Kafila International Islamic School Jakarta Bukan Pesantren Biasa

Kafila International Islamic School merupakan salah satu pesantren unggulan dan favorit di wilayah Jabodetabek. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peminat untuk menjadi santri di Pesantren Kafila yang senantiasa meningkat dari tahun ke tahun.


Kafila International Islamic School berlokasi alamat di wilayah perkotaan tepatnya di jalan raya Bogor Km 22 No 22 Rambutan Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Masyarakat lebih mengenal sebagai Pesantren Kafila, Ma'had Kafila atau sekadar menyebutnya dengan Kafila.
Kafila International Islamic School merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berbasis pesantren putra dengan menerapkan beasiswa penuh bagi 80% santrinya yang kurang mampu. 
Kafila International Islamic School juga disebut dengan Islamic Boarding School (IBS) yang berkurikulum syari'ah berupa program pendidikan dengan memadukan akhlak (melalui asrama) - sains (sekolah) dan menghafal Qur'an (tahfidz).

Sejarah Kafila International Islamic School

Kafila International High School secara resmi didirikan pada tanggal Didirikan 4 Juli 2005 oleh Ir. H. Abdullah Mas'ud dan Ust. Masrur Syamhari dengan dibantu oleh Haji Agus. Langkah awal yang mereka lakukan adalah dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Kafila School untuk anak-anak jalanan dan yatim piatu. Hingga pada perjalanannya H. Agus kemudian berperan menjadi pembina lembaga tersebut.

Yayasan Kafila Thoyiba

Yayasan Kafila Thoyiba secara resmi berdiri pada 23 Juni 2005 berdasarkan Akta Notaris No 9, Elva Arminiaty, SH, di Jakarta. Legalitas Kafila Thoyiba juga diperkuat dengan Surat Keputusan Menkumham RI bernomor C-1347 HT.01.02.TH 2005 tertanggal Agustus 29 tahun 2005.

Kemudian sejak Juli 2006, Yayasan Kafila Thoyiba yang menaungi Kafila School membuka pesantren dengan program unggulan Tahfidz Al Qur'an dan Bahasa Arab sebagai program unggulan.
Santri angkatan pertama Pesantren Kafila berjumlah 15 anak yang direkrut dari daerah Jakarta, Bogor, Bandung, Cilacap, Magelang dan Yogyakarta.
Pada tahun 2007, dilakukan perubahan nama dari Kafila School menjadi Kafila Islamic School dan untuk memperkuat school identity. Kemudian tahun 2008, disempurnakan lagi menjadi Kafila International Islamic School dan dikukuhkan sebagai nama resminya.

Pada awalnya, Yayasan Kafila Thoyiba berupaya menyelenggarakan pendidikan bebas biaya dengan mengembangkan Unit-Unit Usaha sebagai Profit Center dalam bendera "Kafila Group". Beberapa perusahaan yang menopang perjalan Kafila International Islamic School (KIIS) diantaranya adalah:
  • PT. Oilrig Bina Mas Pratama (OBP),
  • PT. Baasithu Boga Service (BBS),
  • PT.  Excelsior Strategi Mandiri,
  • PT. Sahara Kafila Wisata,
  • PT. Kafila Pelita Sukses (KPS),
  • Koperasi Kafila Thoyiba, dan
  • Kafila Sport Center (KSC).
Unit usaha tersebut berupa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti: travel umrah dan haji, koperasi simpan pinjam, layanan katering dan laundry perusahaan, bengkel mobil, agen tiket hingga pengeboran dan distribusi migas.

Pada Maret 2009, Pesantren Kafila menerima Sertifikat ISO-9001:2008 dari Gubernur Jakarta saat itu, Fauzi Bowo. Sebagai wujud komitmen perbaikan sekaligus implementasi ISO-9001:2008, dilakukan pengembangan program di lingkungan Pesantren Kafila secara terus menerus.

Penataan organisasi sebagai bentuk Management Representative (QMR) terus dilaksanakan untuk menemukan formula manajemen pesantren yang tepat efektif, dan efisien. Hingga akhirnya, Struktur organisasi dirapikan dengan menetapkan tiga core process (proses utama) pendidikan, yaitu:
  1. Akhlak dan kepemimpinan di asrama;
  2. Pengetahuan dan keterampilan di sekolah;
  3. Menghafal Al Qur'an atau tahfidzul Qur'an
Setiap core process tersebut di atas dipimpin oleh seorang wakil direktur yang menjabat Wakli Direktur Bidang Keasramaan; Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Pengajaran; serta Wakil Direktur Bidang Tahfidzul Qur'an. Core Process tersebut merupakan dasar program pendidikan Pesantren Kafila yang diimplementasikan hingga saat ini.

Dua jenjang pendidikan yang berada di bawah naungan Pesantren Kafila International Islamic School (KIIS) yakni Madrasah Tsanawiyah atau MTs Al-Kahfi dan Madrasah Aliyah (MA) Kafila.

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Kahfi

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Kahfi, didirikan pada tanggal 7 April 1987 oleh Yayasan Al-Kahfi, dengan piagam pendirian No. DWJ/MTs/1986/1994 dibawah naungan Departemen Agama dengan SM: 121231750001. Kemudian tahun 2006 manajemen MTs.Al-Kahfi dikelola oleh Yayasan Kafila Thoyiba.

Mulai tahun pelajaran 2006/2007, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Kahfi membuat konsep baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu perubahannya adalah membuka pendaftaran untuk pendidikan formal dengan beasiswa pendidikan selama 3 tahun. Yayasan Al-Kahfi sendiri dalam penyelenggaraan pendidikan formalnya dilakukan secara mandiri sekaligus menyediakan pembinaan asrama bagi para siswa (Boarding School).

Madrasah Aliyah (MA) Kafila

Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) Kafila berdiri secara resmi pada tanggal 18 Juli 2009 di bawah naungan Yayasan Kafila Thoyiba. Adapun legalitas MA Kafila berupa piagam pendirian no. KW.09.4/4/HK.00.5/741/2011 oleh Departemen Agama dengan NSM: 131231750022 sebagai dasar hukumnya.

Profil Kafila International Islamic School Jakarta

Berupaya mengembangkan pendidikan di lingkungan Pesantren Kafila, maka disediakan dua jenjang madrasah, yaitu MTs Al Kahfi dan MA Kafila.

Visi dan Misi serta Tujuan Kafila Islamic International School

Visi Pesantren Kafila International Islamic School
Menjadi lembaga pendidikan Islam International yang unggul, maju dan terpandang.
Misi Pondok Pesantren Kafila International Islamic School
Membina peserta didik untuk menjadi generasi Ahlusunnah wal Jama'h yang berjiwa wirausaha dan berwawasan global.
Tujuan didirikannya Ma'had Kafila International Islamic School
Menjadi sebuah lembaga pendidikan Islam yang berkualitas International merupakan dasar dan cita-cita Ma'had Kafila. Sebagai upaya untuk mewujudkan Visi, maka Kafila International Islamic School memiliki berharap dapat untuk membantu mengembangkan dan mengarahkan peserta didik agar memiliki tiga karakter, yaitu:
  1. Beraqidah Ahlussunnah wal Jama'ah;
  2. Memiliki jiwa wirausaha;
  3. Berwawasan global.
Kebijakan Mutu Pesantren Kafila Interntional Islamic School Jakarta
Dalam mencapai Visi dan Misi, keluarga besar Ma'had Kafila bekerja dengan prinsip-prinsip :
  1. Komitmen pada upaya peningkatan mutu yang terus-menerus sebagai salah satu bentuk ibadah terbaik kepada Allah SWT;
  2. Islamisasi melalui integrasi kurikulum syar'i dan kauniy serta pendidikan karakter;
  3. Inovasi dalam metode pendidikan dan peningkatan kompetensi guru;
  4. Semangat dalam mewujudkan kepuasan pelanggan.

Kurikulum Pesantren Kafila Intenational Islamic School

Inovasi yang terus menerus dibidang akademik dan kurikulum dilakukan KIIS dengan mengintegrasikan Ilmu-ilmu Kauniyah dan Diniyah untuk pembelajaran yang lebih mudah, menyenangkan dan efektif. Kurikulum KIIS terbagi menjadi dua dengan menyesuaikan kondisi Pondok Pesantren dan Madrasah yang dikemas dalam bentuk:
  1. Kurikulum Pesantren/Asrama yang didasarkan atas program-program pengembangan santri dalam pembangunan karakter pribadi muslim yang mandiri dan matang dalam berfikir;
  2. Kurikulum Akademik dengan Program Pendidikan selama 6 (enam) tahun yang merupakan perpaduan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional sesuai dengan visi, misi serta internalisasi nilai-nilai keislaman.
Pesantren KIIS juga berupaya maksimal untuk melaksanakan pembiasaan hidup displin, mandiri, peduli, bersih, dan sehat berdasarkan syariat. Selain itu, kesadaran untuk melaksanakan ibadah berdasarkan pemahaman yang benar juga menjadi pola pembentukan karakter di Ma'had Kafila.

Output Santri Kafila International Islamic School

Setelah menyelesaikan masa studi di Kafila International Islamic School, diharapkan santri-santri KIIS memiliki komptensi kepribadian, akademik, dan life skill sebagai berikut:
1. Kompetensi Keislaman
  • Aqidah ahlussunnah waljama’ah;
  • Hafal al quran minimal 20 juz (Boarding School), 5 juz (Fullday School);
  • Hafal 100 al hadits pilihan;
  • Memahami siroh nabawiyah dan sejarah islam dengan baik;
  • Memahami fiqh dasar Imam Syafi’i;
  • Rajin beribadah sesuai sunnah;
  • Memiliki budaya 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun );
  • Memiliki 10 Karakter kepribadian muslim;
  • Mampu Mengurus Jenazah;
2. Kompetensi Akademik
  • Lulus UN dengan hasil yang baik;
  • Diterima di Perguruan Tinggi berkualitas (dalam dan luar negeri);
  • Menguasai 2 bahasa asing (Arab dan Inggris) dengan baik;
  • Terampil menggunakan teknologi sebagai sumber pembelajaran;
  • Memiliki kemampuan penyusunan laporan kegiatan.
3. Kompetensi Life Skill
  • Hidup bersih dan sehat;
  • Mempunyai jiwa leadership dan entrepreneurship;
  • Memiliki semangat dakwah tinggi;
  • Menguasai beladiri thifan;
  • Memiliki kemandirian yang baik

Fasilitas Pesantren Kafila International Islamic School Jakarta

Lingkungan yang nyaman lokasinya cukup strategis dan bisa membantu meringankan beban biaya sekolah yang masuk di KIIS. Ma'had Kafila menyelenggarakan pendidikan formal secara mandiri untuk tingkat tsanawiyah (MTs) dan aliyah (MA) dengan fasilitas yang disediakan diantaranya:
  • Gedung kelas yang terdiri dari 4 (empat) lantai, dengan ruang yang dilengkapi AC, LCD Proyektor dan CCTV
  • Laboratorium Komputer dengan layanan internet
  • Laboratorium IPA
  • Perpustakaan
  • Sarana Olah Raga (Futsal, Bulu Tangkis dan Tenis Meja)
  • Dapur santri yang representative
  • Laundry pakaian santri
  • Kantin
  • Pelayanan Ambulance
  • Gedung KIIS
  • Kegiatan Belajar Mengajar
  • Lapangan Olahraga (Kafila Sport Center), meliputi: futsal, bulu tangkis, basket, dll.
Fasilitas lain yang disediakan di Pesantren Kafila International Islamic School Jakarta antara lain:
1. Bea siswa, yang meliputi:
  • Seragam*
  • Buku Pelajaran,
  • Makan,
  • Beasiswa Asrama,
  • Sekolah.
*) Hanya untuk siswa yang kurang mampu

2. Asrama yang dilengkapi berbagai fasilitas pada tiap kamarnya
Kafila Islamic School memiliki dua bangunan fisik asrama yang merupakan tempat di mana seluruh santri dan para ustadz tinggal. Manajemen kegiatan asrama ditangani oleh pembina asrama di bawah Wakil Direktur Bid. Keasramaan.

Program Pendidikan Kafila International Islamic School

Kafila International Islamic School menyelenggarakan program jenjang pendidikan selama enam tahun yang terdiri dari MTs (Madrasah Tsanawiyah, setara SMP) dan MA (Madrasah Aliyah, setara SMA). Para santri diberikan beasiswa yang meliputi:
  1. Beasiswa asrama, air, dan listrik;
  2. Beasiswa konsumsi;
  3. Beasiswa pendidikan di sekolah;
  4. Beasiswa kegiatan akademik
Pengajar yang kapabel di bidangnya Tiga ranah yang menjadi ujung tombak pembinaan santri berada dalam koordinasi:
  1. Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Pengajaran bertanggung jawab mengelola kegiatan belajar mengajar dalam sekolah formal baik di MTs maupun MA.
  2. Wakil Direktur Bidang Asrama memiliki tugas mengawal santri sebagai peserta didik atau pun siswa dalam pelaksanaan program pembinaan dalam kehidupan sehari-hari
  3. Wakil Direktur Bidang Al Qur'an mendesain program tahfidz untuk siswa sehingga diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam bidang hafalan Al Qur'an.

Program Pengembangan dan Ekstrakurikuler KIIS

Selain menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan belajar santri, Kafila International Islamic School juga menyelenggarakan berbagai program pengembangan pendidikan. Program pengembangan tersebut diantaranya berupa Studi Ekskursi, Outbound, Muhadharah, dan Big Assembly. Adapun program unggulan dan kegiatan ekstrakurikuler KIIS berupa:

A. Bilingual
Kafila International Islamic School Jakarta memiliki dua program unggulan, yakni: Tahfidzul Qur'an dan Bahasa Internasional (Arab dan Inggris). Program tahfidz Al Quran dengan metode halaqah (kelompok) dibawah bimbingan seorang musyrif, adalah untuk memastikan hafalan baik, benar dan sesuai dengan hukum tajwid dan qiroah.

Sistem yang diterapkan pada Tahfidzul Qur'an jenjang MTs adalah menekankan strategi menghapal Al Qur'an (10 juz) disertai dengan program bahasa Internasional. Sedangkan pada tingkat MA, ditekankan pada penguasaan Bahasa Arab-Inggris tingkat mahir yang disertai juga dengan Tahfidzul Qur'an (10 Juz).

B. Nasyattulabiy/Ekstrakurikuler
Kafila memberi kesempatan kepada para santri untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui kegiatan Ekstrakurikuler sekaligus untuk menunjang prestasi. Jenis ekstrakurikuler yang diselenggarakan berupa kegiatan yang memberi manfaat kepada santri, seperti:
  • Seni bela diri "TIFAN "
  • Karya Ilamiah Remaja
  • Jurnalistik
  • Santri Pecinta Alam/Kepanduan
  • Blogger Community
  • Kinematika (Komunitas Studi Sains dan Matematika)
  • Komunitas Santri Telematika
  • Olahraga futsal, badminton
  • Life skill
Program ekstrakurikuler di Kafila International Islamic School berada di bawah tanggung jawab Departemen Pengembangan Bina Prestasi.

Prestasi Siswa Kafila International Islamic School Jakarta

Hingga tahun 2016, berbagai prestasi telah ditorehkan oleh santri Kafila dari berbagai ajang, baik bahasa, sains, maupun bidang Al Qur'an. Adapun prestasi para Santri Kafila School, diantaranya:

Prestasi Dibidang Sains:

  1. Meraih Medali Emas dalam Fakhrudin Ar Razi Competition;
  2. Meraih Medali Emas dalam Festival Matematika (FESMA);
  3. Meraih Medali Perunggu BPNCIMS;
  4. Meraih Medali Perungu Fisika dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2012;
  5. Meraih Medali Emas Matematik dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2014 dan (penghargaan The Best of Theory), medali perak biologi;
  6. Meraih Medali Emas Fisika Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2015;
  7. Juara 1 CSSMora Health and Medical Olympiad (CHEMO) 2015 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dll.

Prestasi Dibidang Bahasa :

  1. Meraih Medali Emas dan The Best High School Participant of Spelling Bee di AEO (Asian English Olympics)
  2. Juara 1 Olimpiade Bahasa dan Seni Arab Tingkat Nasional
  3. Juara Umum dalam Gebyar Apresiasi Mahakarya UNJ, dll.

Prestasi Dibidang Al Quran:

  • Juara 1 MHQ Amir Sulthan bin Abdul Aziz tingkat Nasional 2011 (Juara 1);
  • Juara 2 MHQ Amir Sulthan bin Abdul Aziz tingkat Nasional 2015 (Juara 2);
  • Juara 2 MHQ tingkat Nasional Masjid Abu Bakar 2015 (Juara 2);
  • MHQ Amir Sulthan bin Abdul Aziz tingkat Nasional 2016 (Juara 2), dll.

Alumni Kafila International Islamic School Jakarta

Setelah meluluskan beberapa angkatan santri sejak tahun 2012, alumni KIIS telah diterima di beberapa perguruan tinggi favorit dan terkemuka baik tingkat nasional maupun internasional, diantaranya sebagai berikut:
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Padjajaran (UNPAD)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • Universitas Brawijaya (UNIBRAW)
  • Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  • Universitas Negeri Lampung (UNILA)Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  • Universitas Andalas (UNAND)
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN JAKARTA)
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • LIPIA Jakarta Cabang Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud Arab Saudi di Indonesia
  • Ma'had Ali Ar Rayah Sukabumi
  • Beasiswa STEI Tazkia Bogor
  • Ummul Quro' University, Makkah, Saudi Arabia
  • Islamic University of Madinah, Saudi Arabia
  • Seunmoon University, Korea Selatan (diterima, proses keberangkatan)
  • Eskisehir Osmangazi University, Turki
  • Fatih Sultan Mehmet Vakif Üniversitesi,Turki
  • Universitas Al-Azhar, Mesir

Biaya Sekolah Kafila International Islamic School

Bagi yang berprestasi dan tidak mampu, KIIS menyediakan fasilitas beasiswa untuk para santri atau peserta didiknya. Hal ini tidak berarti Ma'had Kafila membebaskan semua santri dari biaya pendidikan.
BIAYA PENDIDIKAN KAFILA
BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM REGULER BOARDING SCHOOL KAFILA IIS JAKARTA
Periode
Pendaftaran
Pembiayaan Jalur Reguler Boarding School
Waktu Pendaftaran Uang Gedung SPP, Awal Tahun, dan Daftar Ulang
Gelombang I 20 Agustus s/d 31 Oktober 2018 Rp. 35.000.000 SPP: 3.000.000
Biaya Kegiatan Awal Tahun
Rp. 8.126.000
Biaya Daftar Ulang Per Tahun
Rp. 5.000.000
Gelombang II 1 November s/d 31 Desember 2018 Rp. 40.000.000
Gelombang III 1 Januari 2019 s/d 30 Maret 2019 Rp. 45.000.000
BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM REGULER FULLDAY SCHOOL KAFILA IIS JAKARTA
Periode
Pendaftaran
Pembiayaan Jalur Reguler FulldaySchool School
Waktu Pendaftaran Uang Gedung SPP, Awal Tahun, dan Daftar Ulang
Gelombang I 20 Agustus s/d 31 Oktober 2018 Rp. 30.000.000 SPP: 1.700.000
Biaya Kegiatan Awal Tahun
dan Buku Rp. 5.950.000
Biaya Daftar Ulang Per Tahun
Rp. 3.000.000
Gelombang II 1 November s/d 31 Desember 2018 Rp. 35.000.000
Gelombang III 1 Januari 2019 s/d 30 Maret 2019 Rp. 40.000.000

Pendaftaran Santri Baru (PSB) KIIS

Kafila International Islamic School, merupakan pesantren modern dengan manhaj ahlussunnah wal jamaah yang memadukan kurikulum umum dan diniyah, serta tahfidz Al Qur'an.


Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Santri Baru Pesantren Kafila

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan putra anda menjadi santri di Kafila International Islamic School, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi, diantaranya:
  1. Laki-laki;
  2. Usia maksimal 14 Tahun untuk pendaftar MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan 17 tahun untuk pendaftar MA (Madrasah Aliyah).
  3. Nilai Rata-rata rapor calon santri Madrasah Tsanawiyah (MTs): kelas IV – VI semester I SD, minimal 7 pada mapel IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia;
  4. Nilai Rata-rata rapor calon santri Madrasah Aliyah (MA): kelas VII – IX semester I MTs/SMP, minimal 7 Pada mapel IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
  5. Mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan lancar;
  6. Hafal minimal 10 juz untuk pendaftar MA (Madrasah Aliyah);
  7. Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah persyaratan dokumen :
  • Foto berwarna calon santri (resolusi minimal 5 megapixel, besar file-nya maksimal 1mb/1000kb)
  • Foto rumah (tampak luar & dalam)
  • Scan Akta Kelahiran
  • Scan Kartu Keluarga
  • Scan KTP orang tua
  • Scan surat keterangan sehat
  • Scan slip gaji pegawai atau karyawan
  • Scan SKTM (Surat keterangan tidak mampu) bagi yang tidak mampu.
  • Bagi pendaftar MTs, sertakan scan Rapor kelas IV sampai dengan kelas VI (semester 1) dan Halaman depan Rapor (data diri).
  • Bagi pendaftar MA, sertakan scan Rapor kelas VII sampai dengan kelas IX (semester 1) dan Halaman depan Rapor (data diri).
  • Scan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari madrasah atau sekolah.
Membayar biaya pendaftaran Rp. 250.000
Program Beasiswa terbatas berdasarkan kuota daerah

Alur Pendaftaran Kafila International Islamic School

Alur pendaftaran peserta didik atau siswa ataupun santri Kafila International Islamic School Jakarta adalah sebagai berikut:
  1. Calon Santri/Wali membuat akun di website psb.kafila.sch.id;
  2. Calon Santri/ Wali melengkapi informasi melalui website psb.kafila.sch.id dan mengunggah (upload) dokumen terkait;
  3. Calon Santri/Wali yang dinyatakan lulus administrasi akan mengikuti proses selanjutnya. Pemberitahuan dapat diakses di website psb.kafila.sch.id;
  4. Calon Santri mengikuti tes Al-Qur'an, psikotes dan tes akademik sesuai jadwal;
  5. Calon Santri yang dinyatakan lulus tes Al-Qur'an, psikotes dan tes akademik akan mengikuti proses karantina di Kafila International Islamic School Selama 4 hari
Ponpes modern bersih terlihat dari cara meletakkan sendal dan sepatunya yang tertata rapi serta dijaga dengan baik. Selain itu, pola tradisional juga diterapkan dengan mengajak para santri sekaligus mengajarkan kebersamaan untuk makan menggunakan penampan seperti makan nasi kebuli. Kafila International Islamic School merupakan referensi tepat bagi anak anak berprestasi, khususnya kaum dhuafa (tidak mampu), untuk melanjutkan pendidikan.

Jika Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Kafila International Islamic School, silahkan hubungi melalui nomor kontak telpon di 021-8400762 atau mengunjungi website resminya.

Pict by: Dahlia Erna Elviana

Subscribe to receive free email updates:

Kunjungi Artikel Matsan Saga Lainnya :

0 Response to "Kafila International Islamic School Jakarta Bukan Pesantren Biasa"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...