Alexandria Islamic School Berasrama dengan Fasilitas Mewah

Alexandria merupakan lembaga pendidikan jenjang SMP dan SMA yang menerapkan program boarding dan Fulday School dengan proses pembelajaran yang islami. Beralamat di jalan Pengasinan Raya nomor 50 Rawa Lumbu Bekasi Timur, sekolah ini menawarkan sistem pendidikan yang memadukan ilmu pengetahuan agama dan umum.

Alexandria Islamic Full Day dan Boarding School

Diambil dari nama pelabuhan utama sekaligus kota terbesar kedua di Mesir, Alexandria Islamic School memiliki gedung megah dengan desain arsitektur menyerupai bangunan khas Eropa. Fasilitasnya pun mewah seperti hotel berbintang.

Tapi jangan hanya melihat bangunannya saja, coba yuk, kita amatai kelebihan dan bagaimana sistem manajemen pembelajarannya.

Sistem 3 In 1 PAS Sekolah Islam Alexandria

Alexandria Islamic School menerapkan 3 In 1 PAS sebagai sistem pendekatan dan pembelajaran. Adapun pembelajaran dan pendekatan 3 In 1 Pas dibagi menjadi 3 point penting, yaitu:

1. Personal Approuch Solution Academic

Personal Approuch Solution dapat diterjemahkan sebagai solusi pendekatan akademik secara personal yang dilakukan dalam beberapa aspek, yaitu:

Kurikulum Pembelajaran Alexandria Islamic School

Basis akademik Sekolah Islam Alexandria menggunakan Kurikulum Nasional 2013 dan KTSP sebagai pendukungnya. Penerapannya disesuaikan dengan standart ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Semester Program

  • Peserta didik akan menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun. Namun, pada konteks tertentu, dimungkinkan bagi mereka untuk dapat menyelesaikan studinya dalam jangka 2 tahun.
  • Dalam 1 tahun peserta didik belajar 2 semester. Jadi, mereka akan menyelesaikan atau lulus satu jenjang pendidikan dengan belajar selama 6 semester;
  • Proses pembelajaran dilakukan secara terpadu antara SMP dan SMA Alexandria.

Moving Class System

Moving Class atau kelas berjalan merupakan sistem berpindah kelas pada setiap pelajaran. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik aktif dan merasakan pembelajaran yang variatif di setiap kelasnya. Jadi, Di Alexandria Islamic School, mereka akan terbiasa mendapatkan sistem pembelajaran sebelum melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Konselor Sebagai Pembimbing

Konselor merupakan guru yang menjadi pembimbing dan menangani 5-10 anak dalam proses pendidikan mereka. Konselor akan melaporkan progress peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di Alexandria Islamic School kepada orang tua/wali siswa setiap bulannya.

Program Lima Bahasa Dunia

Selain Bahasa Indonesia, dalam kurikulum Alexandria Islamic School juga memberikan program lima bahasa dunia, yaitu:

  1. Bahasa Arab dengan alokasi waktu pembelajaran 8 jam/minngu);
  2. Bahasa Inggris dengan alokasi waktu 10 jam/minngu dan yang terdiri atas 3 sub pokok pembelajaran, yaitu: Grammar and Structure, Reading and Vocabulary, serta Speaking and Listening;
  3. Bahasa Jepang dengan alokasi waktu 2 jam/minggu;
  4. Bahasa jerman dengan alokasi waktu pembelajaran 2 jam/minggu;
  5. Bahasa Prancis dengan alokasi waktu pembelajaran 2 jam/minggu.

Sistem Exam Class dan Take Home Exam

Selain menjalankan sistem Exam Class Sekolah Islam Alexandria juga menerapkan metode Take Home exam. Jadi, selain soal yang dikerjakan di ruang kelas, terdapat juga mata pelajaran yang ikut serta dalam mata pelajaran yang diujinasionalkan, namun dikerjakan di rumah untuk didiskusikan bersama orang tua atau teman.

