Laporan Diseminasi PJJ Multimedia Pembelajaran Interaktif

Setelah melaksanakan suatu event yang berkaitan dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), biasanya dalam bentuk pelatihan, biasanya kita dimintai untuk melakukan diseminasi. Apalagi jika even yang dilaksanakan dibiayai oleh negara atau institusi, maka disertakan kewajiban membuat laporannya.

Diseminasi sendiri merupakan upaya penyebarluasan informasi berupa inovasi yang didapat pada suatu enven pelatihan dengan target tertentu.

Mendasari apa yang sudah pernah kami lakukan, maka kami mencoba berbagi hasil kegiatan kami dalam bentuk laporan tertulis. Adapun bentuk aktivitas kami sampaikan berupa Laporan Diseminasi Pelatihan Jarak Jauh Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Diklat Jarak Jauh (DJJ) Balai Diklat Keagamaan Semarang.

Lembar Pengesahan

Laporan Diseminasi Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Disusun oleh: Laporan Diseminasi Pelatihan Jarak Jauh Multimedia Pembelajaran Online

Penyusun Laporan Desiminasi PJJ Multimedia Pembelajaran On Line
Nama Guru NIP/NUPTK/PEG ID Mata Pelajaran Yang Diampu
Moh. Zaenudin, S.Pd 197907062005011000 Bahasa Indonesia
Moh. Masduqi, S.Ag 197106302007011000 Bahasa Arab
Sri Kuncoro SP., S.Pd 8857761662200050 PPKn
Azzat Hidayatulloh, S.Pd 20325588190002 Bahasa Indonesia

Babakan, Juni 2020
Kepala MTsN 1 Tegal

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum WR. WB.

Puji syukur kepada Allah yang telah memberikan berkah dan rahmatnya kepada kami sehingga dapat merealisasikan Rencana Tindak Lanjut atau RTL dari Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.

Selama bulan Mei tahun 2020 mengikuti dan melaksanakan PJJ, kami mendapatkan banyak ilmu pengetahuan sekaligus bisa menjalin komunikasi di lingkungan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang.

Sebagai bentuk tanggung jawab atas pelaksanaan tugas dari Kementerian Agama Kabupaten Tegal, setelah mengikuti PJJ Angkatan V dan VI, maka kami melaksanakan diseminasi Diseminasi Pembelajaran Online. Selanjutnya, kegiatan tersebut kami dokumentasikan dalam bentuk Laporan Diseminasi Pelatihan Jarak Jauh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.

Harapannya, melalui PJJ dan ralisasi dari RTL dalam bentuk Diseminasi Pembelajaran online, dapat memberikan manfaat bagi pembelajaran sebagai bentuk dedikasi kami kepada pendidikan.

Tim penulis menyadari, bahwa dalam menyusun laporan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami terbuka untuk menerima masukan dalam bentuk saran ataupun kritik yang bersifat konstruktif.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam melaksanakan tugas mengikuti PJJ dan menyukseskan diseminasi tersebut.

Wassalamu’alaikum WR. WB.

Slawi, .... Juni 2020

Hormat kami

Tim Penyusun

Daftar Isi

Daftar isi meliputi bagian bagian dokumen laporan yang menunjukkan lokasi dalam tiap halaman.
  • Halama Judul
  • Halaman Pengesahan
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Laporan Diseminasi Media Pembelajaran Online
  1. Pendahuluan
  2. Tujuan Diseminasi
  3. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
  4. Peserta Diseminasi
  5. Materi dan Pemateri Diseminasi
  6. Pencapaian Target Diseminasi
  7. Penutup 2
  • Lampiran

LAPORAN DISEMINASI PELATIHAN JARAK JAUH (PJJ)
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA
ANGKATAN V DAN VI
MTS NEGERI 1 TEGAL TAHUN 2020

A. Pendahuluan

Sebagai persiapan pelaksanaan kurikulum darurat tahun pelajaran 2020/2021, MTsN 1 Tegal mengadakan diseminasi tentang Media Pembelajaran Online. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut atau RTL setelah mengikuti Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang (BDK) selama bulan Mei 2020.

B. Tujuan Diseminasi

Pelaksanaan Diseminasi Media Pembelajaran Online ini merupakan salah satu komitmen pengembangan Manajemen Mutu dan Layanan Pembelajaran MTsN 1 Tegal. Selain itu, diseminasi ini juga bertujuan sebagai bagian dari tindak lanjut hasil Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Angkatan V dan VI.

C. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan Diseminasi Media Pembelajaran Online dilakukan selama beberapa sesi secara bertahap, yaitu pada:

Laporan Diseminasi Pelatihan Jarak Jauh Multimedia Pembelajaran Online
Pelaksanaan Desiminasi PJJ Multimedia Pembelajaran Online
Hari : Sabtu
Tanggal : 13 Juni 2020
Waktu : 08.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat : Ruang Guru MTsN 1 Tegal

D. Peserta Diseminasi

Pelaksanaan Diseminasi Media Pembelajaran Online yang dilakukan dengan metode praktik langsung diikuti oleh bapak/ibu guru MTs Negeri 1 Tegal sebagai peserta.

E. Materi dan Pemateri Diseminasi

Kegiatan Diseminasi Media Pembelajaran Online merupakan pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut atau RTL setelah mengikuti Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang (BDK) selama bulan Mei 2020.

laporan-desiminasi-pelatihan-media-pembelajaran

Adapun materi dan pemateri dalam diseminasi tersebut adalah: 

  1. Google Drive sebagai media Penyimpanan oleh Moh. Masduqi, S.Ag;
  2. Google Form sebagai media Penilaian oleh Moh. Zaenudin, S.Pd;
  3. Google Classroom sebagai Media Diskusi Kelas dan Pemberian Tugas oleh Sri Kuncoro Suharno Putro, S.Pd;
  4. Google Sites sebagai Media Penyampaian Materi oleh Azzat Hidayatulloh, S.Pd
Materi yang disampaikan dalam diseminasi ini adalah pemanfaatan media onine untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara daring. Secara bergantian, pengisi materi menyampaikan dan memandu langkah-langkah penggunaannya diikuti oleh para peserta. Metode ini cukup efektif bagi para peserta untuk lebih memahami materi yang disampaikan.

F. Pencapaian Target Diseminasi

Usai pelakasanaan Diseminasi, Guru Peserta tetap mendapat dukungan dan bimbingan dari Pemateri sebagai bagian dari upaya pelaksanaan Pembelajaran Daring. Hingga laporan ini disusun, sebagian besar guru telah mampu memanfaatkan Google Drive dan Google Form untuk menunjang pembelajaran Jarak Jauh dengan siswa.

G. Penutup

Salah satu keuntungan melakukan inovasi adalah mampu beradaptasi dengan kondisi sehingga dapat bertahan. Konsep utama diseminasi adalah upaya berbagi sebagai wujud rasa syukur atas pengetahuan baru yang telah didapatkan. Oleh karena itu, kita tetap perlu berbagi untuk mendapatkan pengetahuan lainnya.

Lampiran

Lampiran berkas atau dokumen fisik sebagai bukti penunjang telaj dilaksanakannya diseminasi berupa: 

  1. Surat Tugas
  2. Rencana Tindak Lanjut (RTL)
  3. Sertifikat Pelatihan
  4. Hand Out Materi Clasroom
  5. Undangan Diseminasi untuk Peserta
  6. Daftar Hadir Peserta Diseminasi
  7. Foto Kegiatan
Demikian Laporan Diseminasi Pelatihan Jarak Jauh Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Diklat Jarak Jauh (DJJ) Balai Diklat Keagamaan Semarang yang sudah kami susun. Semoga bermanfaat dan bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Sri Kuncoro SP Allah Is My Power
Fb | Ig | WA | Youtube

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Laporan Diseminasi PJJ Multimedia Pembelajaran Interaktif"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel