23 Tipe dan Jenis Serta Karakter Guru dalam Mengajar

Pada saat proses pembelajaran, kita pasti akan melakukan interaksi baik dengan guru maupun peserta didik atau siswa siswi lainnya. Interaksi tersebut merupakan bagian dari sosialisasi sekaligus transfer ilmu pengetahuan. Jadi, pembelajaran itu bukan hanya untuk peserta didik atau siswa, melainkan juga untuk guru.
Selain transfer ilmu, dalam pembelajaran juga akan dilakukan evaluasi terhadap pengetahuan dan karakter peserta didik yang kemudian diwujudkan dalam bentuk angka dan deskripsi.
Berkaitan dengan penilaian, ternyata bukan hanya guru yang punya kewenangan untuk mengevaluasi Peserta Didik atau siswanya. Namun juga sebaliknya, Peserta Didik atau Siswa juga berhak menilai guru dalam proses pembelajaran.
Penilaian dari peserta didik terhadap guru biasanya diambil dan didasarkan pada interaksi serta pengamatan selama proses pembelajaran. Kebiasaan-kebiasaan dari guru selama proses pembelajaran akan memerkuat kesimpulan peserta didik atau siswa terhadap karakter gurunya.
Nah, berkaitan dengan pengamatan terhadap guru dalam proses pembelajaran, ada video parodi mengenai Tipe dan Jenis serta Karakter Guru dalam Mengajar yang dibuat Peserta Didik atau Siswi kami. Namun yang membedakan, inspirasi dari pembuatan video ini bukan melalui penilaian ataupun pengamaan secara langsung, namun berdasarkan imajinasi dan survei tidak langsung mereka. Silahkan disimak...


Konten vidoe tersebut dapat divisualisasikan dan dideskripsikan berupa kalimat bertujuan untuk hiburan. Jadi, jika ada kesamaan karakter di dalam video parodi tersebut, bukan semata-mata karna unsur kesengajaan. He...66X.

Nah, berikut ini merupakan bentuk ekspresi dari peserta didik kami yang didedikasikan dalam bentuk karya berupa parodi hasil kerjasama dengan guru mata pelajaran Seni Budaya sekaligus admin Sanggar Model. Tulisan ini merupakan bagian dari desain pembuatan video di atas.

1. Type Karakter Guru Pengertian

Di posisi pertama guru pengertian banyak yang menyukainya karena bisa menyesuaikan kondisi dan keadaan peserta didik atau muridnya. Guru pengertian tidak terlalu banyak memberikan syarat dalam pembelajaran dan kooperatif serta fleksibel. Guru seperti ini biasanya akan menduduki rating tinggi dan menjadi favorite bagi peserta didik atau murid-muridnya.

2. Tipe Karakter Guru 'Ngeselin'

Tipe guru ini sebenarnya enak dan nyaman jika diajak berinteraksi dengan peserta didiknya. Namun, karena kecerdasannya dalam berpikir dan mengolah bahasa, akhirnya terkadang keputusannya tidak bisa diterima oleh peserta didik atau muridnya.

3. Tipe Karakter Guru 'Ngomong' Lambat

Karakter guru ngomong atau berbicara lambat biasaya juga bertindak seperti layaknya putri solo. Kata-katanya halus dan lambat membuat mudah dimengerti oleh peserta didik ataupun muridnya. Namun, kadang-kadang juga 'nggemesin' karena harus bersabar menunggu kalimat berikutnya. Bahkan, sering kali, karena saking lambatnya sampai-sampai kalimat yang penting justru tidak terucap karena keburu bel berbunyi tanda jam pelajaran telah usai.

4. Tipe Karakter Guru 'Ngomong' Cepet

Jika ada guru yang berbicara lambat, maka ada juga guru yang berbicara cepat. Kecepatan berbicara guru jenis ini seperti laju jet yang menembus angkasa, namun masih dibawah kecepatan cahaya. Ucapannya terstruktur, rapi, lancar seperti sales yang terlatih. Akibat kecepatannya berbicara,  sering kali peserta didik atau muridnya tidak bisa mengimbangi dan kesulitan menangkap materi yang disampaikan.

5. Tipe Karakter Guru Berbicara Pelan

Guru tipe bersuara pelan juga termasuk banyak penggemarnya. Sebab, jarang sekali ditemukan kondisi guru ini dalam keadaan marah. Jika mengajar, guru berkarakter suara pelan akan berupaya keras membuat dan menciptakan suasana kelas yang tenang dan sunyi. Peserta didik pun biasanya akan mencoba untuk lebih berkonsentrasi, bahkan antusias maju duduk di kursi depan agar punya kesempatan untuk mendengarkan suara gurunya yang merdu. Namun, bagi sebagian yang sudah terlalu banyak mengeluarkan tenaganya untuk fokus, biasanya akan terbawa suasana sunyi yang nyaman hingga akhirnya tertidur.

6. Tipe Karakter Guru Akward

Pernah dengar istilah akward kan? Bukan award, loh... Meskipun ada beberapa persamaan antara akward dan award, namun jika dilihat dari penyebabnya akan sangat benyak perbedaanya. Sama-sama diawali dengan karakter huruf 'a' dan diakhiri dengan intonasi 'ward'. Ups, ngelantur... Akward itu identik dengan sikap canggung, grogi, alias nerveus. Biasanaya guru yang bertipe akward penuh misteri karena senantiasa melihat ke bawah dan nggak berani menatap muridnya satu-per satu.

7. Tipe Karakter Guru Pamer

Ternyata yang suka pamer bukan cuman peserta didik... Terkadang dalam pembelajaran guru juga, sengaja ataupun tidak sengaja, melakukan kecurangan dengan menceritakan keberhasilannya dengan bangga. Ups, tapi itu juga punya tujuan yang baik, yaitu untuk memotivasi peserta didik atau muridnya agar dapat mencapai yang lebih baik daripada gurunya.

8. Tipe Karakter Guru Kosong I

Guru tipe kosong I biasanya kalau tidak masuk kelas atau tidak mengajar seringnya tanpa memberikan kabar. Lebih parah lagi, tidak memberikan tugas untuk peserta didik sehingga membuat bingung murid-muridnya harus melakukan apa. Tipe guru ini lebih misterius dari pada akward karena sulit sekali dideteksi keberadaanya, rumit sekali pemikirannya, komplek sekali kehidupannya. Tidak punya WA, tidak ada ponsel, inbox jejaring sosial (fb, linkedin, vk, de el el) juga jarang ditanggapi, tapi kalau dikirimi email cepet merespon.

9. Tipe Karakter Guru Kosong II

Berbeda dengan Guru kosong I, tipe kosong II saat tidak masuk mengajar di kelas sebelumnya telah memberi kabar atau setidaknya memberi tahu bahwa dirinya sedang ada acara. Mengenai tugas untuk aktivitas peserta didik akan diserahkan kepada guru piket atau koordinator (ketua) kelas agar kondisi siswanya terkendali di dalam kelas. Tipe guru kosong II sangat kooperatif, sehingga banyak disukai oleh peserta didikataupun murid-muridnya.

10. Tipe Karakter Guru Kosong III

Tingkatan yang terbaik diantara guru kosong adalah yang ketiga, yaitu selain memberikan kabar, saat meninggalkan kelas guru tersebut sekaligus memberikan banyak tugas untuk dikerjakan selama jam pelajarannya. Selain itu, usai jam pelajaran tugas tersebut harus sudah selesai dan dikumpulkan di meja guru. Karakter guru kosong III sangat baik untuk meng-up grade kemampuan peserta didik meskipun tidak secara langsung.

11. Tipe Karakter Guru yang Sudah Berumur

Karakter guru yang sudah berumur umumnya lebih dewasa sehingga dalam bertutur kata senantiasa berupaya lebih dewasa. Termasuk dalam menyampaikan materi pembelajaran di depan peserta didiknya, guru yang berumur tua ini akan lebih hati-hati dan waspada karena menjadi panutan bagi muridnya. Terkadang, sikap ini terbawa dan berlebihan hingga akhirnya pada waktu bertindak akan lebih lama dan saat berbicara terbata-bata.

12. Tipe Karakter Guru Baper

Karakter guru yang baper (bawa perasaan) lebih sensitif dibandingkan guru lainnya. Mudah tersentuh secara emosional terhadap segala hal yang berada di sekitarnya sehingga mudah terbawa dalam perasaan haru. Sebenarnya guru tipe baper banyak penggemarnya, namun rata-rata tidak mau menunjukan rasa kagum terhadap gurunya.

13. Tipe Karakter Guru Inggris

Karakter guru Inggris tidak selalu dimiliki oleh guru Bahasa Inggris atau pun guru yang pernah belajar di Inggris, tetapi juga dimiliki oleh guru yang sedang belajar bahasa Inggris. Bedanya, Kalau guru Bahasa Inggris, biasanya lebih mengetahui penempatan dan struktur kalimat,  memiliki perbendaharaan kata yang cukup, serta cara pengucapan yang tepat ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Sedangkan guru yang pernah belajar di Inggris, cenderung menguasai teknik pengucapannya. Adapun bagi guru bertipe Inggris lebih lebih dominan mengucapkan dan berpedoman pada bahasa asli daripada bahasa Inggris.

14. Tipe Karakter Guru Mandarin

Hampir sama dengan tipe guru Inggris yang bersifat go internasional, yang membedakan hanya cakupan dan radius serta teritorialnya. Bahasa Inggris bersifat universal sekaligus menjadi primadona utama komunikasi di dunia untuk diburu dan digunakan orang Indonesia. Sedangkan bahasa mandarin merupakan bagian dari efek dari booming film-film Asia. Jadi, apakah guru banyak yang mengikuti film-film Asia untuk mengimbangi peserta didik atau muridnya? Nggak tahu juda... He...66X.

15. Tipe Karakter Guru Eksis Online

Tidak mau ketinggalan dari peserta didiknya, Guru juga manusia yang butuh pengakuan dari dunia nyata maupun maya. Tipe guru yang berkarakter eksis senantiasa aktif atau online di jejaring sok sial, eh sosial sambil terus membawa gadget dalam setiap aktivitasnya. Bahkan, jika tidak memmbawa smartphone, hidupnya berasa hampa karena bagian terpentingya tidak ada. Saat mengajar, bagi guru lebih baik tidak bawa dompet daripata tidak bawa gadget. Alasan klasiknya adalah gadget atau smartphone lebih bisa diandalkan untuk berinternet dalam mencari informasi dan referensi daripada dompet. He...66X.

16. Tipe Karakter Guru 'Doyan Ngomel'

Tipe Guru yang berkarakter doyan ngomel merupakan akibat buruk dari kebiasaanya makan hati sehingga membutuhkan media dan teknik untuk mengekspresikannya. Pada dasarnya guru merupakan sosok orang tua kedua setelah ayah dan ibu kandung dari peserta didik. Oleh karena itu, wajar jika dalam proses menjadikan anak-anaknya lebih baik, Guru sering kali bersikap cerewet dan rewel dalam membimbing peserta didik atau muridnya.

17. Tipe Karakter Guru Galau

Ciri khas guru tipe galau pada saat pembelajaran agak mirip dengan karakter guru baper yang memiliki kadar sensitif tingkat tinggi.  Perbedaanya adalah pada kapasitas sensitifitas perasaan yang dimiliki. Guru tipe galau perasaannya cenderung lebih mudah terkena terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kondisi yang sedang dialami oleh dirinya sendiri. Sedangkan karakter guru baper, bukan hanya berpotensi tinggi merasakan sendu kehidupannya, tapi lebih dramatis perasaan sensitifnya lagi bisa dengan mudah mendeteksi kesedihan peserta didik atau muridnya.

18. Tipe Karakter Guru Kepo

Tipe karakter guru kepo mempunyai interest dan antusiame tinggi terhadap aktivitas peserta didiknya. Karena rasa ingin tahunya yang besar, biasanya guru tipe kepo tepat sekali dijadikan sebagai detektif bagi ketertiban madrasah/sekolahnya. Informasi yang didapat pun lebih valid serta akuntabel dari pada seorang abnormal. eh... paranormal.

19. Tipe Karakter Guru Gaul

Guru tipe gaul merupakan satu satunya jenis karakter yang bersifat lintas generasi sekaligus lintas gender (tapi bukan transgender, loh). Biasanya guru gaul memiliki kamampuan untuk beradaptasi dan negosiasi tinggi sehingga karakternya dapat diterima di semua kalangan.

20. Tipe Karakter Guru Cantik

Guru cantik ini biasanya lebih diterima oleh lawan jenis dan biasanya membuat semangat peserta didik putra dalam belajar dan mengikuti pembelajarannya. Mereka akan merasa sangat rugi jika tidak bisa mengikuti proses belajar bersama guru cantik ini. Tipe guru cantik ada dua jenis, yaitu:
  1. Karakter cantik alami yang merupakan murni anugrah Sang Pencipta. Guru cantik alami mendekati inner beauty yang tanpa dipoles sudah terlihat anggun dan dapat diterima dimanapun dia berada.
  2. Karakter cantik hasil bentukan atau hasil kreasi serta bagian dari modifikasi. Ciri-ciri cantik hasil kreativitas biasanya ditunjukkan dengan penampilan yang tidak sesuai dengan kemampuan. Biasanya kreativitas ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur yang berlebihan. Namun, biar bagaimanapun upaya ini harus kita hargai sebagai karya seni. He...66X.

21. Tipe Karakter Guru Ganteng

Pada dasarnya tipe guru ganteng hampir sama dengan karakter guru cantik. Namun, bagi guru perempuan yang cantiknya karena tata rias mungkin akan tetap dianggap sebagai suatu kewajaran sebagai kodrat wanita. Sedangkan bagi guru laki-laki, jika gantengnya merupakan hasil modifikasi, mungkin guru yang bersangkutan akan kehilangan sisi maskulinitasnya dan dianggap sebagai pria yang kemayu. He...66X.

22. Tipe Karakter Guru Motivator

Tipe guru motivator merupakan figur yang sempurna atau ideal bagi peserta didik ataupun muridnya. Karakter guru ini sangat dinanti kedatangannya di ruang kelas oleh peserta didik. Bukan karena kecantikan atau gantengnya, bukan karena gayanya yang cool dan gaul, melainkan karena kemampuannya dalam memberikan semangat kepada peserta didik atau murid-muridnya.

23. Tipe Karakter Guru Olah Raga

Jenis guru ini biasanya berpostur tubuh atletis dengan kemampuannya menguasai berbagai peramainan gerak fisik ataupun olahraga. Staminananya senantiasa dalam kondisi fit dan penuh semangat di lapangan. Namun, kadang-kandang akan merasa salting alias salah tingkah jika harus menghadapi peserta didik atau muridnya di dalam ruang kelas.
Apapun kondisi guru kita, merekalah yang telah andil dan memberikan partisipasi besar terhadap kesuksesan suatu generasi. Jadi, tetap hormati guru sebagai insan yang mulia...
Saat ini kami masih mencari ide-ide lain yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk menulis dan berkarya. Silahkan bagi yang mempunyai persepsi mengenai tipe ataupun jenis dan karakter guru, untuk menambahkan pada kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 Tipe dan Jenis Serta Karakter Guru dalam Mengajar"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...