Tahsin dan Tahfidz Qur'an

Tahsin Qur'an merupakan program bagi peserta didik untuk memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya teknik bacaan Al Qur'annya. Peserta Didik di Sekolah Islam Alexandria akan dituntun sekaligus dituntut agar benar dan tepat saat membaca Al Qur'an.

Tahfidz Qur'an juga diterapkan bagi peserta didik di Sekolah Islam Alexandria dengan target hafalan Al-Quran baik di kelas maupun di asrama.

2. Personal Approuch Solution Behavior

Solusi pendekatan dan pembinaan perilaku secara personal dilakukan melalui pendekatan agama. Oleh karena itu, Alexandria menerapkan pembelajaran Islamic Studies selama 8 jam/minggu bagi peserta didik ditingkat SMP maupun SMA. Adapun mata pelajaran yang berbasis agama terdiri dari: akidah/akhlak/fiqih, Tahfidz, Tahsin, Islamic Current issue, dan Qiro’ah.

Pembinaan dan pemantauan tingkah laku serta akhlak dilaksanakan oleh Guru bersama konselor terhadap peserta didik dengan dukungan phycolog. Kegiatan ini dilakukan berkesinambungan dengan mengacu pada: Leadership, Self Disipline, Commitment, Self-Confident, Responsibility, Involvement, Interaction, Cooperation, Respect, Pucntuality, Cleanliness, dan Obedience.

Monitoring dilakukan secara langsung melalui Stundent Weekly Record yang laporannya secara rutin diberikan kepada Orang tua peserta didik setiap bulannya.

3. Personal Approuch Solution Lifeskill

Solusi pendekatan pengembangan minat dan bakat yang dilaksanakan dengan menggali potensi kemudian didukung kegiatan praktek untuk mengembangkannya. Bertujuan untuk memberi stimulan peserta didik agar memiliki kemampuan profesional pada bidang yang disukainya.

Kegiatannya realnya berupa ekstra kurikuler yang dikelola secara terpisah dan profesional Unit Life Skill dibawah tanggung jawab guru. Teknisnya, peserta didik diwajibkan mengikuti minimal 2 dan maksimal 4 ekstrakurikuler yang dilaksanakan sore hari. Adapun kegiatan ekstra kurikuler Sekolah Islam Alexandria dapat dipilih dalam kategori:

  1. Bidang Keagamaan, seperti: Qiro’ah Marawis
  2. Bidang Kesenian, seperti: Drama, Musik, Teater, Tari Tradisional, Lukis, Band, Modelling
  3. Bidang Olahraga, seperti: Futsal, Basket, Badminton, Tenis Meja, Renang, Karate, Jujitsu, Taekwondo, Anggar

Selain itu, ditawarkan juga kegiatan ekstrakurikuler yang menitik beratkan pada pembentukan karakter berorganisasi seperti Paskibra.

Management Pengelolaan Alexandria Islamic School

Keseluruhan program Alexandria Islamic School diimplementasikan dalam managemen yang optimal dan professional. Realisasinya adalah dengan membentuk Satuan Unit Kerja (Satker) khusus, seperti: Unit Akademik, Unit Asrama, Unit Ekstrakurikuler, Unit Laboratorium, Unit Perpustakaan, dan Unit Pengelola Bangunan.

Laboratory and Library Alexandria Islamic School

Berkaitan dengan kegiatan pelaporan proses belajar, Alexandria Islamic school menerapkan Student’s Weekly Report. Laporan progres siswa baik akademik maupun boarding (asrama) diberikan kepada orang tua dalam dua kategori, yaitu:

Student’s Weekly Report Akademik Unit

Diberikan oleh sekolah sebagai bentuk laporan progres siswa khusus dibidang akademik dan ekstrakurikuler. Student’s Weekly Report disampaikan melalui konselor masing-masing siswa yang sudah ditunjuk pihak sekolah.

Student’s Weekly Report Dormitory Unit

Diberikan sebagai bentuk laporan progres siswa khusus selama berada di Asrama yang berisi tentang kegiatan sholatnya, hafalan, dan keseluruhan aktivitas di Asrama. Student's Weekly Report diberikan setiap bulan melalui Master Boarding masing-masing.

Asrama Sekolah Islam Alexandria

Asrama merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Alexandria untuk para peserta didik baik Putra maupun Putri yang diberikan secara terpisah. Masing-masing asrama dilengkapi berbagai fasilitas mewah dan elegan untuk memberikan kenyamanan bagi peserta didik dalam mengikuti pendidikan.

Fasilitas Asrama

Gambaran umum mengenai fasilitas asrma Alexandria adalah sebagai berikut:

  1. Makan 3x sehari (sarapan, makan siang, makan malam).
  2. Ruang kamar, meja belajar, tempat tidur, almari, dan rak sepatu;
  3. Loundry atau kebersihan pakaian;
  4. Guest House bagi Orang Tua Siswa yang berkunjung dan berasal dari luar kota.

Fasilitas Asrama Per Lantai

  • 1 Televisi
  • Pustaka Mini
  • 1 Kulkas
  • 1 Dispenser
  • 5 Kamar Mandi (Lantai 1)
  • 7 Kamar Mandi (Lantai 2)

Fasilitas Asrama Per Kamar

  • 3 – 4 Orang Siswa
  • 3 – 4 Lemari Pakaian
  • 3 – 4 Meja Belajar
  • 3 – 4 Kursi
  • 1 AC

Fasilitas Asrama Per Siswa

  • 1 Tempat Tidur & 1 Meja Belajar
  • 1 Lemari
  • Breakfast, Lunch, and Dinner House Keeping.

Rundown Kegiatan Di asrama

Kegiatan asrama putra dan putri dilakukan secara terpisah dengan bimbingan Master Boarding masing-masing. Adapun aktivitas di asrama terjadwal dengan agenda sebagai berikut: Jadwal Kegiatan Peserta Didik Di Asrama Alexandria Boarding School
Rundown Kegiatan Di Asrama Alexandria Boarding School SMP dan SMA:
Mulai Selesai Deskripsi Kegiatan
03:00 05:00 Pray subuh
05:00 07:00 Muraja’ah
07:00 08:00 Sarapan pagi dan Persiapan Sekolah
08:15 17:00 KBM ( kegiatan Belajar di akademik ) sampai pukul 16.00. dilanjukan dengan ESKUL hingga pukul 17.30 sore
17:45 18:30 Shalat Maghrib Berjama’ah
18:30 19:15 Makan Malam
19:15 21:00 Mengulang Pelajaran Akademik, Muraja’ah, Muhadharah, Hafalan Hadist (berubah-ubah menyesuaikan jadwal perharinya)
21:00 22:00 Handphone diberikan – dikumpulkan kembali.
22:00 03:30 Masuk Asrama dan beristirahat

Pendaftaran Peserta Didik Baru Alexandria

Mejelang tahun ajaran, pada umumnya sekolah telah membuka dan menerima Pendaftaran Siswa Baru. Jika tertarik untuk mendaftarkan putra/putri Anda ke Alexandria Islamic Boarding School, ada baiknya mempersiapkan persyaratan baik administratif maupun finansialnya.

Persyaratan Administratif Pendaftaran Alexandria

Merujuk pada tahun ajaran sebelumnya, biasanya untuk mendaftar di Sekolah Islam Alexandria harus memenuhi persyaratan adminstratif sebagai berikut:

  1. Foto Copy Akte Kelahiran (2 Lembar)
  2. Foto Copy KTP Orang Tua (masing-masing 2 Lembar)
  3. Foto Copy Kartu Keluarga (2 Lembar)
  4. Foto Copy Normor Induk Siswa (2 Lembar)
  5. Foto Copy Ijazah Sekolah Asal (2 Lembar)
  6. Foto Copy SKHUN (2 Lembar)
  7. Foto Copy Raport (2 Lembar)
  8. Foto Copy Sertifikat Penghargaan (2 Lembar)
  9. PAS Photo 2×3, 3×4, 4×6 (masing-masing 5 lembar)
  10. Surat Pindah (2 Lembar)

Estimasi Biaya Pendidikan Sekolah Islam Alexandria

Selain persyaratan administrasi, Anda juga harus mempersiapkan finansial yang lebih untuk memasukkan putra/putrinya di sekolah ini. Biaya untuk pendidikan di sekolah ini juga termasuk tinggi jika dibandingkan dengan sekolah umumnya.

Sesuai dengan programnya, maka rincian biaya untuk mendaftar dan mengikuti pendidikan di sekolah ini, terdapat empat pilihan, yaitu:

  1. SMP Full Day School;
  2. SMP Boarding School;
  3. SMA Full Day School;
  4. SMA Boarding School.

Berikut ini merupakan estimasi dari Perincian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Alexandria Islamic Boarding School SMP dan SMA

Rincian Biaya SMP Alexandria Islamic Boarding School Tahun 2021-2022
Rincian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Alexandria Islamic Boarding School SMP Tahun Ajaran 2021-2022
NO TYPE OF COST COST DESCRIPTION PAYMENT SYSTEM
1 Registration Fee Rp. 500.000 Tes Psikotes & Minat Bakat Non Refundable
2 Development Fee Rp. 25.000.000 Pembiayaan Fasilitas Sekolah Selama 3 Tahun Non Refundable
3a Text Book Rp. 1.500.000 Text book needed for 1 year Every Academic Year
3b School Uniform Rp. 2.000.000 1 jaket almamater
2 pasang seragam sekolah
1 pasang pakaian olahraga
1 pasang seragam pramuka
3c Extra Curriculer Rp. 2.500.000 Pembiayaan Kegiatan Eskul:
Futsal; Basket; Badminton; Tenis Meja; Fitnes & Aerobic; Renang; Jiujitsu; Paskibra; Band; Traditional Dance; Bahasa Arab; Bahasa Jerman; Bahasa Jepang; Digital Marketing; Desain Grafis.
Every Academic Year
Student are free to choose teh activities they like maximum 3 items
4a SPP Rp. 2.000.000 SPP + Lunch Every month
4b Boarding Rp. 3.000.000 Boarding Student Extra Facilities
Breakfast + lunch + dinner
Bed (bed cover, pillow) per student
Learning table & accecories per student
Free loundry
Student room
Air conditioner
Refrigerator
Shoeshelf per room
TV per room
Mini library per floor
24 hour clinic
Living room per floor
Guest house
Every month
5 Graduation Fee Rp. 2.000.000 Graduation In 6th semester
6 Overseas Program Price depends on destination country
Rincian Biaya Alexandria SMP Islamic Full Day School Tahun Ajaran 2021-2022
Rincian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Alexandria Islamic Full Day School SMP Tahun Ajaran 2021-2022
NO TYPE OF COST COST DESCRIPTION PAYMENT SYSTEM
1 Registration Fee Rp. 500.000 Tes Psikotes & Minat Bakat Non Refundable
2 Development Fee Rp. 25.000.000 Pembiayaan Fasilitas Sekolah Selama 3 Tahun Non Refundable
3a Text Book Rp. 1.500.000 Text book needed for 1 year Every Academic Year
3b School Uniform Rp. 2.000.000 1 jaket almamater
2 pasang seragam sekolah
1 pasang pakaian olahraga
1 pasang seragam pramuka
3c Extra Curriculer Rp. 2.500.000 Pembiayaan Kegiatan Eskul:
Futsal; Basket; Badminton; Tenis Meja; Fitnes & Aerobic; Renang; Jiujitsu; Paskibra; Band; Traditional Dance; Bahasa Arab; Bahasa Jerman; Bahasa Jepang; Digital Marketing; Desain Grafis.
Every Academic Year
Student are free to choose teh activities they like maximum 3 items
4a SPP Fullday Rp. 2.000.000 SPP + Lunch Every month
5 Graduation Fee Rp. 2.000.000 Graduation In 6th semester
6 Overseas Program Price depends on destination country
Rincian Biaya SMA Alexandria Islamic Boarding School Tahun 2021-2022
Rincian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Alexandria Islamic Boarding School SMP Tahun Ajaran 2021-2022
NO TYPE OF COST COST DESCRIPTION PAYMENT SYSTEM
1 Registration Fee Rp. 500.000 Tes Psikotes & Minat Bakat Non Refundable
2 Development Fee Rp. 30.000.000 Pembiayaan Fasilitas Sekolah Selama 3 Tahun Non Refundable
3a Text Book Rp. 2.000.000 Text book needed for 1 year Every Academic Year
3b School Uniform Rp. 2.000.000 1 jaket almamater
2 pasang seragam sekolah
1 pasang pakaian olahraga
1 pasang seragam pramuka
3c Extra Curriculer Rp. 2.500.000 Pembiayaan Kegiatan Eskul:
Futsal; Basket; Badminton; Tenis Meja; Fitnes & Aerobic; Renang; Jiujitsu; Paskibra; Band; Traditional Dance; Bahasa Arab; Bahasa Jerman; Bahasa Jepang; Digital Marketing; Desain Grafis.
Every Academic Year
Student are free to choose teh activities they like maximum 3 items
4a SPP Rp. 2.000.000 SPP + Lunch Every month
4b Boarding Rp. 3.000.000 Boarding Student Extra Facilities
Breakfast + lunch + dinner
Bed (bed cover, pillow) per student
Learning table & accecories per student
Free loundry
Student room
Air conditioner
Refrigerator
Shoeshelf per room
TV per room
Mini library per floor
24 hour clinic
Living room per floor
Guest house
Every month
5 Graduation Fee Rp. 2.000.000 Graduation In 6th semester
6 Overseas Program Price depends on destination country
Rincian Biaya Alexandria SMA Islamic Full Day School Tahun Ajaran 2021-2022
Rincian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Alexandria Islamic Full Day School SMA Tahun Ajaran 2021-2022
NO TYPE OF COST COST DESCRIPTION PAYMENT SYSTEM
1 Registration Fee Rp. 500.000 Tes Psikotes & Minat Bakat Non Refundable
2 Development Fee Rp. 30.000.000 Pembiayaan Fasilitas Sekolah Selama 3 Tahun Non Refundable
3a Text Book Rp. 2.000.000 Text book needed for 1 year Every Academic Year
3b School Uniform Rp. 2.000.000 1 jaket almamater
2 pasang seragam sekolah
1 pasang pakaian olahraga
1 pasang seragam pramuka
3c Extra Curriculer Rp. 2.500.000 Pembiayaan Kegiatan Eskul:
Futsal; Basket; Badminton; Tenis Meja; Fitnes & Aerobic; Renang; Jiujitsu; Paskibra; Band; Traditional Dance; Bahasa Arab; Bahasa Jerman; Bahasa Jepang; Digital Marketing; Desain Grafis.
Every Academic Year
Student are free to choose teh activities they like maximum 3 items
4a SPP Fullday Rp. 2.000.000 SPP + Lunch Every month
5 Graduation Fee Rp. 2.000.000 Graduation In 6th semester
6 Overseas Program Price depends on destination country

Informasi lengkap mengenai ketentuan dan teknis pembayaran serta ketersediaan kuota pendaftaran, silahkan menghubungi kontak resmi yang bisa didapatkan melalui website Alexandria Islamic School.

Sri Kuncoro SP Allah Is My Power
Fb | Ig | WA | Youtube

0 Response to "Alexandria Islamic School Berasrama dengan Fasilitas Mewah"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel