Website Pengawas Madrasah

Perkembangan teknologi informasi, terutama dibidang internet, yang pesat mendorong banyak pihak untuk melakukan inovasi. Salah satunya adalah Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah Kabupaten Tegal yang telah membuat website sebagai media informasi bagi madrasah binaannya.

Bertujuan untuk memotivasi madrasah binaannya, Pokjawas menyediakan sarana informasi dan publikasi berupa portal website.

Konten Website Pengawas Madrasah

Diawali dengan inventarisir materi, pembuatan website dimulai dengan persiapan profil Pengawas Madrasah, diantaranya Visi, Misi, Tujuan, serta Motto. Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Aanggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Website Pengawas Madrasah

Pembagian tugas pengawas juga dilakukan pada tiap tingkat di wilayah Rodlotul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA). Adapun konten dibagi menjadi beberapa label materi dalam bentuk kategori artikel, berita, Karya Tulis Ilmiah. Website Pengawas Madrasah juga dilengkapi dengan profil singkat pengelolanya yang disematkan pada halaman utama.

Informasi lain juga dipublikasikan pada website pengawas madrasah yang memuat tentang portal resmi madrasah. Guna mendukung pengembangan manajemen madrasah, website Pokjawasma juga dilengkapi link download informasi terbaru mengenai juknis, surat edaran, maupun aturan kemadrasahan. Untuk mempermudah akses, website Pengawas Madrasah juga dilengkapi sitemap yang berfungsi sebagai daftar isi.

Selain itu, pembuatan website ini memiliki konsep sebagai media publikasi kegiatan dari para Pengawas Madrasah dalam memdampingi madrasah di daerah binaannya.

Website Pengawas Madrasah juga dilengkapi dengan kontak melalui whatsapp, telegram, maupun email, untuk mempermudah komunikasi antara pihak terkait dengan Pokjawas. Jadi, selain menjadi bagian dari inovasi, Website Pengawas Madrasah juga menjadi motivasi serta publikasi aktivitas dari Kelompok Kerja Pengawas dalam bertugas di daerah binaannya.

Proses Pembuatan Website Pokjawasma

Proses pembuatan Website Pengawas Madrasah dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu minggu setelah materi terkumpul. Cepatnya proses pembuatan dipengaruhi oleh sikap kooperatif dari Pokjawas dalam memberikan data-data yang diperlukan.

Pembuatanan mengalami beberapa kali revisi baik pada tampilan maupun konten. Hal ini terkait dengan perubahan status dan susunan organisasi. Meski demikian, proses revisi tidak memakan waktu lama dan menjadikan tampilan lebih smooth serta memiliki konten lebih lengkap.

Mengenai tampilan, website pengawas menggunakan tema yang didominasi warna hijau menyesuaikan karakter dari instansi induk yaitu Kementerian Agama

Sebagai bentuk pelayanan prima, Website Pengawas Madrasah juga dilengkapi dengan jejaring sosial berupa Fanspage dan Instagram. Hal ini digunakan untuk mendukung publikasi dan lebih menjangkau netizen pengguna media sosial. Ke depannya juga direncanakan juga pembuatan dan penggunaan channel Youtube sebagai media broadcast.

Kegiatan selanjutnya adalah serah terima pengelolaan websit Pengawas Madrasah kepada pihak Pokjawasma berupa akun dan berkas panduan operasional. Mengenai pengelolaan diserahkan kepada operator untuk mengisi konten berupa pos berita maupun artikel sekaligus melakukan konfigurasi lanjut.

Harapannya, keberadaan website Pengawas Madrasah dapat mencapai tujuan dan bisa bermafaat sesuai dengan targetnya. Jika tertarik untuk membuat website, Anda bisa menghubungi kami melalui kontak Matsansaga.

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

0 Response to "Website Pengawas Madrasah"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel