E-Learning Madrasah Login Guru dan Siswa Gratis

E-learning Madrasah merupakan produk Kementerian Agama RI berupa aplikasi yang bersifat gratis sebagai sarana untuk menunjang proses pembelajaran pada jenjang Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dengan tujuan agar lebih terstruktur, menarik, serta interaktif.

E Learning Madrasah Login

Pada dasarnya E-learning Madrasah memiliki 6 (enam) role akses:
  1. Operator Madrasah (Administrator);
  2. Guru Mata Pelajaran;
  3. Guru Bimbingan Konseling;
  4. Wali Kelas;
  5. Peserta Didik atau Siswa;
  6. Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya)
Selain itu, pada E-Learning Madrasah juga terdapat beberapa layanan yang bisa dinikmati, yaitu: Materi Pengayaan, E-Learning itu sendiri, Madrasah Berbagi, dan Buku Digital.

Fitur Menu dan Layanan E-Learning Madrasah

Terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan untuk guru untuk menunjang proses belajar mengajar di kelas hingga bersosialisasi dengan guru madrasah di seluruh Indonesia. Berikut merupakan penjelasan fitur-fitur E-learning Madrasah untuk guru:
E Learning Madrasah Aliyah
Fitur E-learning Madrasah untuk Guru Aliyah Tsanawiyah Ibtidaiyah Raudatul Athfal:
No Menu / Fitur Deskripsi Menu atau Fitur
1 Forum Madrasah Menu ini berguna sebagai Media Sosialnya Madrasah di Indonesia. Dalam fitur ini, anda dapat berkomunikasi dan berbagi informasi antara guru dengan siswa
2 Ruang Kelas Menu ini berfungsi untuk membuat kelas baru. Kelas yang anda buat akan diikuti siswa yang harus anda ajar dalam satu semester dan tahun ajaran aktif
3 Kalender Akademik Menu ini menyajikan kalender akademik dalam satu ajaran. Anda dapat melihat agenda-agenda madrasah pada menu ini
4 Guru Berbagi Menu ini berguna sebagai wadah untuk berbagi ide atau gagasan serta materi pembelajaran. Materi yang anda bagikan dapat dipelajari oleh guru madrasah dan siswa seluruh Indonesia
5 Komunikasi Menu ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan guru lain dan mengirim pesan pribadi ke guru lain
6 Ruang Kelas Anda Panel ini merupakan fitur yang berguna untuk masuk ke ruang kelas yang telah anda buat
7 Berbagi Ide dan Gagasan Fitur ini dapat digunakan untuk berbagi ide dan gagasan. Anda dapat mem-posting gagasan anda, lalu guru lain dan siswa madrasah dapat berkomentar di dalam postingan anda
8 Daftar Siswa Pada panel ini anda dapat melihat seluruh siswa di madrasah anda
9 Daftar Guru Panel ini dapat digunakan untuk melihat seluruh guru di madrasah anda
10 Lihat Profil Anda Menu ini dapat digunakan untuk memperbaharui profil dan password akun E-learning anda
Sebagai bagian dari upaya Kementerian Agama mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, E Learning dihadirkan untuk memberikan berbagai layanan, diantaranya:

1. Layanan Kelas Online

Fitur kelas online pada E-Learning Madrasah menyediakan layanan dari dari awal proses pembelajaran berupa pembuatan standar kompetensi, RPP, materi pembelajaran, jurnal Guru, pengolahan penilaian harian KI-3 dan KI-4, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

2. Layanan Akses E-Learning

E-Learning Madrasah juga menyediakan akses login bagi unsur madrasah Operator Madrasah, Guru Mata Pelajaran, Siswa, Wali Kelas, Guru BK dan Supervisor ditingkat Aliyah, Tsanawiyah, Ibtidaiyah, maupun Raudatul Athfal di seluruh Indonesia kapanpun dan dimanapun.

3. Layanan Guru Berbagi

Fitur E-Learning Madrasah juga akan menampung kreatifitas Guru Madrasah baik ditingkat Aliyah, Tsanawiyah, Ibtidaiyah, maupun Raudatul Athfal di seluruh Indonesia. Fungsi ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling berbagi, belajar, dan beramal mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat.

4. Layanan Forum Komunitas Madrasah

Madrasah emang bisa ?
Pasti bisa, karena kini Madrasah memiliki media sosial untuk saling berkomunikasi antara Guru dan Siswa, saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan.

E-Learning Madrasah Login Guru dan Siswa

Halaman website e-learning madrasah dapat diakses menggunakan peramban melalui link berikut:
http://madrasah.kemenag.go.id/elearning
Untuk membuka link tersebut dapat dilakukan menggunakan beragam jenis aplikasi browser di komputer maupun PC, seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dan sebagainya. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuka halaman website e-learning madrasah:
  1. Buka browser di komputer, seperti: Chrome, Firefox, Microsoft Edge;
  2. Ketik link http://madrasah.kemenag.go.id/elearning di jendela browser;
  3. Kemudian tekan enter dan tunggu proses loading nya;
  4. Jika koneksi internetnya baik, maka akan muncul tampilan awal dari website e-learning madrasah.

A. E-Learning Madrasah Login Guru

Salah satu fungsi dari Aplikasi E-learning Madrasah adalah untuk memudahkan guru dalam mengatur timeline belajar, mengontrol perkembangan belajar peserta didik, membuat agenda dengan siswa, dan sebagainya secara on line.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan aplikasi ini, sebelumnya harus terdaftar sebagai guru di lembaga atau terdata pada sebuah madrasah. Anda bisa mengusulkan kepada operator madrasah sebagai pihak yang bertugas untuk mendaftarkan guru di aplikasi E-learning.

E Learning Madrasah Aliyah Login

Setelah terdaftar di aplikasi, guru dapat login pada aplikasi menggunakan NUPTK atau NIK dan password yang diperoleh dari operator madrasah. Berikut merupakan langkah-langkah login ke aplikasi:
  1. Buka halaman website E-learning Madrasah Anda. Khusus untuk E-Learning MTsN 1 Tegal beralamat di: http://e-learning-mtsn1tegal.ip-dynamic.net:8094/;
  2. Masukkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password pada form yang tersedia;
  3. Klik “Login E-Learning”;
  4. Setelah login, kemudian akan muncul tampilan awal dan di dalamnya terdapat panduan pengguna untuk memudahkan guru yang baru saja login aplikasi. Untuk mendapatkan panduan secara lengkap, klik “Selanjutnya” dan untuk melewati panduan, klik “Lewati”. Panduan lengkap juga dapat diunduh dalam bentuk Buku Panduan User melalui klik tombol "Download User Manual";
  5. Tampilan awal beranda E-learning Madrasah versi 1.4.1 untuk guru tampak pada gambar di atas.

B. E-Learning Madrasah Login Sebagai Siswa

E-Learning juga bisa dimanfaatkan oleh siswa madrasah aliyah, tsanawiyah, ibtidaiyah, dan raudlatul atfal sebagai medi belajar daring.

Seperti halnya dengan guru, siswa yang ingin memanfaatkan aplikasi ini juga harus terdaftar sebagai peserta didik di lembaga atau terdata pada sebuah madrasah. Anda bisa mengusulkan kepada operator madrasah sebagai pihak yang bertugas untuk mendaftarkan guru di aplikasi E-learning.

E Learning Madrasah CBT Siswa

Setelah terdaftar di aplikasi, siswa dapat melakukan login pada aplikasi menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN dan password yang diberi operator madrasah. Berikut merupakan cara sekaligus langkah-langkah bagi siswa untuk login ke E-Learning Madrasah:
  1. Buka halaman website E-learning Madrasah Anda. Khusus untuk MTsN 1 Tegal bisa diakses melalui website: mtsn1tegal.sch.id, kemudian pilih menu E-Learning atau untuk lebih mudahnya, silahkan copy dan paste kan tautan di bawah ini:
    http://e-learning-mtsn1tegal.ip-dynamic.net:8094 atau melalui http://36.80.188.6:8094
  2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN dan password pada form yang tersedia. (Khusus untuk MTsN 1 Tegal, NISN dan pasword bisa menghubungi wali kelasnya).;
  3. Klik “Login E-Learning”;
  4. Setelah login berhasil, kemudian akan muncul tampilan halaman awal dan di dalamnya terdapat panduan pengguna untuk memudahkan siswa yang baru saja login dan mengenal aplikasi. Untuk mendapatkan panduan secara lengkap, klik “Selanjutnya” dan untuk melewati panduan, klik “Lewati”;
  5. Siswa bisa melihat kelas dimana dia digabungkan oleh gurunya melalui beranda E-learning Madrasah. Selain itu, siswa juga bisa mengakses menu penilaian pengetahuan dan keterampilan, bahan ajar, tes berbasis komputer (CBT), serta dapat melakukan aktivitas pengumpulan tugas dan pengisian soal online.

C. Menjalankan Menu Aplikasi E-Learning Madrasah

Setelah berhasil Login E Learning Madrasah, maka guru dan siswa atau peserta didik dapat memanfaatkan fitur Forum Madrasah. Fitur ini bisa digunakan sebagai Media Sosial bagi Madrasah di Indonesia. Dalam fitur ini, kita dapat berkomunikasi dan berbagi informasi bersama dengan guru dan siswa. Berikut panduan untuk menggunakan fitur ini:
  1. Klik menu “Forum” pada E-Learning Madrasah, maka akan muncul tampilan timeline;
  2. Anda dapat berbagi informasi menggunakan teks ataupun gambar serta link menuju ke halaman tertentu, dengan menuliskan ide dan gagasan anda dalam form;
  3. Setelah itu, klik tombol “Kirim”.
  4. Postingan Anda akan dapat diakses untuk dibaca dan dikomentari oleh seluruh warga madrasah.
Semoga kehadiran E-Learning Madrasah dapat menjadi bagian dari penyemangat belajar sekaligus upaya peningkatan mutu pendidikan. Selamat mencoba...
Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Sri Kuncoro Suharno Putro

0 Response to "E-Learning Madrasah Login Guru dan Siswa Gratis"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel