6 Langkah Mudah Mengganti Kartu Lama Indosat ooredoo

Jaringan internet senantiasa mengalami perkembangan dari generasi pertama (1G) hingga 5G. Hal ini membawa pengaruh baik bagi kecepatan penggunaan atau koneksi akses data melalui internet.

Sejalan dengan perkembangan jaringan internet, keberadaan perangkat pendukung juga harus disesuaikan agar dapat berjalan selaras. Oleh karena itu, perlu dilakukan update sekaligus upgrade atau pembaharuan yang diiringi dengan peningkatan kapasitas serta kualitas.

Karakteristik Simcard 3G dan 4G

Bagi Anda yang memanfaatkan ponsel dan menggunakan simcard untuk koneksi internet, tidak ada salahnya mengetahui jenis dan karakteristik kartu dengan jaringan 3G dan 4G dari provider yang kita pilih. Ada beberapa perbedaan baik fisik maupun performa, diantaranya: 
  1. Pada simcard 3G yang lama, umumnya memiliki bentuk fisik lebih besar. Sedangkan kartu 4G yang baru tersedia juga dalam bentuk lebih kecil, yaitu micro dan nano;
  2. Kualitas jaringan 4G lebih cepat digunakan untuk mengakses internet dibandingkan 3G. Namun 3G (saat tulisan ini dipublikasikan) masih memiliki jangkauan lebih luas daripada 4G.
Jika Anda masih menggunakan kartu lama berjaringan 3G dan ingin merubahnya dengan simcard baru, maka anda bisa mengikuti tutorial pada postingan ini. Ups, emang kenapa kartu lama perlu diganti dengan kartu yang baru...?
Kondisi kartu 3G lama yang sudah mendekati kadaluarsa atau usang umumnya tidak bisa digunakan pada ponsel atau smarphone produk terbaru baik karena ukuran maupun jaringannya. Bahkan, Admin Matsansaga yang sudah puluhan tahun menggunakannya selalu mendapat peringatan dari operator untuk segera menggantinya dengan simcard yang baru.
Termotivasi untuk menikmati jaringan mutakhir dan demi mengamankan nomor ponsel, maka perlu dilakukan penggantian simcard.

Tips Sebelum Upgrade Kartu 3G ke 4G

Pada saat akan mengganti kartu lama ke kartu baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar data anda tetap aman.
Setelah ganti kartu yang baru, nomor, pulsa, dan kuota internet kita akan tetap bisa digunakan. Sedangkan data kontak pada simcard lama tidak secara otomatis pindah ke kartu baru.
Oleh karena itu, Anda perlu menyalin kontak yang ada di simcard dan diamankan pada email atau media penyimpanan di perangkat ponsel agar tidak hilang atau tetap tersimpan dan dapat digunakan.

Langkah Mengganti Kartu Lama Menjadi Baru

Sebelum melakukan proses upgrade kartu, Anda harus memiliki simcard yang dapat diperoleh dari Graphari Indosat secara online melalui marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Harga simcard untuk upgrade ke jaringan 4G sangat terjangkau dengan biaya kirim tergantung fasilitas dan bonus dari toko online. Kalau saya kebetulan dapat bonus berupa biaya atau ongkos kirim gratis. Proses pengirimannya pun sangat cepat, yaitu dua hari setelah pemesanan dan pembayaran (biasanya hari minggu dan tanggal merah diproses kemudian hari).

Cara Mengganti Kartu Lama Indosat Ooredoo

Setelah mendapatkan kartu, Anda dapat melakukan upgrade secara mandiri dengan mengganti kartu lama ke jaringan dari 3G ke 4G Indosat Ooredoo. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Kirim Pesan Singkat atau SMS ke 4949

Pesan singkat ini merupakan pengajuan permohonan untuk mengganti kartu lama yang masih 3G ke kartu baru atau 4G dengan cara:
Ketik GANTI dan kirim ke 4949 dari kartu lama.
Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS balasan dari 4949.

2. Catat atau Hapalkan Kode OTP

Jika kondisi normal, Anda akan mendapatkan balasan dari 4949 berupa pesan:
Kode OTP Anda: XXXX, berlaku dlm xx menit. Mohon dicatat untuk dimasukkan di kartu 4G baru Anda. Jangan diberitahukan kepada siapapun.
Setelah mendapat balasan tersebut, segera catat atau hapalkan kode OTP dan jangan diberitahukan kepada siapapun. Kode tersebut bersifat rahasia dan hanya berlaku dalam waktu beberapa menit untuk segera dilakukan prosedur berikutnya.

3. Ganti Kartu Lama dengan yang Baru

Segera matikan ponsel dan lakukan penggantian Sim Card atau kartu lama yang 3G dan pasang kartu baru 4G. Upayakan melakukan prosedur ini dalam satu ponsel atau satu perangkat hape (smartphone) yang sama.

4. Lakukan Panggilan Kepada 4949# dan Masukkan Kode OTP

Lakukan panggilan dengan cara menekan 4949# (Call) kemudian nanti diminta memasukkan kode OTP pada proses sebelumnya yang telah Anda terima, hapalkan atau catat.
Segera masukkan kode OTP Anda.
Tunggu respon atau balasan dari operator mengenai permohonan pengajuan perubahan kartu Anda.

5. Konfirmasi Proses Pergantian Kartu Berhasil

Selanjutnya, Anda akan mendapat pesan pemberitahuan dari 4949 mengenai perkembangan pengajuan ganti kartu 3G ke 4G berupa SMS:
Penggantian kartu 4G BERHASIL. Segera RESTART PONSEL Anda agar dapar dinikmati jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo
Jika Anda mendapat pesan seperti di atas, berarti pengajuan ganti kartu 3G ke 4G Indosat Ooredoo telah berhasil dan diminta segera me-restart ponsel.

6. Restart Ponsel Anda

Prosedur berikutnya setelah mendapat konfirmasi penggantian kartu 3G ke 4G berhasil, restart hape atau ponsel atau smartphone Anda. Setelah hape hidup kembali, Anda akan mendapat pesan singkat dari 4949 berupa:
Selamat datang di jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo. Nikmati jaringan 4G tercepat di Indonesia.
Pada periode sebelumnya, saat saya melakukan perubahan atau upgrade kartu Indosat Ooredoo ke 4G, ada bonus kuota 5GB yang diberikan 1x pada minggu berikutnya setelah proses ganti kartu. Kita bisa melakukan pengecekan bonus kuota melalui aplikasi MYIM3.

Adapun aplikasi MYIM3 dapat didownload melalui Playstore ataupun Apps Store. Setelah download dan instal, buka serta daftarkan/registrasi nomor HP di MYIM3. Berikutnya pelanggan akan mendapatkan kuota OTP untuk verifikasi dengan bonus quota 1GB.

Demikian tutorial mengganti kartu lama jaringan 3G ke simcard baru berjaringan 4G tanpa harus datang ke graphari apalagi ke ke Kantor pusat Indosat ooredoo di Jl. Medan Merdeka Barat No. 21 Jakarta 10110, Indonesia. Semoga bermanfaat.
Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Sri Kuncoro Suharno Putro

0 Response to "6 Langkah Mudah Mengganti Kartu Lama Indosat ooredoo"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel