Tutorial CBT Asesmen Online Melalui Smartphone Android yang Aman

Teknologi yang semakin pesat perkembangannya dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya adalah dibidang Pendidikan yang senantiasa menuntut selalu berinovasi.

Dalam beraktivitas di madrasah atau sekolah, baik di pembelajaran, evaluasi, maupun administrasinya sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi. Salah satunya adalah pada saat pelaksanan asesmen yang dapat dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring).

Di sisi lain, kemajuan teknologi juga mendukung siswa mengetahui banyak hal yang menjadikan mereka mudah menjangkau seluruh informasi sehingga mereka bisa mengerjakan soal online sekaligus mencari jawaban dari referensi di internet browsing. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik bersama dengan lembaga pendidikan dituntut untuk selangkah lebih maju dibandingkan peserta didik.

Manfaatkan Exam Browser Untuk Meminimalisir Kecurangan Saat Asesmen Online

Sebagai bentuk implementasi guru selalu belajar dan berinovasi, maka sudah selayaknya berupaya menerapkan teknologi informasi dan internet dalam evaluasi pembelajaran. Adapun upaya untuk meminimalisir tercadinya kecurangan dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Exam Browser.

Kelebihan Menggunakan App Exam Browser

Aplikasi Exam Browser dapat dimanfaatkan sebagai upaya

  1. Akses gratis untuk membuka soal asesmen atau tes;
  2. Peserta tes tidak dapat membuka browser (peramban) lain, sehingga sangat meminimalisir terjadinya kecurangan (mencontek);
  3. Peserta didik dapat focus mengerjakan asesmen karena tidak diperkenankan membuka task bar, game, maupun media sosial;
  4. Kerahasiaan soal jadi lebih aman, karena peserta asesmen tidak dapat melakukan screenshoot (tangkap layar).
  5. Kapasitas file yang berukuran kecil sehingga tidak terlalu membebani smartphone.

Kekurangan Menggunakan CBT Exam Browser

Meski terdapat banyak kelebihan, namun menggunakan aplikasi CBT Exam Browser juga memiliki kekurangan, yaitu berpotensi muncul iklan yang scripnya dipasang oleh developer atau pengembangnya.

Sebenarnya keberadaan iklan dalam aplikasi tersebut juga bagian dari bentuk semangat (mendapat profit) bagi pemilik aplikasi untuk senantiasa mengembangkannya.

Jika pengguna ingin memanfaatkan aplikasi CBT Exam Browser tanpa iklan, dapat memberikan donasi dengan nominal yang sangat murah.

Namun, jika ingin menggunakannya secara gratis, konsekuensinya akan muncul iklan di bagian awal dan akhir mengerjakan soal online. Jadi, keberadaan iklan tidak terlalu mengganggu konsentrasi peserta ujian.

Membuat Soal Online

Saat ini banyak guru yang bisa membuat soal online dan memanfaatkannya sebagai media asesmen secara daring. Banyak portal website yang menyediakan fitur kuis, seperti Google Form, Form Microsoft dan lain sebagainya.

Mengkonversi Link Menjadi QR Code

Sudah banyak yang tahu bahwa Qr Code merupakan salah satu bentuk lain dari tulisan. Dari beberapa aplikasi Exam Browser, rata-rata jenis akses yang disediakan melalui:

  1. Input IP Address atau Domain Server
  2. Login atau masuk menggunakan Akun
  3. Scan Qr Code

Pada pilihan yang gratis dan mudah, kita dapat memanfaatkan opsi ketiga, yaitu melalui Scan Qr Code.

Untuk mengkonversi link soal asesmen menjadi Qr Code, kita dapat melakukannya secara online melalui website yang tersedia banyak di internet, salah satunya adalah https://app.qr-code-generator.com/. Berikut contoh hasil konversi link soal asesmen menjadi Qr Code:

Tujuan mengkonversi link soal asesmen adalah agar dapat diakses peserta tes melalui aplikasi CBT Exam Browser yang diinstal pada smartphone.

Instal Aplikasi Exam Browser

Langkah pertama adalah melakukan instal aplikasi CBT Exam Browser yang dapat diunduh melalui Playstore pada masing-masing perangkat Android yang akan digunakan oleh peserta didik. Untuk mencoba download dan melakukan instal aplikasinya, silahkan bisa klik melalui link: CBT EXAM BROWSER dengan tampilan sebagai berikut:

Cara Mengerjakan Tes atau Asesmen

Tata cara mengerjakan soal tes atau asesmen melalui CBT Exam Browser dapat dilakukan melalui tahap-tahap berikut ini:

  1. Buka aplikasi CBT EXAM BROWSER;
  2. Pilih dan Klik SCAN QR CODE;
  3. Scan QR CODE yang diberi oleh Pengawas menggunakan smartphone yang terinstal Aplikasi Exam Browser;
  4. Klik Pin Layar Sekarang untuk mengaktifkan pin layar;
  5. Klik OK untuk menampilkan dan menyematkan soal asesmen di layar smartphone Android.
  6. Mulai mengerjakan soal asesmen online menggunakan Exam Browser

Tampilan Layar Exam Browser

Pada saat peserta ujian menggunakan Exam Browser, maka tampilan smartphone akan fulscreen (penuh) dan hanya ada beberapa fungsi fitur utama. Menu tersebut hanya terkait dengan soal asesmen dengan beberapa indikator pendukung yang terletak di layar bagian bawah. Berikut beberapa menu dan indikator yang tampil pada Aplikasi Exam Browser dari kanan ke kiri bawah:

  1. Indikator waktu pada saat mengerjakan dan kapasitas baterai smartphone;
  2. Tombol Next berfungsi untuk membuka halaman berikutnya. Tombol ini disesuaikan dengan jenis tampilan soal atau kuisnya;
  3. Tombol Refresh berfungsi untuk merefresh tampilan. Jika yang di-refresh tampilan soal, maka peserta asesmen akan mengerjakan mulai dari awal;
  4. Tombol Previous berfungsi untuk membuka halaman sebelumnya. Tombol ini juga disesuaikan dengan jenis tampilan soal atau kuisnya;
  5. Tombol Home yang berfungsi untuk Kembali ke halaman awal atau beranda. Tombol ini disesuaikan dengan jenis tampilan soal atau kuisnya;
  6. Tombol Keluar berfungsi untuk menghentikan tampilan aplikasi Exam Browser. Jika keluar sebelum mengerjakan, akan berakibat peserta ujian atau tes harus mengulang dari awal. Jadi, pada prinsipnya peserta asesmen tidak diperkenankan keluar sebelum selesai mengerjakan soal online;
  7. Adapun tombol bawaan dari smartphone (Segitiga, Lingkaran, dan Persegi) akan terkunci dan tidak bisa difungsikan selama aplikasi Exam Browser digunakan.

Rekomendasi Pengguna Aplikasi Exam Browser

Rekomendasi bagi pengguna Exam Browser melalui Smartphone untuk memanfaatkan fitur dari soal atau kuis yang ditampilkan. Karena terkait dengan prosedur dan Langkah serta tahap mengerjakan asesmen.

Demikian tutorial mengenai Pelaksanaan CBT Melalui Smartphone dengan memanfaatkan apliasi Exam Browser agar peserta didik tidak mencontek. Semoga bermanfaat....

Sri Kuncoro SP Allah Is My Power
Fb | Ig | WA | Youtube

0 Response to "Tutorial CBT Asesmen Online Melalui Smartphone Android yang Aman"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel