Prosedur Ganti Kartu Ponsel Yang Hilang

Di era teknologi yang canggih hampir semua kebutuhan dapat dijangkau melalui koneksi internet menggunakan smartphone. Di sini lah yang menjadikan nomor ponsel sebagai suatu bagian atau komponen yang sangat penting.

Di sisi lain, kita juga harus bisa mengoptimalkan sekaligus menjaga keberadaan SIM card sebagai identitas Lalu bagai mana jika kita kehilangan katu ponsel, apakah bisa diganti?

Ganti Simcard Data Akun Tetap Aman

Berdasarkan pengalaman, kartu ponsel yang hilang dapat diganti dengan yang baru, namun nomor tetap sama. Hal ini kehilangan ponsel saat menjadi juri aksioma

Kenapa Harus Ganti Kartu yang Hilang

Banyak faktor sekaligus alasan yang mendorong kita untuk segera melakukan penggantian atas kartu yang hilang. Alasan keamanan menjadi prioritas dan motif utama untuk segera melakukan penggantian kartu SIM yang hilang.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk lebih berhati hati.

Alasan Keamanan Data

Keamanan data merupakan faktor terpenting bagi kita saat berkomunikasi dan berinteraksi di internet. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pada saat pertama kali akan menggunakan kartu, kita harus mengaktifkannya dengan prosedur registrasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIP) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Jika tidak segera mengganti kartu ponsel yang hilang, maka ada potensi nomor yang berdasarkan identitas kita dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan tunggu lama, jika kita kehilangan nomor ponsel, Anda dapat segera mengurusnya untuk mengamankan data.

Mengamankan Rekening Pada Mobile Banking

Bagi yang menggunakan ponsel untuk transaksi melalui Mobile Banking, tentu saja ponsel atau smartphone menjadi media yang sangat penting. Seberti halnya alasan keamanan data, jika kita kehilangan simcard atau kartu, segeralah mengurus untuk menggantinya.

Hal ini berkaitan dengan keamanan rekening kita, karena jika kartu dipegang oleh orang lain dapat disalahgunakan untuk memverifikasi dan mengabil alih rekening pada posel lainnya. 

Mengamankan Akun

Bukan hanya data diri dan rekening, simcard atau kartu telepon kita juga berperan penting sebagai verifikasi akun email, jejaring sosial, serta portal website jenis lainnya. Jika kita kehilanagn kartu, maka kita juga berpotensi besar kehilangan akun internet.

Oleh karena itu, jika kita merasa kehilangan, segeralah mengurus dan mengganti kartu untuk mengamankan akun di internet. 

Persyaratan Penggantian Kartu Hilang

Kehilangan kartu bukan berarti akhir dari segalanya. Anda juga jangan terburu untuk mengganti dengan yang baru. Karena Anda masih punya kesempatan untuk mendapatkan dan mengaktifkan nomor lama Anda.

Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan berkas persyaratan terlebih dahulu. Setelah semuanya siap, datangi gerai atau graphari provider kartu Anda. Tidak usah khawatir dan takut, karena petugasnya akan melayani dengan prima dan dapat diurus dengan cepat. 

Namun demikian, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu: 

  1. KTP Asli/Resi KTP Asli yang sesuai dengan pertama kali registrasi
  2. Kartu Keluarga
  3. Identitas selain KTP (seperti Paspor, Surat Ijin Mengemudi, BPJS, NPWP)
  4. Surat Kehilangan Kartu dari Kepolisian (cantumkan Nomor yang Hilang dan NIK KTP sesuai registrasi ditambah dengan Nomor KK)
  5. Verifikasi 5 (lima) nomor yang pernah dihubungi atau SMS menggunakan pulsa (dalam waktu 3 bulan terakhir)
  6. Top up pulsa terakhir dan paket kuota terakhir
  7. Jika nomor terdaftar pada bank atau kartu kridit, harus membawa buku tabungan atau kartu kridit. 
  8. Jika diwakilkan, maka harus menyertakan surat kuasa (tanda tangan pemberi kuasa di materai 6000) dan KTP asli penerima kuasa / yang mewakilkan.

Bagaimana jika tidak terpenuhi salah satu persyaratan tersebut di atas? Resiko yang dialami, maka permintaan ganti nomor yang hilang tidak dapat diproses. Tapi Anda masih bisa melengkapi dan datang lagi di kemudian hari untuk mengurus penggantian kartu.

Jika persyaratannya lengkap dan telah berhasil diproses petugas, maka kita akan mendapat kartu baru dengan tetap menggunakan nomor lama yang sama.

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

0 Response to "Prosedur Ganti Kartu Ponsel Yang Hilang"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel