ASUS AMD X555QA Pengiring Setiap Aktivitas dan Kreativitas Guru


Tak pernah terbayang bagi kami untuk mencapai tingkat kemampuan membuat media pembelajaran, berkreasi dibidang audio musik, menjadi youtuber, aktif di dunia website dan blog serta jejaring sosial meski tanpa pelatihan maupun sekolah formal. Pengalaman dan keberanian melakukan teknik trial and error telah membimbing kami untuk mendapat berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat.
Meski masih dalam taraf pemula, namun kami bangga bisa menikmati sensasi berbagi terhadap sesama.
Salah satu pihak yang telah banyak membantu kreatifitas kami dibidang multimedia adalah ASUS. Melalui produk netbook-nya yang handal ASUS telah mampu mejadi fasilitas dalam editing grafis (gambar maupun video), audio dan musik, membantu melaksanakan pekerjaan kantor, serta internet dan browsing.

Memilih dan Ingin Tetap Bersama ASUS AMD

Awalnya kebersamaan kami dengan ASUS hanya berkaitan dengan keberadaan stok netbook di toko komputer yang sesuai dengan budget saat itu. Karena memang membutuhkan dan ingin segera memilikinya, kami membeli tanpa mendapat kesempatan memilih karena keterbatasan anggaran.

Permulaan memiliki ASUS, awalnya memang agak kurang percaya diri saat bersanding dengan netbook milik rekan-rekan guru yang rata-rata di lingkungan kami menggunakan brand produk lain. Namun, kami mencoba berpikir positif dengan tampil berbeda tanpa membandingkan merek.
Upaya yang kami lakukan setelah memilikinya adalah mencari referensi mengenai ASUS dan berupaya senantiasa mengoptimalkan netbook ASUS untuk berkarya.
Dari berbagai literatur, kami temukan bahwa ASUS telah mampu mendesain dan memproduksi banyak varian produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari laptop, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone bahkan penghasil motherboard terbaik di tingkat internasional. Hal inilah yang menjadi pemicu hilangnya rasa inferior sekaligus sebagai tonggak progres mental diri lebih confident menjadi user dari netbook produk ASUS.


Meski baru beberapa bulan bersama ASUS, namun perjalanannya berkesan dan harmonis tanpa kendala baik saat berinteraksi di lingkungan keluarga, madrasah/sekolah, maupun masyarakat. Performa yang kuat dari ASUS telah mendukung peningkatan kinerja dan produktivitas karya dalam melaksanakan tugas sebagai guru. Di lingkungan masyarakat, ASUS mampu menjadi sarana bagi kegiatan dedikasi kami pada acara-acara sosial. Selain itu, ASUS juga terbukti telah berhasil menjadi media hiburan sekaligus edukasi bagi dan bersama keluarga.
Meski bisa digunakan untuk banyak aktivitas, bukan berarti satu netbook bisa menjadi yang terbaik untuk melakukan dan memfasilitasi semua hal.
Analogi tersebut kemudian mendorong kami untuk memiliki netbook baru sebagai pendukung aktivitas yang juga kelak dituntut untuk bisa memfasilitasi banyak hal dalam bekerja dan beraktifitas sehari-hari. Namun demikian, belajar dari kebersamaan beraktivitas dalam kreativitas, maka kami berkomitmen untuk tetap memilih ASUS.

Melirik dan Jatuh Cinta Pada ASUS AMD X555QA

Berupaya untuk tetap aktif dalam dunia internet tanpa harus mengesampingkan kewajiban utama sebagai guru, maka kami berencana untuk memiliki netbook dengan spesifikasi fitur dan performa yang tangguh.
Netbook ASUS terdahulu akan kami fokuskan untuk mengelola blog dan Adsense dalam rangka mendaptakan pasive income di masa depan. Sedangkan netbook terbaru akan kami gunakan sebagai media untuk beraktivitas sehari-hari.
Saat berencana memiliki netbook lagi sebagai pendukung kinerja unit yang lama, ada hembusan semangat dari ASUS dengan produknya yang baru. Informasi yang kami dapatkan saat searching mengenai lomba blog, kami menemukan bocahrenyah.com yang kemudian memberitahukan keberadaan produk netbook ASUS AMD X555QA. Nampaknya kebersamaan kami dengan ASUS akan semakin panjang dan harmonis dengan hubungan yang akan diperkuat oleh notebook terjangkau berlimpah fitur memukau. Simak saja spesifikasi dari ASUS AMD X555QA berikut ini yang bisa membuat jatuh hati: HTML Tabel
Deskripsi Detil Spesifikasi Asus X555QA
SPECIFICATION ASUS X555QA
CPU 7th Gen AMD APU A10-9620P, 2M cache, 2.5GHz – 3.4GHz
OS Windows 10 64-bit
Memory 4 GB DDR4 2133 MHz up to 16 GB (Dual Channel Support)
Disk Drive Super-Multi DVD-RW 8x
Storage 1.000GB SATA HDD
Display 15.6" HD 1366x768 (16:9) LED Backlit 60Hz Glare Panel with 45% NTSC
Graphics AMD Radeon™ R5 Graphics, clock speed 720MHz
Input Output 1 x RJ45 LAN, 1 x USB 2.0 port, 1 x VGA port, 1 x SD card reader, 2 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x COMBO audio jack, 1 x HDMI
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
Audio Built-in Stereo 2W Speakers and Microphone, ASUS SonicMaster Technology, Support for Windows 10 Cortana
Dimension 38.2 x 25.6 x 2.58cm (WxDxH)
Weight 2.3Kg with Battery
Battery 37 Whrs Battery, up to 10 hours web browsing
MSRP Rp. 6.099.000,-
Warranty 2 Tahun Global
Sumber data: Press Release ASUS AMD X555QA, https://goo.gl/T3SXnQ pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com.

Dengan memperhatikan spesifikasi Netbook ASUS X555QA tersebut, kita bisa melakukan banyak hal bermanfaat yang terkait dengan Tri Pusat Pendidikan yaitu madrasah atau sekolah, masyarakat, dan keluarga. Belajar dari netbook ASUS generasi sebelumnya yang kami gunakan, maka akan ada dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan diantaranya:

Menuntaskan Tugas Administrasi Guru Bersama ASUS AMD X555QA

Bagi seorang Guru, tugas administrasi pembelajaran tidaklah asing karena hampir tiap semester disusun mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, hingga evaluasi dan analisisnya. Bersama ASUS AMD X555QA proses penyelesaian tugas administrasi berupa buku kerja guru tentu saja akan sangat terbantu.
Layarnya yang lebar dengan ukuran 15,6" pasti akan memberikan kenyamanan saat digunakan karena tampilan font dan gambarnya besar tanpa harus sering melakukan scroll. Luasnya tumpuan tangan dan trackpad serta lenturnya papan keyboard ASUS AMD X555QA akan membuat nyaman saat digunakan untuk mengetik.
Meski memiliki bentuk lebar, namun ASUS AMD X555QA berdesain slim serta ringan dibawa (hanya 2,3Kg) sehingga masih bisa dijangkau dengan jinjingan satu tangan. Jadi, para guru yang memiliki jam mengajar penuh dan mobilitas tinggi, netbook ini siap mendampingi aktivitas Anda sembari menyelesaikan tugas administrasi.

Bagi para guru yang aktif dan menjadi panitia dalam kegiatan di madrasah maupun sekolah, ASUS AMD X555QA juga sangat mendukung proses perencanaan, administrasi, dan laporan keuangan. Netbook ini dilengkapi dengan tombol numerik berupa numpad yang terletak di bagian keyboard sebelah kanan sehingga dapat mempercepat proses pengetikan angka.

Memanfaatkan ASUS AMD X555QA Untuk Membuat dan Menampilkan MPI

Dalam melaksanakan pembelajaran, Guru juga dituntut untuk melakaukan inovasi agar proses transfer ilmu tidak monoton dan menjadi lebih menyenangkan. Salah satu bentuk inovasinya adalah dengan menggunakan Media Pembelajaran Interaktif atau MPI.

MPI itu sendiri berisi tentang Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), tujuan dan indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran serta latihan soal yang sifatnya terintegrasi. Memang sekarang banyak cara untuk mendapatkan MPI dengan mengunduh di internet secara gratis ataupun berbayar. Namun, jika bisa membuat sendiri akan menjadi nilai tambah di hadapan peserta didik maupun rekan guru serta dapat dijadikan sebagai poin tambahan dalam angka kredit kenaikan jabatan.
Pembuatan MPI bervariasi tingkat kesulitannya, bergantung pada kebiasaan dan semangat belajar. Namun jika bersama Netbook ASUS X555QA tentunya akan lebih terfasilitasi karena menggunakan prosesor AMD A10-9620P dengan RAM sebesar 4GB yang siap untuk menjalankan software PowerPoint, Lectora, Wondershare Quiz, Macromedia Flash serta program lain untuk membuat MPI.
Pilihan VGA dan HDMI untuk port eksternal tampilan pasti akan membuat nyaman para guru sebagai penggunanya karena tidak perlu lagi membeli sambungan konverter. Kondisi tersebut, membuat ASUS AMD X555QA bisa langsung terhubung dan ditampilkan pada layar proyektor untuk men-support proses kegiatan belajar mengajar.

Berinternet dengan ASUS AMD X555QA

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat saat ini, telah berdampak pada pola hidup masyarakat. Demikian juga guru, yang senantiasa dituntut untuk melakukan pembaharuan terhadap informasi terkait dengan pembelajaran.
ASUS AMD X555QA menyediakan Fitur Wifi yang bisa dimanfaatkan secara optimal untuk koneksi internet baik dari fasilitas madrasah atau sekolah maupun melalui sambungan smartphone sebagai modem. Kemampuan baterei-nya juga sangat mendukung karena tahan lama (lebih dari 3 jam) untuk berselancar sehingga jika diukur jaraknya kita bisa berinternet menggunakan netbook ini dari Tegal hingga ke Semarang ataupun sebaliknya.
Koneksi internet ini kemudian bisa digunakan untuk mencari dan mendapatkan referensi materi pembelajaran, berinteraksi dengan sesama guru melalui komunitas di jejaring sosial ataupun mengunduh Buku Elektronik Sekolah (BSE) milik Kementerian Pendidikan Nasional berupa buku guru serta buku siswa.

Ditingkat selanjutnya, Guru juga dapat melakukan proses berbagi kepada sesama tentang karya ataupun cerita. Seperti matsansaga.com yang digunakan sebagai media berbagi arsip dan dokumentasi sekaligus menjadi bagian dari dedikasi kami kepada madrasah tercinta.

Mendampingi Kegiatan Multimedia dan Jurnalistik Siswa Bersama ASUS AMD X555QA

Era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi bukan hanya berdampak pada guru, tetapi juga akan memberi pengaruh terhadap pola pikir peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan antisipasi terhadap dampak buruk dengan cara persuasif yang positif.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memotifasi peserta didik untuk kreatif dan berkarya melalui seni. Guru bisa mengarahkan peserta didik untuk memanfaatkan perangkat smartphone-nya sebagai kamera perekam video. Kemudian dari beberapa video hasil rekaman disatukan menjadi karya film pendek, parodi lucu, lip sync, atau video klip.

Seperti kreasi anak-anak Sanggar Model yang ternyata mampu menghasilkan karya melebihi gurunya. Dengan mottonya berekspresi dan berkreasi untuk meraih prestasi, mereka senantiasa berupaya menghasilkan karya dalam setiap semester.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah memandu peserta didik untuk berperan sebagai wartawan atau menjadi kontributor dengan menulis artikel agar dimuat di majalah. Pada setiap acara atau kegiatan, guru bisa mengkoordinir peserta didiknya menjadi ‘paparazzi cilik’ menggunakan ponsel pintarnya untuk meliput dan membuat berita. Pada konteks ini guru bisa mengambil posisi sebagai pembimbing dengan memantau dan sedikit mengedit tulisan mereka agar lebih halus sebelum dipublikasikan.

Bidang jurnalistik ini bisa dilakukan dengan membuat majalah yang terbit secara periodik seperti Majalah Masaba di MTsN 1 Tegal. Jika tidak memungkinkan bisa menggunakan jejaring sosial untuk difungsikan sebagai majalah online. Sukur-sukur bisa membuat website, baik dengan domain gratis ataupun berbayar. Mudah dan murah, ko…
“Target kegiatan multimedia dan jurnalistik tidak usah terlalu tinggi, yang penting siswa mampu berkarya dengan estetis dan beretika. Guru juga tidak harus menguasai secara rinci terhadap semua bidang, karena yang terpenting adalah kemauan dan kemampuan untuk memotivasi peserta didiknya untuk berkarya. Berikan saja contoh baik yang bisa kita lakukan, maka mereka akan mengembangkannya secara otomatis dan menghasilkan karya yang eksotis.”
Guna mendampingi kegiatan multimedia dan jurnalistik peserta didik, ASUS AMD X555QA mempunyai kemampuan lebih dari cukup untuk dipasangi program editing gambar dan video.

Media penyimpanan ASUS AMD X555QA yang besar, yaitu dengan kapasitas hardisk 1TB, juga akan sanggup menyimpan banyak karya multimedia dan jurnalistik dari peserta didik serta menampung file penting lainnya.

Bersosialisasi dan Berinteraksi Di Lingkungan Masyarakat Ditemani ASUS AMD X555QA

Di lingkungan masyarakat sering kali guru dijadikan sebagai sosok yang 'digugu lan ditiru' atau dalam terjemahan bahasa Indonesianya menjadi pedoman dan panutan. Oleh karena itu, guru memiliki potensi besar untuk berpartisipasi dalam mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang bermartabat.

Lihat saja disetiap event perayaan hari besar agama ataupun kenegaraan, guru selalu ada untuk memberi warna. Karakter Guru juga bisa masuk dalam berbagai bentuk organisasi di berbagai bidang dan kepanitiaan seperti Karang Taruna, Kelompok Tani, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Badan Permusyawaratan Desa (BKM), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan lain sebagainya. Tugas-tugas tersebut bukan hanya bersifat administratif, melainkan juga aplikatif di lapangan.
Saat melaksanakan tugas administrasi bersama tim, desain ASUS AMD X555QA yang elegan dengan corak warna ekslusif akan menambah tingkat percaya diri dan menghasilkan kesan profesional sekaligus memberi semangat dalam menghidupkan masyarakat.
Di lapangan, kami sendiri punya pengalaman ditugasi dalam kepanitiaan hari besar agama dan nasional menjadi bagian dari tim kreasi seni sekaligus operator sound untuk memfasilitasi bidang audio iringan musik, tari, dan drama lip sync. Mungkin tidak terlalu prestise jika dikaitkan dengan spesifikasi pendidikan. Namun jika dikorelasikan pada hobi, mandat ini menjadi amanah istimewa bagi kami.

Bersama Netbook ASUS AMD X555QA karya di bidang audio bisa dihasilkan dengan kapasitas yang lebih mumpuni. Buktikan sendiri kualitas fitur AudioWizard dengan lima setelanan suara hasil racikan dari tim ASUS Golden Ear untuk menikmati suara sejati dalam musik.  Fitur Bluetooth yang disediakan netbook ini juga bisa dimanfaatkan untuk memutar musik dengan dihubungkan pada perangkat sound sytem tanpa menggunakan kabel. Pada posisi inilah kami ingin merasakan sensasinya saat berhasil memanjakan indra pendengaran dari audiens yang penuh dengan kepuasan.

ASUS AMD X555QA Mendukung Kebersamaan dalam Keluarga

Aktivitas bersama keluarga merupakan moment paling penting yang dapat mendukung kesuksesan di lingkungan kerja maupun masyarakat. Termasuk juga proses penulisan ini yang mendapat inspirasi serta dukungan dari keluarga. Oleh karena itu, kami berkarya dan berbagi...
Selain untuk mengerjakan tugas-tugas di madrasah atau sekolah serta kemasyarakatan, netbook ASUS AMD X555QA juga dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan sekaligus edukasi bagi keluarga.
Meski bukan netbook untuk gaming, namun fitur ASUS AMD X555QA layak dan sangat mendukung untuk permainan. Banyak sekali edugame seperti mewarnai, merangkai huruf, simulasi instrumen musik, tebak angka atau puzzle yang bisa dipasang di netbook ini untuk pembelajaran bagi anak. Tentu saja ini bisa menjadi media bagi anak-anak untuk belajar sambil bermain.

Fitur VGA web camera bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar kota melalui video call sehingga bisa menambah erat tali silaturahmi.

Optical disk drive (ODD) yang disediakan bisa dimanfaatkan untuk memutar film dan dinikmati bersama keluarga dengan menggunakan layar internal maupun eksternal melalui sambungan HDMI. Ini merupakan kelebihan berikutnya dari ASUS AMD 555QA yang mempunyai desain tipis namun tetap mempertahankan DVD room. Melalui ODD data penting keluarga bisa dibaca serta disalin dari CD dan DVD kemudian disimpan pada hard disk agar lebih aman.

Kesimpulan dan Tantangan Untuk ASUS AMD X555QA

Kekuatan sebuah perangkat bukan dilihat dari deskripsi produk, melainkan dari kapasitas si pengguna dan teknik memanfaatkannya. Namun, memiliki netbook ASUS AMD X555QA untuk kegiatan sehari-hari bisa menjadi pilihan tepat bagi guru untuk melakukan banyak hal bermanfaat.
Betapa banyak intervensi yang dapat dilakukan ASUS dalam lingkungan Tri Pusat Pendidikan dan bisa dijadikan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Jika Bocah Renyah menyebut ASUS AMD - Laptop For Everyone, maka Matsan Saga menobatkan ASUS ADM X555QA sebagai stimulan yang tepat bagi guru dalam berkarya dan memberikan dedikasi dibidang apapun serta untuk siapapun.
Fitur ASUS AMD X555QA secara tertulis layak menjadi pengiringi setiap aktivitas dan kreativitas guru. Jangan biarkan performa hebat ini hanya bertahan sebagai persepsi yang masih perlu dibuktikan kebenarannya. Maka dari itu, melalui tulisan ini penulis menantang secara terbuka kepada ASUS X555QA untuk membuktikan eksistensi dan ketangguhannya dengan menjadi bagian dari fasilitas pembelajaran anak-anak kami. Mari berkarya dan berbagi...

Best Regards,
Matsan Saga

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "ASUS AMD X555QA Pengiring Setiap Aktivitas dan Kreativitas Guru"

  1. Saya suka layarnya yang lebar, numlock dan sleep mode yang responnya cepat. Semoga sukses lombanya yaa Mas Saga!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Numpadnya sudah include di dalam keyboarnya, jadi ga perlu pasang pake eksternal... Jadi tambah enak buat yang suka ngitung uang... He...66X.

      Delete
  2. di kantor saya juga kebanyakan menggunakan Asus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... kalau banyak yang pake Asus, bisa bikin komunitas, tuh...
      Nanti ada kopdar juga biar tambah seru... He...66X.

      Delete
  3. saya juga suka banget sama ASUS ! Good luck untuk lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASUS = Aku SUka Sekali...
      Good luck juga, semoga dapat manfaat dari mengikuti lomba ini... :-)

      Delete
  4. Assus emang T.O.P
    Sukses yaaa buat lombanya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASUS mantapbs...
      Sukses juga buat anda, semoga dapat manfaat baik dari mengikuti lomba ini...

      Delete
  5. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga kepada Bunda yang sudah memberikan kesempatan dan motivasi untuk berkarya dan menulis...

      Delete

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...