Contoh Website SMK Kusuma Bangsa

Peran website dalam publikasi program dan pencapaian target sangat lah penting bagi sebuah institusi atau lembaga seperti sekolah. Keberadaannya dapat menjadi media untuk memberikan informasi lengkap mengenai profil serta aktifitas di sekolah.

Menyadari arti penting web bagi sekolah, SMK Kusuma Bangsa bekerjasama dengan Jasa Pembuatan Website Komukote guna mendukung kinerja divisi Humas atau hubungan masyarakat sekaligus memacu inovasi warga sekolah.

Selain pembuatan website, SMK Kusuma Bangsa juga bekerjasama dengan Komukote untuk melakukan pengelolaan terhadap akun terkait dengan internet dan media sosial. 

Tahap Pembuatan Website Sekolah SMK

Kegiatan ini dilaksanakan sejak bulan April tahun 2020 dengan beberapa tahap, diantaranya:

  1. Persiapan;
  2. Inventarisasi dan Pengumpulan data;
  3. Pembuatan website sekolah sekaligus PPDB;
  4. Akuisisi media sosial;
  5. Finishing.

Tahap Persiapan Pembuatan Website SMK

Pada tahap persiapan, dilakukan pertemuan antara bagian Humas SMK Kusuma Bangsa dengan pihak Komukote selaku pembuat website untuk membahas desain dan konten serta budget atau anggaran operasionalnya.

Inventarisasi dan Pengumpulan Data

Tahap berikutnya, pihak sekolah melakukan inventarisasi terhadap informasi dan data yang akan dipublikasikan sebagai konten dalam website. Informasi ini berupa data profil dan kegiatan sekolah dalam bentuk teks (berita dan artikel) maupun video dokumentasi.

Pembuatan Website Sekolah Sekaligus PPDB

Setelah pengumpulan data informasi profil dan kegiatan sekolah, maka proses selanjutnya adalah pembuatan website yang diintegrasikan dengan formulir untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hal ini dilakukan sebagai bentuk optimasi momen yang mendekati tahun ajaran baru.

Akuisisi Media Sosial

Pada sesi berikutnya setelah selesai pembuatan website sekolah, dilakukan akuisisi terhadap beberapa media sosial agar dapat dikelola admin resmi untuk mendukung publikasi. Diantara media sosial yang sudah berhasil dikelola mandiri oleh operator adalah Facebook SMK Kusuma Bangsa.

Finishing Website Sekolah SMK

Pembuatan website yang dilakukan sesuai dengan konsep mempermudah proses finishing yang hanya dilakukan dengan beberapa perubahan kecil tanpa mempengaruhi substansinya.

Catatan Saat Pembuatan Web Sekolah SMK

Proses pembuatan website berlangsung selama dua minggu sejak tahap pertama hingga finishing. Selanjutnya adalah dilaksanakan rangkaian launching, sosialisasi, serta pemanfaatannya sebagai media PPDB Online di masa pandemi.

Contoh Website Sekolah SMK

Pada saat pelaksanaan pembuatan web sekolah SMK Kusuma Bangsa, ada beberapa catatan yang kemudian menjadi bahan pertimbangan dan penentu dalam proses finishing, diantarannya adalah sebagai berikut:

Ekstensi Domain Website SMK Kusuma Bangsa

Pemilihan domain sekolah SMK Kusuma Bangsa menggunakan ekstensi .SCH.ID yang diakui secara resmi oleh PANDI sebagai alamat website resmi bagi sekolah di Indonesia.

Desain dan Platform Website Sekolah

Pembuatan desain website sekolah SMK Kusuma Bangsa dilakukan sesuai dengan kesepakatan seperti warna dan menu serta beberapa halaman utama. Sedangkan pemilihan platform pembuatan website yang digunakan dengan fungsi untuk meng-cover blog dan formulir Penerimaan Peserta Didik Baru.

Artikel Berita dan Konten Website

Kenten website sekolah berupa kegiatan peserta didik, guru, dan TU serta aktivitas terkait dengan SMK Kusuma Bangsa. Pada tahap awal pembuatan, konten disusun dan diisi oleh developer, selanjutnya direncanakan ada pelatihan serta pendampingan pengelolaan website.

Akuisisi Media Sosial

Proses pemilikan media sosial seperti Fanspage dan Google Maps dilakukan dengan cara pembuatan akun baru maupun klaim yang sudah ada dengan prosedur pengajuan secara prosedural.

Optimasi Halaman Website

Upaya menjangkau publik yang luas dilakukan dengan teknik Search Engine Optimization atau SEO menggunakan beberapa platform penyedia webmaster.

Penyerahan Akun Admin Website SMK

Penyerahan kontrol penuh terhadap website dilakukan secara bertahap dimulai dari pendampingan kepada admin hingga penyelesaian administrasinya. Selanjutnya, akun berupa email dan media sosial serta panduan pengelolaan siap untuk dserahterimakan dari pihak developer kepada sekolah.

Tindak Lanjut Pembuatan Website Sekolah SMK

Memasuki tahun kedua, pihak sekolah masih berminat untuk memperpanjang dan mengelola website SMK sebagai media resmi penyampai informasi kepada publik. Oleh karena itu, perpanjangan pengelolaan dilakukan terhadap domain.

Berkaitan dengan desain website sekolah, pihak SMK Kusuma bangsa masih menggunakan tampilan awal dengan sedikit modifikasi pada bagian menu dan konten di dalamnya.

Adapun pengelolaan sudah dilakukan secara mandiri, namun akun admin lama sebagai developer masih berada di lingkungan pengelolaan.

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

0 Response to "Contoh Website SMK Kusuma Bangsa"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel