Maintenance Website MTsN 1 Tegal 2020

Alhamdulillah, setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya Komukote - Jasa Pembuatan Website Sekolah dapat menyelesaikan dan menyusun laporan kegiatan migrasi serta maintenance website MTs Negeri 1 Tegal.

Kegiatan mantenance meliputi perawatan dan perpanjangan hosting serta domain mtsn1tegal.sch.id. Guna mendukung publikasi, pembuatan dan aktivasi jejaring sosial juga dilakukan untuk menjangkau lebih banyak netizen.

Website Resmi MTsN 1 Tegal

Selain itu sebagai bagian dari inovasi untuk mengembangkan dan membangkitkan kesadaran warga MTs Negeri 1 Tegal mengenal serta menggunakan sarana internet secara aktif, efektif, serta positif, maka dibuatlah subdomain blog MTs Negeri 1 Tegal pada beberapa mata pelajaran.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Madrasah serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan mantenance dan pembuatan subdomain website serta aktivasi jejaring sosial. Harapannya, melalui kegiatan ini, dapat membantu pencapaian visi, misi, dan tujuan MTs Negeri 1 Tegal.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas, maka kami sususun:
Laporan Maintenance dan Pembuatan Subdomain Website MTs Negeri 1 Tegal

A. Pendahuluan

Menindaklanjuti usulan Maintenance dan Pembuatan Subdomain Website MTs Negeri 1 Tegal yang telah disetujui pihak madrasah, maka kami membuat laporan pelaksanaanya.

B. Timeline dan Proses Pelaksanaan

Pengerjaan website dan jejaring sosial dimulai secara bertahap sejak awal Agustus dan mulai intens melakukan customisasi serta maintenance pada bulan Oktober hingga Desember 2020, tepatnya setelah proposal disetujui dan ditandatangani.

1. Timeline dan Sistem Kerja

Setelah proposal disetujui, dilakukan beberapa langkah kegiatan untuk melakukan maintenance dan migrasi clientzone serta pengelolaan cpanel terhadap website mtsn1tegal.sch.id. beberapa langkah tersebut diantaranya adalah:

a. Tahap Persiapan

  • Melakukan migrasi clientzone pada penyedia hosting dan domain agar kenjadi milik madrasah dan dapat dikelola sepenuhnya secara mandiri.
  • Melakukan migrasi admin cpanel yang sebelumnya dikelola pihak luar, kemudian sekarang dikelola mandiri.

b. Tahap Desain

  • Merubah tampilan tema.
  • Mengevaluasi dan mencatat semua revisi (perbaikan) yang telah dilakukan.

c. Tahap Pembuatan Content

  • Membuat dan mempublikasikan tulisan berita tentang aktivitas atau kegiatan di MTsN 1 Tegal. Kemudian dibagikan melalui jejaring sosial.
  • Membuat flyer pada momen momen tertentu yang berkaitan dengan event penting, misalkan berupa ucapan. Kemudian dipublikasikan melalui jejaring sosial

d. Tahap Integrasi

  • Penggabungan content dan jejaring sosial dengan template website yang telah disiapkan sehingga tampak dalam tampilan.

e. Masa Review

  • Upaya perbaikan dan perawatan tetap dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya bug;

f. Live and Launching

  • Pemenuhan pembayaran biaya yang disepakati telah dilaksanakan.
  • Penyerahan dokumen tutorial dan data-data teknis seputar web.
  • Pelatihan bagi Redaksi mengenai cara mengisi konten pada website.

2. Migrasi Akun Clientzone dan cPanel

Pada awal perencanaan akan dilakukan upgrade dan migrasi hosting. Namun dengan berbagai pertimbangan, maka dialihkan untuk renewal atau memperpanjang sewa hosting dan domain.

Tampilan Awal Web MTsN 1 Tegal

Adapun untuk mengantisipasi keamanan, maka dilakukan migrasi akun yang sebelumnya dipegang oleh pihak ketiga, kini dipegang serta dikelola secara mandiri oleh operator madrasah.

Tempat sewa hosting dan domain tetap berada di domainesia.com dengan pertimbangan Support atau dukungan pelayanan yang tergolong masih bagus serta cepat. Hosting yang digunakan awalnya di Singapura, dipindah ke server dalam Negeri untuk mempercepat akses. Paket Hosting masih menggunakan Paket Personal tipe Monster dengan domain di mtsn1tegal.sch.id.

Guna lebih meningkatkan keamanan akun, menambahi plugin autentifikator sehingga untuk masuk ke akun clientzone maupun cPanel tetap harus mendapat konfirmasi dan verifikasi dari admin.

3. Setting Tema Website Domain Utama

Setting tema untuk sementara menggunakan EduAxix dan masih dalam tahap pengembangan serta pemilihan tema yang lebih sesuai dengan program madrasah.

Perubahan tema akan kembali dilakukan setelah rencana program pendidikan madrasah sudah fix dengan penambahan penjurusan Sains, Tahfidz, Riset, Olahraga dan Seni, serta Utama.

Website Resmi MTsN 1 Tegal

Instalasi plugin juga dilakukan untuk mengintegrasikan website dengan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Pinterest, dan sebagainya.

4. Pembuatan Subdomain

Guna mendukung Search Engine Optimation (SEO) webseite untama MTsN 1 Tegal dan meningkatkan kompetensi guru dalam teknologi internet komunikasi dan komputer serta menulis, maka dibuatlah subdomain.

Subdomain yang dibuat direncanakan berjumlah 16 sesuai dengan jumlah mata pelajaran. Namun karena pertimgangan efisiensi serta anggaran, maka pada realisasinya dikurangi jumlah pembuatannya menjadi 12 subdomain.

Adapun subdomain yang sudah dibuat diantaranya:

Jasa Pembuatan Website Sekolah

Pembuatan Subdomain Website MTs Negeri 1 Tegal

NO Mata Pelajaran Sub Domain
1 IPA ipa.mtsn1tegal.sch.id
2 IPS ips.mtsn1tegal.sch.id
3 Fiqih fiqh.mtsn1tegal.sch.id
4 SKI ski.mtsn1tegal.sch.id
5 Bahasa Indonesia id.mtsn1tegal.sch.id
6 Bahasa Arab arabic.mtsn1tegal.sch.id
7 Penjasorkes penjasorkes.mtsn1tegal.sch.id
8 PPKn k¬warganegaraan.blogspot.com
9 Seni Budaya & Prakarya sanggarmodel.blogspot.com
10 Matematika Dalam proses Akuisisi
11 Bahasa Jawa Dalam Proses Akuisisi
12 Aqidah Ahlak aqidahahlak.mtsn1tegal.sch.id
13 Bahasa Inggris english.mtsn1tegal.sch.id
14 TIK Dalam Proses Akuisisi
15 Qur’an Hadits qurdits.mtsn1tegal.sch.id

Catatan:

  • Status subdomain yang masih menggunakan blogspot sudah terlebih dahulu dikelola admin.
  • Status dalam proses akuisisi berarti blog sudah ada, tinggal menunggu persetujuan pengelola untuk diproses menjadi subdomain madrasah.
  • Status dalam proses pembuatan kemungkinan besar akan dimerger dengan mata pelajaran yang serumpun.
  • Seluruh subdomain dari mtsn1tegal.sch.id dan blogspot sudah aktif dan siap untuk diisi dengan konten materi atau bahan pembelajaran.

5. Pembuatan dan Akuisisi Media atau Jejaring Sosial

Guna mendukung publikasi dan promosi, maka diperlukan akun media sosial atau jejaring sosial baik populer maupun profesional. Adapun akun website jejeraing sosial yang sudah diaktifkan diantaranya:

Jasa Pembuatan Website Sekolah

Pembuatan Subdomain Website MTs Negeri 1 Tegal

NO Platform Sub Domain
1 Facebook facebook.com/mtsn1tegal
2 Twitter twitter.com/mtsn1tegal
3 Instagram instagram.com/matsan_saga/
4 Pinterest pinterest.com/matsansaga/mtsn-1-tegal/
5 Linkedin linkedin.com/company/mtsn1tegal/
6 Youtube youtube.com/channel/matsansaga
7 RSS Feed mtsn1tegal.sch.id/mtsn1tegal.sch.id/feed/

Catatan:

  • Saat ini sedang dalam proses akuisisi Instagram dan Youtube untuk memliki username @mtsn1tegal;
  • Seluruh Media Sosial tersebut sudah diembed di website.

6. Akuisisi Akun Gmail dan Klaim Google Bussines Serta Maps atau Peta

Target berikutnya adalah mendapatkan akun Gmail dengan alamat mtsn1tegal@gmail.com untuk mengelola Google Bussines, Google Maps, Serta Blog Subdomain MTsN 1 Tegal. Email ini juga akan bermanfaat untuk mengelola jejaring sosial serta media komunikasi dan penyimpanan data.

Selain itu, proses akuisi untuk mendapatkan username instagram.com/mtsn1tegal juga membutuhkan waktu dan konfirmasi dari pengguna lama. Sedangkan untuk Youtube menunggu subscriber berjumlah minimal 100.

C. Realisasi Pembiayaan Maintenance dan Upgrade Website

Upaya maintenance dan upgrade hosting terhadap website mtsn1tegal.sch.id membutuhkan dukungan finansial dengan rincian pembiayaan yang direncanakan sebagai berikut:

Jasa Pembuatan Website Sekolah

Pembuatan Subdomain Website MTs Negeri 1 Tegal

No Item Kebutuhan Nominal Rupiah
1 Upgrade Hosting Personal ke Bisnis 360,000.00
2 Biaya setting upgrade hosting 200,000.00
3 Pembelian Design Layout/Template Subdomain Website 400,000.00
4 Pembuatan dan Akuisisi serta Promosi Akun Media Sosial 300,000.00
5 Content dan Perawatan selama 12 bulan (Maintenance) 300,000.00
6 Pembuatan dan setting 16 Subdomain 1,600,000.00
Jumlah Total Kebutuhan 3.160.000,00

Namun, pada pelaksanaanya ada beberapa hal yang lebih urgen untuk dilakukan sehingga perlu perubahan dalam realisasinya. Diantara yang berubah adalah, pada point pertama, yaitu Upgrade Hosting Personal Ke Bisnis tidak dilaksanakan namun diganti dengan renewal hosting. Hal ini juga berimbas pada poin kedua, yaitu biaya setting upgrade hosting, tidak dilaksanakan dan diganti dengan renewal domain.

Sedangkan untuk point 3, 4, 5, dan 6 tetap dilaksanakan dengan berbagai penyederhanaan namun tetap mengutamakan keamanan. Adapun realisasi dari total anggaran kami tampilkan dalam bentuk tabel di bawah ini:

Jasa Pembuatan Website Sekolah

Pembuatan Subdomain Website MTs Negeri 1 Tegal

No Item Kebutuhan Nominal
1 Renewal Hosting Personal Tipe Monster 653,400
2 Renewal Domain mtsn1tegal.sch.id 53,900
3 Pembelian Design 3 Layout/Template dan Setting Subdomain Website yang memiliki tampilan responsive saat diakses melalui smartphone maupun dekstop 867,419
4 Pembuatan dan Akuisisi serta Promosi 7 Akun Media Sosial 350,000
5 Content dan Perawatan selama 12 bulan (Maintenance) 480,000
6 Pembuatan dan setting 16 Subdomain 745,281
Jumlah Total Kebutuhan 3,150,000

Catatan:

  • Nota pembayaran terlampir dalam bentuk screenshot ataupun file pdf;
  • Berkaitan dengan rencana penambahan program belajar baru dari MTs Negeri 1 Tegal, yaitu Kelas Riset, Olahraga dan Seni serta kelas utama, maka akan dilakukan upaya penyesuaian dalam bentuk perubahan tampilan website.

D. Penutup

Demikian Laporan Migrasi dan Maintenance Website MTs Negeri 1 Tegal kami susun sebagai bagian dari pertanggungjawaban kegiatan yang sudah dilaksanakan. Semoga dapat diterima dan bisa menjadi bagian dari upaya peningkatan kompetensi dan kinerja serta kerjasama.

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

2 Responses to "Maintenance Website MTsN 1 Tegal 2020"

  1. Awesome blog. I enjoyed reading your articles. This is truly a great read for me. I have bookmarked it and I am looking forward to reading new articles. Keep up the good work! Unterhaltsreinigung Göttingen

    ReplyDelete
  2. I have recently started a blog, the info you provide on this site has helped me greatly. Thanks for all of your time & work. Büroreinigung Osterode

    ReplyDelete
Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel