6 Marketplace Indonesia Terpopuler

Perkembangan teknologi informasi yang pesat memberi pengaruh besar dalam dunia bisnis dan jual beli. Dulu transaksi jual beli bisa dikatankan menggunakan sistem tradisional, kini berubah menjadi otomatis.

Perubahan paradigma dari konvensional menjadi marketplace diikuti juga dengan metode pembayarannya yang juga virtual berupa transfer melaui rekening bank maupun e wallet. Marketplace sendiri dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan pasar daring (dalam jaringan) atau pasar online.

Pengertian Marketplace

Marketplace atau pasar online merupakan situs atau website jual-beli yang disediakan oleh pihak ketiga untuk memfasilitasi para penjual menemukan pembelinya melalui internet. Perbedaan mendasar antara marketplace dengan online shop (toko online) adalah pada kapasitasnya. Jika online shope bisa dimiliki perorangan, marketplace terdiri dari ratusan bahkan ribuan toko online di dalamnya.

Marketplace Terpercaya Indonesia

Meski berupa website, namun platform markeplace pada umumnya didesain bekerja maksimal jika diakses dalam bentuk aplikasi Android maupun iPhone. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses pada pengguna agar bisa digunakan kapanpun dan dimanapun berada.

6 Marketplace Terpopuler Di Indonesia

Keunggulan yang dimiliki marketplace di Indonesia adalah penawaran promo dan kemudahan serta keamanan saat bertransaksi. Selain berbelanja, sebagian besar marketplace juga bisa digunakan untuk pembayaran tagihan rumah tangga yang dilakukan rutin setiap bulan dan investasi seperti menanam saham ataupun menabung emas. Oleh karena itu, beberapa marketplace mendapat rating baik oleh pengguna atau usernya.

Berdasarkan pengalaman menggunakan, kami tulis sedikit review mengenai beberapa marketplace yang populer di Indonesia.

Bli Bli Gratis Ongkir Sepuasnya

Blibli merupakan marketplace yang didirikan pada tahun 2010 sebagai produk pertama PT. Global Digital Niaga sebagai anak perusahaan Djarum di bidang digital. Kantor pusat perusahaan pemilik website blili.com berada di Jakarta Barat dengan dukungan infrastruktur server dan jaringan yang bernilai milyaran rupiah.

Bli Bli Marketplace Terfavorit Di Indonesia

Marketplace Bli Bli Indonesia menawarkan berbagai fitur unggulan seperti promo berupa diskon dan merchant yang dapat dinikmati user melalui aplikasi. Metode pembayaran saat bertransaksi di Bli bli bisa menggunakan beberapa pilihan, seperti: Blipay, GoPay, Dana, OVO, ataupun Pay Later.

Bukalapak Produk Bangsa yang Mendunia

Bukalapak merupakan platform jual beli atau pasar online yang didirikan oleh putra bangsa dan sudah mulai mendunia. Bermotto sebagai Situs Jual Beli Online Terpercaya di Indonesia, Bukalapak ingin mewujudkan belanja online murah, aman, dan nyaman dari jutaan toko online pelapak dengan garansi uang kembali.

Bukalapak Marketplace Terpercaya Di Indonesia

Sebetulnya untuk belanja tidak perlu instal aplikasi Bukalapak, karena bisa melalui website resminya. Namun, jika ingin mendapatkan fasilitas dan fitur yang lebih menarik, disarankan menggunakan aplikasi Bukalapak di smartphone serta login menggunakan akun Anda.

Transaksi pembayarannya bisa dilakukan dengan beberapa metode, yaitu menggunakan Dana, transfer bank ke rekening atau virtual acount, maupun melalui minimarket. Call center Bukalapak juga siap dihubungi oleh buyer, seller ataupun mitra yang mengalami kendala dalam bertransaksi.

Facebook Marketplace Indonesia

Pada dasarnya Facebook merupakan situs jejaring sosial yang banyak diinstal pada smartphone dan termasuk paling sering digunakan. Memanfaatkan kondisi tersebut, developer Facebook mengembangkan marketplace yang terintegrasi dengan situs jejaring sosialnya.

Tujuan marketplace adalah memberikan tempat bagi pengguna Facebook untuk mengiklankan barang dan inventarisnya agar bisa dijangkau lebih banyak orang sehingga bisa dipasarkan. Facebook tidak bertanggung jawab atas transaksi yang kita lakukan. Jadi, kita harus selektif dan tetap waspada saat akan melakukan jual beli melalui marketplace.  

Setting marketplace Facebook biasanya berbasis lokasi atau tempat yang terjangkau oleh pengguna. Berbeda dengan marketplace lainnya, sebelum bertransaksi, calon konsumen direkomendasikan untuk bertemu dengan penjual atau melihat barang sebelum membelinya.

Facebook Marketplace Indonesia

Meski populer, sayangnya fitur facebook marketplace Indonesia masih belum tertata dengan baik. Hal ini terlihat dari berbagai gambar dan produk yang ditawarkan berkesan kurang terkendali. Jika ada pelanggaran, respon atas laporan dari pengguna juga masih agak lambat penanganannya. Semoga ke depannya Facebook segera membenahi dan menertibkan marketplace-nya agar lebih nyaman dimanfaatkan.

Lazada Destinasi Belanja Online

Lazada bisa disebut sebagai perintis online shopping atau e-commerce di beberapa negara Asia Tenggara dengan pertumbuhan yang cepat. Platform eCommerce Lazada didirikan tahun 2012 dan berkembang di Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Lazada Pelopor Marketplace Asia Tenggara

Di tahun 2016, Lazada berhasil terpilih sebagai andalan regional Alibaba Group dan mendapat dukungan infrastruktur teknologi terbaik di kelasnya. Metode pembayarannya termasuk lengkap dan aman dengan pilihan favorit seperti COD (bayar di tempat), Lazada Credit, transfer melalui bank, kartu kredit, OVO, minimarket, dan aplikasi kredit online.

Shoppee Gratis Ongkir 100% Bebas Biaya

Shopee merupakan website ecommerce yang mulai kenalkan pada publik tahun 2015 di Singapura sebagai tempat kantor pusatnya. Kemudian memperluas jangkauannya ke Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Vietnam, bahkan hingga negara Brasil.

Shopee Marketplace Termurah Indonesia

Di Indonesia, Shopee identik menggunakan metode promosi dengan merekrut artis terkenal seperti: Blackpink, Via Vallen, Rizky Febian, Slank, Syahrini, Nella Kharisma, Tukul Arwana. Promo lain yang digunakan adalah bebas biaya pengiriman, giveaway berupa merchandise KPOP, dan voucher. Metode pembayaran dalam transaksi di Shopee bisa menggunakan Shopee Pay, Shopee Pay Later, COD.

Tokopedia Berpengaruh Hingga Asia Tenggara

Tokopedia merupakan website jual beli daring yang resmi diperkenalkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT. Tokopedia. Menggunakan motto sebagai "Situs jual beli online terlengkap dengan berbagai pilihan toko online terpercaya". Belanja online mudah dan menyenangkan, Tokopedia Selalu Ada, Selalu Bisa!

Tokopedia Marketplace Paling Terkenal Di Indonesia

Sempat mengalami kebocoran data pada Mei 2020 karena diretas, namun pihak Tokopedia memastikan bahwa kata sandi pengguna aman karena telah dienkripsi. Kini Tokopedia bekerasama dengan institusi independen dengan spesialisasi dibidang keamanan siber untuk membantu peningkatan perlindungan data para penggunanya.

E commerce Tokopedia menggunakan dominasi warna hijau dan logo bergambar tas dengan desain menyerupai kepala burung. Kini Tokopedia dengan berbagai prestasinya terbukti mampu membawa pengaruh bukan hanya di Indonesia melainkan juga Asia Tenggara.

Rekomendasi Belanja Di Marketplace

Daftar urutan marketplace di atas bukan berpatokan pada survei, melainkan atas dasar abjad nama. Masing-masing memiliki keunggulan dan telah mencapai prestasi yang luar biasa. Guna menambah tingkat kepercayaan Anda ketika akan berbelanja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Amati rating barang dan seller. Semakin tinggi nilai ratingnya, semakin baik reputasinya.
  2. Gunakan metode pembayaran yang ditentukan oleh marketplace, bukan oleh penjual.
  3. Segera melakukan komplain terhadap barang yang tidak sesuai saat diterima.
  4. Jangan melakukan konfirmasi penerimaan barang sebelum menerimanya.
  5. Tidak memberikan informasi mengenai data pribadi (Password, Nomor rekening, dll) serta tidak memberitahukan kode OTP kepada siapapun.
  6. Berikan feedback positif kepada seller jika menerima barang yang sesuai.
Banyak keuntungan saat kita memanfaatkan markeplace. Namun demikian, kita harus tetap selektif dan waspada. Demikian ulasan singkat mengenai marketplace terpopuler di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat...

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Marketplace Indonesia Terpopuler"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel