baterai

Seperti halnya pada smartwatch, baterai juga merupakan salah satu bagian terpenting dalam perangkat sportwatch sebagai penyimpan sekaligus penyuplai daya. Oleh karena itu, keberadaannya harus dijaga agar tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan masa pakai baterai agar dapat bertahan lama.

Non-aktifkan Notifikasi Smartphone

Garmin Sportwacth dapat dihubungkan dengan smartphone, bahkan pada tipe Forerunner tertentu dapat dipasangkan dan diaktifkan untuk menerima pemberitahuan dari ponsel pintar yang kompatibel.

Notifikasi ponsel dapat bekerja ketika disinkronkan dengan perangkat dan akan mengirimkan pemberitahuan bahwa Anda telah menerima pesan. Adapun cara mengaktifkan notifikasi dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pilih Menu > Pengaturan > Bluetooth > Notifikasi Cerdas.
  2. Pilih Selama Aktivitas > Tanda.
  3. Pilih Nonaktif, Tampilkan Hanya Panggilan, atau Tampilkan Semua.
  4. Pilih Tidak Selama Aktivitas > Tanda.
  5. Pilih Nonaktif, Tampilkan Hanya Panggilan, atau Tampilkan Semua.

Anda juga dapat mengubah nada suara melalui pengaturan notifikasi ponsel pada perangkat sportwatch.

Mengatur Notifikasi

Anda dapat menggunakan ponsel pintar kompatibel untuk mengatur notifikasi yang muncul pada perangkat Forerunner Anda.

Pilih opsi:

  • Jika Anda menggunakan perangkat Apple®, gunakan pengaturan pusat notifikasi pada ponsel pintar Anda untuk memilih fitur-fitur yang akan ditampilkan di perangkat.
  • Jika Anda menggunakan perangkat Android™, gunakan pengaturan aplikasi dalam aplikasi Garmin Connect Mobile untuk ditampilkan di perangkat.

Menon-aktifkan Notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan dapat diatur sesuai dengan kehendak kita dengan pilihan aktif maupun nonaktif. Adapun cara yang dapat dilakukan melalui:

Pilih Menu > Pengaturan > Bluetooth > Notifikasi Cerdas > Matikan.

Catatan: karena fitur notifikasi ponsel tidak tersedia untuk semua model perangkat, maka tips ini hanya berlaku bagi tipe Garmin Sportwatch tertentu.

Mematikan Bluetooth sebagai Fitur Nirkabel

Pada sportwatch, bluetooth merupakan media penting sebagai penghubung perangkat dengan smartphone secara nirkabel. Meski demikian, bukan berarti bluetooth harus tetap dinyalakan. Jadi, gunakan bluetooth sesuai dengan kebutuhan saja.

Guna mematikan Teknologi Bluetooth pada perangakat Forerunner Anda, silahkan ikuti langkah berikut ini:

Pilih Menu (garis tiga) > Pengaturan > Bluetooth > Matikan.

Bagi sportwatch merk lain, silahkan melihat manual atau buku panduan pemilik Anda untuk menonaktifkan teknologi nirkabel Bluetooth.

Mematikan Pelacakan Aktivitas

Pengaturan Pelacakan Aktivitas merupakan salah satu fitur favorit pada Garmin Sportwatch. Namun demikian, fitur pelacakan aktivitas pada spotwatch juga menguras banyak energi baterai. Oleh karena itu, jika tidak digunakan, sebaiknya dinonaktifkan. Pengaturan tersebut bisa dilakukan dengan mudah dengan langkah sederhana, yaitu:

Pilih ikon "Menu" (garis tiga) > Pengaturan > Activity
Track..

Non aktif : menon-aktifkan fitur pemantauan aktivitas.

Alarm Gerak: Menampilkan pesan dan indikator baris gerak pada layar jam dan hari. Perangkat juga akan berbunyi atau bergetar jika nada suara atau alarm dinyalakan.

Tanda Target : Memungkinkan untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan tanda target atau menon-aktifkan tanda target saat aktivitas sedang di catat waktunya.

Menghentikan Penyiaran Detak Jantung

Anda dapat menyiarkan data denyut nadi Anda dari perangkat Forerunner dan melihatnya di perangkat Garmin yang telah dipasangkan. Contoh, Anda dapat menyiarkan data denyut nadi ke perangkat Edge® saat bersepeda, atau ke kamera aksi VIRB selama aktivitas.

Menyiarkan Data Denyut Nadi ke Perangkat Garmin®

Menyiarkan data denyut nadi bisa dilakukan untuk dipasangkan dengan perangkat Garmin. Petunjuknya dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pilih menu "V"  untuk melihat layar detak jantung
  2. pilih ikon "Run" dua kali
  3. Pilih "Broadcast Denyut Jantung". Perangkat Forerunner akan mulai menyiarkan data denyut nadi Anda, dan akan muncul "Lambang Penyiaran Jantung". CATATAN: Anda hanya dapat melihat widget denyut nadi saat menyiarkan data denyut nadi.
  4. Pasangkan perangkat Forerunner Anda dengan perangkat Anda yang mendukung Garmin ANT+.

Sebagai catatan, petunjuk perpasangan untuk tiap perangkat kompatibel Garmin berbeda. Jadi, ada kemungkinan petunjuk di atas akan berbeda namun esensinya tetap sama.

Menghentikan Penyiaran Data Denyut Nadi Ke Perangkat Garmin

Perlu diketahui, bahwa menyiarkan data denyut nadi akan mengurangi daya ataupun masa pakai baterai. Oleh karena itu, pemnafaatan fitur ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan saja. Adapun tips untuk menghentikan penyiaran data denyut nadi Anda, tekan tombol apapun, kemudian pilih "Ya".

Mematikan Monitor Denyut Nadi Berbasis Pergelangan Tangan

Sebenarnya cara pengaturan Garmin Connect sudah disertakan dalam manual owners atau buku panduan dari perangkat. Namun terkadang, kita tidak punya waktu untuk menyempatkan diri membacanya.

Selain itu, terkadang kita kurang memahami tutorial di dalam panduan karena menggunakan bahasa yang berbeda. Oleh karena itu, kami mencoba menuliskannya dalam bahasa Indonesia.

Untuk mematikan monitor denyut nadi berbasis pergelangan tangan, Anda dapat menyesuaikan data field saat menampilkan laju putaran dan zona detak jantung. Adapun lankah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pilih ikon "Menu", lalu pilih profil aktivitas lari.
  2. Pilih Opsi > Kolom Data.
  3. pilih sebuah halaman
  4. Pilih ruas data untuk mengubahnya.

Catatan: Monitor detak jantung di pergelangan tangan ini di gunakan untuk mengkalkulasi detail hingga ke tiap menit dan kalori yang dibakar.

Seperti halnya smartwatch, upaya memaksimalkan masa pakai baterai sportwatch berkaitan erat dengan teknis yang membutuhkan panduan. Namun terkadang, masing-masing merk sportwatch memiliki susunan langkah dengan karakteristik yang berbeda. Namun, hal ini tetap dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan buku panduan bawaan dari perangkat saat membelinya.

Penutup

Pada dasarnya perawatan kebersihan dan pengaturan untuk memperpanjang masa baterai pada sportwatch tidaklah sulit dan bisa dilakukan secara mandiri. Fungsi utama dari sportwatch atau jam kebugaran adalah mencatat aktivitas gerak, kalori, denyut jantung tubuh. Jadi, sinkronisasi terhadap smartphone maupun fitur lainnya 
Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Penggunaan dan Perawatan SportWatch Garmin"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel