Trafik Blog Naik 10 Kali Lipat Dominasi Pengunjung Dari Israel

Matsansaga - Bagi seorang blogger, mendapatkan pengunjung pada blognya merupakan sebuah kenikmatan yang tiada tara, apa lagi jika jumlahnya banyak dan membeludak. Namun, apa yang terjadi jika mengalami peningkatan trafik pengunjung pada blog yang melebihi rata-rata?

Fenomena Loncatan Trafik Blog

Pada akhir Januari 2018, kami mengikuti Kompetisi Blog Asus Amd - Laptop For Everyone yang diadakan oleh bocahrenyah.com dengan artikel ASUS AMD Pengiring Setiap Aktivitas dan Kreativitas Guru. Ditengah proses penilaian lomba tersebut, kami memang aktif mengamati dan memantau blog matsansaga.com yang sebelumnya dalam kondisi sedikit terbengkalai. Hal tersebut dilakukan untuk sekedar mencari tahu adakah yang merespon tulisan-tulisan kami dan menjawab beberapa komentar di postingan.

Saat mencoba melihat di bagian tool Statistik, terlihat ada fenomena langka yang baru saja terjadi dan dialami. Kami mendapati jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 2300 penayangan. Padahal saat itu, dalam kondisi normal, pengunjung rata-rata berkisar di angaka 200 sampai dengan 300. wow sekali, kan...?


Awalnya kami merasa senang dengan keberadaan pengunjung yang membeludak tersebut. Kami berpikir tulisan-tulisan yang kami posting mendapat respon baik dari para pengujung. Bahkan, kami juga sempat berpikir bahwa tulisan yang kami kirimkan untuk penilaian Lomba Blog ASUS - Laptop For Everyone sedang dinilai dengan baik kemudian dibagikan ramai-ramai sehingga mendapatkan pengunjung yang banyak.

Namun setelah melihat di bagian "Sumber Lalu Lintas", ko dalam kondisi normal seperti biasa dan dengan jumlah angka yang familier dilihat oleh mata. Kemudian kami melanjutkan ke bagian "Pemirsa" dan mendapati asal negara yang bersumber dari Israel dengan jumlah lebih dari 2000 tayangan. Rasa khawatir mulai dirasakan akibat fenomena langka terhadap blog yang kami kelola.


Kekhawatiran itu bertambah saat mencoba memperhatikan penayangan menurut sistem operasi yang digunakan adalah Windows dengan menduduki posisi pertama yang jumlahnya melonjak jauh meninggalkan Macinthos. Namun kami mencoba untuk tetap tenang dengan perlahan merubah rasa kekhawatiran menjadi rasa penasaran.

Respon dan Antisipasi Terhadap Lonjakan Trafik Blog

Sebenarnya apa yang sedang telah terjadi dan dialami oleh matsansaga.com...? Kami sendiri tidak mengetahui pasti penyebabnya. He...66X. Namun belajar dari pengalaman mengelola beberapa blog, kami mencoba mengidentifikasi dan menganalisis fenomena ini.
Kata kunci dalam merespon dan mengantisipasi lonjakan visitor blog adalah berpikir positif dan tetap waspada.
Berpikir positif akan membawa kita menuju tahap yang lebih baik dalam pengelolaan atau managemen blog yang lebih sistematis. Sedangkan waspada merupakan tindakan alami untuk memperkuat keamanan dari apa yang telah dan akan kita lakukan. Jika keduanya dilakukan denganbaik, maka kita akan senantiasa aktif kreatif dan produktif.

Lonjakan Trafik Blog Indikasi Kena Auto Generate Content (AGC)

Beberapa tahun sebelumnya, di blog kami yang lain juga pernah mengalami hal serupa dengan lonjakan trafik pengunjung blog. Namun, di hari berikutnya terjadi penurunan pengujung secara drastis hingga jumlahnya mendekati normal. Karena keterbatasan pengetahuan dan juga tidak terjadi apa-apa, kami pun menanggapinya dengan santai. Namun beberapa bulan selanjutnya, tanpa disengaja, kami menjumpai blog lain yang sebagian artikelnya sama persis dengan konten milik kami. Bahkan, yang lebih membuat terasa lebih cetar membahana badai, blog yang artikelnya sebagian milik kami tersebut dipasangi iklan Adsense.

Menanggapi kejadian tersebut, kami mencoba mencari informasi melalui Google untuk menuntaskan upaya pencurian artikel. Kami mendapati informasi bahwa, jenis blog pencuri artikel tersebut adalah hasil Auto Generate Content (AGC) yang bisa secara otomatis update postingan mengikuti blog asli sebagai korbannya. Berdasarkan beberapa saran dari grup di blogger, akhirnya kami melaporkan blog AGC kepada Google.
Hari berikutnya, kami justru berpikir beda untuk tidak kembali melaporkan blog AGC tersebut. Sebab, melihat konten blog kami yang rata-rata berisi tentang pendidikan serta komitmen awal kami membuatnya adalah berbagi, maka justru akhirnya kami berterima kasih karena telah dibantu.
Namun demikian, bukan berarti kami sepenuhnya setuju dengan cara berbagi blog AGC. Hingga akhirnya kami melakukan tindakan preventif dengan menyeting bagian "Feed Situs" dengan mode "Singkat". Adapun cara yang dilakukan adalah dengan langkah-langkah singkat sebagai berikut:
  1. Masuk Akun Blogger;
  2. Pilih bagian "Setelan";
  3. Klik tool "Lainnya";
  4. Lihat pada opsi "Feed situs", kemudian pada "Izinkan Feed Blog" ubah setingan "Penuh" menjadi "Singkat".
Tujuan menyeting "singkat" pada Feed Blog adalah agar  artikel yang tampil pada blog AGC hanya sebagian saja. Upaya ini juga kami lakukan agar Google tetap percaya bahwa kami masih peduli terhadap karya sendiri dengan cara menjaga dan mengamankannya. Hasilnya, kini ribuan pengunjung mampir ke blog yang menjadi korban AGC. Alhamdulillah...

Lonjakan Trafik Blog Indikasi Terkena Jingling

Rasa kekhawatiran tentang penyebab lonjakan trafik pengunjung yang baru dialami juga menimbulkan penasaran sehingga kembali mendorong untuk mencari informasi. Hasilnya, kami mendapatkan informasi, bahwa trafik pengunjung yang membeludak hingga sepuluh kali lipat yang pengunjungnya berasal dari Israel didiagnosa terkena Jingling.

Dari berbagai referensi, kami mendapatkan informasi bahwa jingling  merupakan kata yang berasal dari Bahasa Cina dan memiliki arti "gemerincing" (seperti bunyi logam yang berjatuhan). Namun dalam dunia blogging, jingling biasanya diartikan sebagai salah satu cara mendatangkan visitor yang banyak dalam jangka waktu tertentu. Jika dilihat dari sejarahnya, Jingling merupakan nama software asal dari China yang berfungsi untuk memanipulasi visitor.
Jingling dibuat dengan cara mengumpulkan IP (Internet Protocol) dari negara yang berbeda-beda dan umumnya berasal dari wilayah luar Indonesia, kemudian (IP tersebut) dijadikan sebagai visitor. Oleh karena itu, visitor Jingling berupa bot atau pengunjung blog yang bukan manusia dan sifatnya tidak organik.
Mengenai cara dan dampak Jingling, kami sendiri belum mengetahui detailnya karena belum pernah secara langsung menggunakan dan memanfaatkannya. Kami juga yakin bahwa efek yang diakibatkan oleh jingling terhadap blog kami juga tidak mengakibatkan kerugian besar karena tidak ada iklan adsense-nya.
Jika benar diagnosa bahwa melonjaknya pengunjung blog disebabkan karena Jingling, kami tetap berpikir positif sebagai bagian dari upaya pihak lain yang ingin berbaik hati mengangkat kami.
Justru dengan kondisi seperti itulah kami akan berterima kasih dan lebih banyak bersyukur melalui karya serta berbagi.

Hikmah dan Saran Jika Pengunjung Blog Membeludak Akibat AGC Maupun Jingling

Pada dasarnya AGC maupun Jingling dilakukan oleh orang profesional dibidang Internet dengan menggunakan program tertentu. Mengenai tujuan penggunaanya bisa bersifat positif maupun negatif. Namun, bagi pemilik blog yang menjadi target AGC maupun Jingling sebaiknya tetap berpikir positif dengan disertai tindakan prefentif dan keamanan yang lebih kuat.
Bagi kami, AGC maupun Jingling tidak akan menurunkan semangat untuk berkaya dan berbagi, melainkan menjadi bukti bahwa ada pihak lain yang memperhatikan dan memperjuangkan kami.
Jadi, jangan sia-siakan energi kita untuk mencari tahu, marah ataupun balas dendam terhadap si pelaku. Tunggu saja tanggal mainnya, kita pasti akan memanen kebaikan yang kota tanam...

Subscribe to receive free email updates:

Kunjungi Artikel Matsan Saga Lainnya :

2 Responses to "Trafik Blog Naik 10 Kali Lipat Dominasi Pengunjung Dari Israel"

  1. aku barusan mengalaminya biasanya pengunjung hanya seribu sehari tiba tiba dari Israel itu loh...menghawatirkan mengingat term of condition google yang semakin ketat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggapi secara positif aja...
      Itu bagian dari tangan-tangan perkasa yang ingin membantu...
      Sebentar lagi, nikmati trafik blog yang naik secara organik...

      Delete

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...