Cara Praktis Membuat TTS Pembelajaran

Bagi guru kreatif dan inovatif, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif merupakan tantangan tersendiri yang dapat menghasilkan kebanggaan jika berhasil mencapainya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan game seperti Teka-Teki Silang atau TTS.

Penggunaaan TTS merupakan salah satu bentuk variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan daya tarik peserta didik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat TTS baik yang konvensional maupun interaktif. Salah satu cara sederhana dan praktis untuk membuat TTS konvensional juga dapat dilakukan melalui portal online.

Berikut langkah-langkah pembuatan TTS secara online untuk Pembelajaran di kelas Anda:

1. Kunjungi Situs Pembuatan TTS Online

Buka website Discovery Education melalui link berikut ini: http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/CrissCrossSetupForm.asp

2. Desain TTS untuk Pembelajaran Di Kelas Anda

Bagian ini merupakan tahapan utama pembuatan Teka Teki Silang untuk Kuis ataupun pembelajaran. Adapun langkah untuk mendesain teka teki silang dapat dilakukan dengan cara:

a. Beri Judul Teka-Teki Silang Anda

Judul akan ditampilkan pada bagian atas halaman TTS Anda dengan jumlah karakter yang dibatasi maksimal 49 huruf. Buatlah judul tang menarik dan sesuai dengan tema materi pembelajaran.

b. Masukkan jumlah kotak untuk teka-teki silang Anda

Jumlah kotak pada TTS bisa disesuaikan dengan jumlah soal yang Anda buat. Hal ini berkaitan dengan display atau tampilan TTS agar lebih padat dan saling berhubungan hurufnya. Selain itu, pertimbangan keindahan dan kepraktisasan, serta mempermudah pengisian juga menjadi faktor pendukung serunya proses penyelesaian soal TTS. Jika soal berjumlah 20 hingga 30 butir, bisa anda isikan dengan angka 15.

c. Tentukan ukuran persegi TTS yang akan anda buat

Masukkan ukuran persegi Anda dapat menentukan ukuran setiap persegi dengan patokan ukuran standarnya adalah 30. Anda bisa mememperkecil atau memperbesar ukurannya dengan mengurangi ataupun menambahnya.

d. Masukkan kata atau istilah sebagai jawaban dan petunjuknya.

Pada setiap baris masukkan kata diikuti dengan spasi dan kemudian petunjuk untuk kata tersebut. Ketentuan untuk pengetikkan Soal dan Jawaban adalah dengan format:

  • Jawaban merupakan istilah atau kata yang ditulis menggunakan huruf kapital (huruf besar)
  • Soal merupakan kalimat yang memberikan deskripsi atau penjelasan terhadap istilah kata. Ditulis menggunakan huruf kecil.

Berikut merupakan contoh penulisan soal yang disusun admin adalah:

  • SANKSI Resiko atau konsekuensi yang harus diterima bagi pelanggar norma
  • NORMA Aturan tingkah laku di dalam kehidupan masyarakat
  • PENJARA Hukuman bagi yang melanggar norma hukum
  • KESUSILAAN Norma yang bersumber dari hati nurani
  • SESAL Rasa bersalah akibat mekanggar norma kesusilaan
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini:
Cara Membuat TTS Pembelajaran

3. Selesaikan Proses Pembuatan TTS Pembelajaran Online

Langkah untuk menyelesaikan proses pembuatan Teka Teki Silang untuk Pembelajaran Anda adalah dengan klik tombol "Create My Puzzle".

Pada tahapan ini, Soal TTS akan secara otomatis terbentuk dengan susunan kolom dan jenis soal baik mendatar maupun menurun. Adapun hasilnya soal berupa gambar berformat png yang bisa diunduh atau di printscreen menggunakan Snipping Tool.

Berikut tampilan TTS PPKn yang kami susun dengan jumlah 5 soal.

Cara Praktis Membuat TTS Pembelajaran

Gambar tersebut nantinya bisa dikirim melalui platform kelas virtual atau di tempelkan pada ms office kemudian dicetak dan digunakan sebagai latihan dalam pembelajaran di kelas Anda.

Kelebihan dan Kelemahan

Setelah membuat TTS Pembelajaran, tentunya kita akan memanfaatkannya sebagai kuis yang menarik dalam proses mengajar di kelas. Sebagai bahan pertimbangan, kami sajikan kelebihan dan kelemahan penggunaan TTS Pembelajaran yang dibuat dengan metode ini.

Kelebihan penggunaan TTS Pembelajaran ini dapat dibuat secara mudah dan praktis serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan kelemahannya, dalam proses pembuatannya harus menggunakan sistem online melalui website. Kelemahan berikutnya, meski dibuat secara online, namun penggunaan atau pemanfaatannya hanya dapat dilakukan secara offline. Jadi sistem pengerjaannya seperti mengisi kuis yang dicatat manual atau secara konvensional.

Pembuatan TTS Pembelajaran Interaktif

Bagi Anda yang menginginkan hasil TTS yang lebih menarik untuk pembelajaran interaktif, bisa melakukannya menggunakan metode lain. Proses pembuatannya dapat dilakukan secara offline menggunakan bantuan software tertentu namun ringan. Meski dibuat secara offline, namun penggunaannya dapat dimanfaatkan secara online, menarik, dan interaktif.

Demo TTS Interaktifnya dapat dilihat melalui link berikut ini:

  1. TTS Interaktif PPKn Materi Norma dan Keadilan
  2. TTS Interaktif PPKn Materi UUD 1945

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, TTS tersebut dapat dinikmati dengan nyaman menggunakan tablet, laptop, ataupun desktop.

Adapun cara pembuatannya dapat mengikuti langkah-langkah pada video yang sudah diunggah melalui Youtube berikut ini:

1. Video Cara Install Program Pembuatan TTS Interaktif


2. Video Cara Membuat TTS Interaktif untuk Pembelajaran


3. Cara Memainkan Kuis TTS Interaktif


Semoga video langkah pembuatan Kuis TTS Interaktif dapat bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran. Jika ada pertanyaan ataupun masukan, silahkan bisa disampaikan pada kolom komentar atau mengirim pesan melalui halaman kontak.

Demikian tutorial membuat TTS untuk kegiatan pembelajaran. Semoga bermanfaat...

Sri Kuncoro SP Allah Is My Power
Fb | Ig | WA | Youtube

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Praktis Membuat TTS Pembelajaran"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel