Aransemen Menjadi Bagian Menarik Dalam Bermain Musik

Banyak hal bisa kita dipelajari dan lakukan dari hobi bermusik yang menyenangkan. Dimulai dengan mempelajari alat atau instrumentalnya, mengcover lagu, aransemen musik, hingga berkarya menghasilkan komposisi lagu.

Cara Aransemen Musik

Trend sekarang yang sedang dilakukan banyak youtuber adalah aransemen musik dan cover lagu. Mereka menayangkan kreativitas musiknya dalam bentuk performa terbaik dan bersaing untuk menjadi tranding di Youtube.

A. Pengertian Aransemen

Aransemen adalah aktivitas pemusik untuk memodifikasi komposisi lagu baik instrumen musik maupun vokal sesuai dengan kehendak sendiri tanpa menghilangkan esensi dari karya aslinya. Biasanya orang yang mengaransemen disebut dengan arranger musik atau lagu.

Beberapa faktor yang meyebabkan orang melakukan aransemen adalah:

  1. Suka dan cocok terhadap karya lagu yang diaransemen;
  2. Ingin memperkaya musik dan meningkatkan kualitas komposisi lagu yang diaransemen;
  3. Memanfaatkan lagu yang diaransemen untuk ikut mempopulerkan diri dan karya.

Sepintas aktivitas aransemen musik menyerupai kegiatan cover lagu. Namun, ada beberapa hal psinsip yang membedakan antara aransemen dengan cover.

Cover biasanya memainkan komposisi lagu dengan tingkat kemiripan musik yang akurat seperti aslinya. Sedangkan pada aransemen musik, pada karya yang dibawakan sudah mengalami perubahan. Bahkan biasanya keluar dari genre atau aliran musik dari lagu aslinya.

Dengan penjelasan di atas, maka kita bisa menempatkan cover dengan aransemen pada posisi yang berbeda. Namun harus tetap diingat, bahwa keduanya tetap menjadi bagian dari karya seni musik. 

B. Antara Aransemen Musik dan Cover Lagu

Baik cover maupun aransemen memiliki cirikhas yang dipengaruhi oleh karakter pemain musik atau penyanyi. Selain itu, tingkat kemampuan dan pengengetahuan juga sangat besar pengaruhnya dalam memberikan hasil.

Khusus untuk aransemen, tingkatan musikalitas yang dimiliki arranger biasanya memenuhi syarat untuk menjadi komposer, penulis atau pencipta karya musik.

Biasanya, arrranger akan menulis hasil aransemennya agar dapat dimainkan oleh personil atau orang lain yang menjadi tim bermain musiknya. Mereka menulisnya menggunakan partitur (biasanya berbentuk notasi balok) baik dengan cara konvensional atau manual maupun digital menggunakan aplikasi.

Sedangkan cover biasanya tidak perlu menulis lagu dalam bentuk partitur atau notasi. Mereka yang melakukan cover hanya memainkan kembali komposisi karya komposer atau pencipta lagu. Baik aransemen musik maupun cover lagu, bisasanya memiliki kesamaan melakukan recording sebagai bentuk eksistensi berkarya.

C. Jenis Aransemen Lagu

Perlu diketahui, bahwa komposisi lagu terdiri dari vokal yang melantunkan syair atau lirik dan iringan musiknya yang mengikuti nada. Keduanya memiliki peran sekaligus fungsi yang saling mendukung untuk terbentuk karya musik estetis.

Suatu lagu dapat diaransemen dalam beberapa suara (partly) baik untuk paduan suara (koor) maupun ensamble musik. Oleh karena itu, aransemen dapat dikategorikan dalam tiga bentuk, yaitu:

1. Aransemen Vokal Pada Lagu

Aransemen vokal biasanya dilakukan dalam dua bentuk, yaitu merubah nada pada vokal tanpa merubah syair dan merubah syair tanpa merubah nada. Aransemen vokal pada lagu dapat disajikan dalam bentuk paduan suara atau choir dengan melibatkan dua jenis suara atau lebih.

Bentuk dari aransemen lagu menggunakan vokal adalah permainan musik akapela yang semuanya dihasilkan menggunakan suara mulut. Modifikasi lagu dalam bentuk vokal membuktikan bahwa aransemen musik bukan hanya berlaku untuk pertunjukan ensambel. 

2. Aransemen Musik Instrumen

Aransemen musik biasanya disusun dan dimainkan dengan alat musik atau instrumen baik akustik maupun elektrik. Kondisi perlu disesuaikan dengan kemampuan personal serta ketersediaan alat. Semakin tinggi kemampuan personal dan lengkap alat musiknya, maka hasil aransemennya pun akan semakin real dan bervariatif.

3. Aransemen Lagu pada Vokal dan Instrumen

Aransemen jenis ini merupakan kombinasi dari modifikasi atas lagu pada vokal dan musik instrumentalianya. Namun, tetap perlu ditegaskan, bahwa apabila vokal dan instrumen dipadukan dalam suatu permainan, maka yang lebih baik ditonjolkan adalah suara penyanyinya (vokal). Hal ini disebkan karena prinsip bunyi alat musik berfungsi hanya sebagai pengiring saja.

D. Cara Aransemen Lagu

Melakukan aransemen musik membutuhkan talenta dan skill bermusik. Kemampuan ini bisa diperoleh dari bakat ataupun proses latihan yang intensif. Jadi, tidak menutup kemungkinan bagi siapapun untuk memiliki kemampuan tersebut.

Pemahaman terhadap karya yang akan diaransemen juga menentukan hasil terbaik dari aransemen. Adapun beberapa langkah sebagai cara aransemen lagu dapat dilakukan melalui proses sebagai berikut:

  1. Tentukan tujuan utama aransemen. Jika untuk entertainment, maka sebaiknya aransemen lagunya yang easy listening atau mudah diterima dan dicerna. Namun jika akan digunakan untuk festival, maka sebaiknya keluarkan kemampuan secara maksimal dan diupayakan tetap unik;
  2. Menentukan nada dasar lagu yang tepat sebagai langkah penting memainkan aransemen musik dengan nyaman;
  3. Tentukan jenis tempo atau kecepatan lagu yang akan diaransemen sesuai dengan irama ataupun genre pilihan;
  4. Merubah ketukan lagu juga dimungkinkan dapat memberikan variasi pada aransemen yang dibuat;
  5. Menulis hasil aransemen dalam bentuk partitur, bisa menggunakan notasi balok atau notasi lain yang bisa dijangkau;
  6. Merekam dan mempublikasikan hasil aransemen sebagai bentuk eksistensi Anda dalam berkarya dibidang musik.

E. Aplikasi Aransemen Musik

Selain bernyayi dan atau memainkan alat musik, arranger juga membutuhkan kemampuan yang terkait dengan teknologi komputer. Kemampuan teknologi akan sangat berguna sebagai pendukung kreativitas dalam melakukan aransemen yang menghasilkan audio serta bisa juga sekaligus menuliskan notasinya.

Berikut ini beberapa software komputer dan aplikasi android yang dapat digunakan untuk melakukan aransemen musik.

1. Aplikasi Aransemen Lagu Di PC

Software atau perangkat lunak beikut dapat berfungsi sebagai aplikasi aransemen lagu di PC, yaitu diantaranya: Abeleton Live, Adobe Audiditon, Fruty Loop Studio, Cakework, Nuendo. Software tersebut dapat digunakan secara gratis melalui tryal untuk belajar dengan fitur terbatas. Namun, jika Anda berencana menjadi menjadi arranger profesional, disarankan membeli licensi resminya untuk mendapatkan dan memenafaatkan fiturnya secara maksimal.

2. Aplikasi Aransemen Lagu Menggunakan Android

Berikutnya adalah aplikasi aransemen lagu menggunakan android, diantaranya: Audio Evolution, Mobile Studio, Caustic 3, Chordbot Pro, FL Studio Mobile, MorphWiz-Play, Music Maker Jam, Nanoloop, Robotic Guitarist, SunVox, Walk Band. Anda dapat memanfaatkan perangkat smartphone anda untuk melakukan aransemen musik. Kelebihannya adailah dapat digunakan secara mobile sehingga mudah dipindahkan ke tempat yang anda inginkan.

Beberapa software maupun aplikasi di atas sebgain memberikan fitur penulisan notasi atau partitur. Jadi, tugas kita dalam mengaransemen musik juga akan semakin dimudahkan dengan memanfaatkan teknologi.

 Penutup

Masih banyak yang perlu dibahas mengenai aransemen, salah satunya perangkat pendukung yang juga diperlukan untuk melakukan aransemen musik (seperti: soundcard, flat speaker, dll). Namun, setidaknya artikel ini bisa menjadi awal bagi kami untuk berbagi. Semoga bermanfaat...

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aransemen Menjadi Bagian Menarik Dalam Bermain Musik"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel