Laporan Kegiatan Pemateri Workshop Pembuatan Media Pembelajaran On Line

Bagi Anda yang pernah ataupun sering mendapat undangan dan mengisi acara workshop (pelatihan), diklat, seminar baik online maupun offline tentu tidak asing dengan aktivitas menulis. Kegiatan ini terkait erat dengan penyusunan laporan mengenai even yang telah diselenggarakan.

Salah satu manfaat penyusunan laporan kegiatan sebagai pemateri workshop (pelatihan), diklat, ataupun seminar adalah dapat dijadikan sebagai nilai tambah untuk diri maupun institusi. Bagi pribadi, laporan tertulis ini dapat dijadikan sebagai media pendukung pada angka kredit kenaikan golongan ataupun jabatan sebagai ASN.

Bagi institusi atau lembaga, terutama dunia pendidikan, laporan kegiatan pemateri dapat dijadikan sebai alat pendukung dalam penilaian saat visitasi akreditasi madrasah maupun sekolah. Dalam Dokumen Akreditasi Aspek 21 disebutkan bahwa: Guru Melakukan Profesi Berkelanjutan untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan, dan Wawasan.

Pada Aspek 21 nomor 2 disebutkan Mengembangkan hasil pengembangan profesinya (praktik baik) kepada orang lain di dalam dan di luar madrasah/sekolah. Lebih spesifik lagi menuju pada point (b), Pemakalah dalam seminar/diskusi/pelatihan baik luring maupun daring termasuk konten Youtube. Jadi, laporan kegiatan sebagai pemateri workshop (pelatihan), seminar memiliki manfaat sebagai bukti melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Pemateri Workshop Pembuatan Media Pembelajaran

Mempertimbangkan nilai manfaat dan fungsinya, maka kami merekomendasikan untuk senantiasa segera menyusun laporan usai menjadi pemateri pelatihan. Sebagai upaya berbagi, kami posting contoh laporan pemateri kegiatan workshop sebagai bagian berbagi pengalaman.

Laporan Kegiatan Pemateri Workshop
Pembuatan Media Pembelajaran Daring
Bersama Mushyawarah Guru Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (MGMP IPS)
MTs Kabupaten Tegal Tahun 2020


A. Latar Belakang Pelatihan

Pandemic Covid-19 memberikan dampak terhadap perubahan pola pembelajaran luar tatap muka menjadi system online ataupun luar jaringan (luring). Masa pandemic yang lama juga berpengaruh terhadap kondisi psikologis guru dan peserta didik yang mulai jenuh dengan system pembelajran. Oleh karena itu, berupaya untuk memberikan variasi pembelajran, maka Musyawarah Guru Mata Pembelajaran (MGMP) telah menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring.

B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Workshop

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring MGMP IPS MTs Kabupaten Tegal telah sukses dilaksanakan pada:

Laporan Pemateri Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Online
Pelaksanaan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran On Line
Hari Kamis
Tanggal 12 November 2020
Waktu Pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat MTs Negeri 2 Tegal

C. Materi dan Pemateri Workshop

1. Materi Pelatihan

Materi Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring MGMP IPS MTs Kabupaten Tegal meliputi:

  • Pembuatan Soal berupa Game Interaktif Teka-Teki Silang (TTS) Interaktif);
  • Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Program Perekam Bandycam.

2. Pemateri Workshop

Adapun pemateri merupakan personal yang memiliki kompetensi dibidang Teknologi Informasi. Berikut profil singkat Pemateri Pelatihan Pembuatan Media pembelajaran Daring MGMP IPS Kabupaten Tegal:

Laporan Pemateri Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Online
Biodata Pemateri Workshop Pembuatan Media Pembelajaran On Line
Nama Sri Kuncoro Suharno Putro, S.Pd
Pekerjaan Guru PPKn MTsN 1 Tegal
NUPTK/NPK 8857761662200052/9832040065049
Prestasi Juara Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Kemenag Kabupaten Tegal Tahun 2019
Website/blog matsansaga.com (owner)
mtsn1tegal.sch.id (admin)
Jejaring Sosial IG & Twitter: @sri_kuncoro_sp
FB: srikuncorosp

D. Peserta Workshop

Peserta Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring adalah Guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPS Kabupaten Tegal. Guna memenuhi Protokol Kesehatan, kegiatan ini jumlah peserta dibatasi. Selain itu, peserta juga diwajibkan membawa masker dan hand sanitizer sebagai tindakan preventif menjaga diri dari virus dan bakteri.

E. Penutup

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring MGMP IPS MTs Kabupaten Tegal telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Harapannya, ilmu dan pengetahuan yang telah disampaikan dapat bermanfaat serta bisa dibagikan kembali kepada komunitas sesama guru.

Jika tidak mau menahan pahitnya perubahan, maka bersiaplah merasakan sakit akibat ketertinggalan.
Berapapun kecepatannya, teruslah bergerak, maka kita akan sampai pada tujuan.


Demikian Laporan Kegiatan Pemateri Workshop yang kami susun, semoga dapat menjadi referensi sekaligus bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan komprehensif. Semoga bermanfaat.

Sri Kuncoro SP Allah Is My Power
Fb | Ig | WA | Youtube

0 Response to "Laporan Kegiatan Pemateri Workshop Pembuatan Media Pembelajaran On Line"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel