Term Or Reference dan Laporan Pelaksanaan Matsama Virtual

Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau biasa disebut sebagai Matsama merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan lingkungan madrasah baik secara fisik maupun psikologis kepada peserta didik baru.

Di musim pandemi virus Covid-19, penyelenggara pendidikan dituntut untuk kreatif dan melakukan banyak inovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, termasuk Matsama. Oleh karena itu, perlu optimalisasi fungsi dari teknologi komputer, internet, dan telekomunikasi untuk mendukungnya. 

Jasa Live Streaming

Guna mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah, kami posting Term Of Reference atau TOR yang sekaligus bisa diolah menjadi Laporan Pelaksanaan Matsama Virtual di lingkungan Madrasah.

Term Of Reference (TOR) Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTs Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021

Matsama Virtual
Kementerian Negara/LembagaKementerian Agama
Unit EselonDitjen Pendidikan Islam
ProgramPendidikan Islam
HasilTercapainya Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Peserta didik
Satuan KerjaMTs Negeri 1 Tegal
KegiatanPengenalan Lingkungan Madrasah
Indikator Kinerja KegiatanTerlaksananya kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah
Satuan Ukur dan Jenis KeluaranRupiah
Volume1 Kegiatan

A. Latar Belakang

  1. Sesuai dengan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Matsama ditetapkan sebagai upaya memfasilitasi peserta didik baru mengenal karakteristik jenjang pendidikan barunya yang meliputi: lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun pembelajaran yang nanti akan dihadapi;
  2. Kegiatan Matsama menjadi bagian dari aktivitas rutin sebagai upaya regenerasi yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dan merupakan rangkaian dari pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB);
  3. Sebagai upaya adaptasi perkembangan mental serta psikologis peserta didik baru terhadap perbedaan tahap atau tingkatan pendidikan yang tempuh, maka perlu dilaksanakan Matsama. Hal ini juga merupakan upaya penyesuaian terhadap perubahan kebiasaan lingkungan akademiknya yang baru.
  4. Sesuai dengan Program Kerja Pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Masa Bakti 2020/2021, kegiatan Matsama dilakukan untuk menyambut kehadiran para peserta didik baru MTs Negeri 1 Tegal;
  5. Sesuai dengan anjuran Pemerintah mengenai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

B. Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasonal Pendidikan;
  3. Surat dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor: B.1072/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2020, Tanggal 17 Juni 2020 tentang Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun 2020;
  4. Panduan Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2020/2021.

C. Penerima Manfaat

Penerima manfaat dari kegiatan Matsama Virtual adalah civitas akademik MTs Negeri 1 Tegal, terutama peserta didik baru kelas VII, menjadi lebih saling mengenal.

Strategi Pencapaian Keluaran

Melalui kegiatan Matsama Virtual, diharapkan dapat memberi manfaat dalam pembentukan karakter Peserta Didik yang bertanggung jawab, disiplin dan mematuhi tata tertib madrasah. dapat mengenal lingkungan di sekitar madrasah sehingga menimbulkan rasa memiliki dan merupakan bagian dari MTs Negeri 1 Tegal.

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Matsama Virtual MTs Negeri 1 Tegal diikuti oleh 352 sebagai peserta didik baru kelas VII yang terbagi dalam 11 rombongan belajar yang terdiri dari Kelas Putra (Tahfidz1, Sains1, A, B, dan C) serta Kelas Putri (Tahfidz2, Sains2, D, E, F, dan G).

Waktu Pelaksanaan Matsama Virtual

Waktu Pelaksanaan Matsama Virtual

HariSenin s.d Rabu
Tanggal13 - 15 Juli 2020
WaktuPukul 07.30 -12.00

Tempat Pelaksanaan Matsama Virtual

Bagi Pemateri, proses perekaman video dan live streaming dilakukan di Laboratorium Komputer dan Aula MTsN 1 Tegal sebagai studio. Sedangkan Peserta Didik dapat mengikuti Matsama Virtual di rumah masing-masing dengan menggunakan gadget (smartphone maupun komputer) yang terhubung dengan jaringan Internet (Pembelajaran Daring / Online).

F. Bentuk Dan Materi Kegiatan Matsama Virtual

Matsama virtual merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah yang dilakukan secara online atau daring dengan menampilkan video, foto, serta bentuk informasi lain yang disampaikan dalam kemasan multimedia.

Materi Matsama Virtual

Kegiatan Matsama Virtual ini diisi dengan beberapa materi yang bertujuan membantu peserta didik baru agar mengenal dan terbiasa berada di lingkungan MTsN 1 Tegal. Adapun materi Matsama Virtual diantaranya:

  • Pengenalan Lingkungan,
  • Sejarah dan Profil Madrasah,
  • Materi Kesiswaan,
  • Materi Akademik,
  • Cara Pembelajaran Daring,
  • Materi Sarana Prasarana,
  • Pengenalan Guru dan Karyawan,
  • Interaksi Peserta Didik,
  • Materi Keagamaan,
  • Pengenalan Kegiatan Ekstra Kurikuler,
  • Tata Krama dan Tata Tertib.

Platform yang digunakan untuk menyampaikan materi adalah Youtube baik dengan Premiere maupun live streaming. Rekap daftar hadir peserta didik serta evaluasi dan pengumpulan tugas dilakukan dengan memanfaatkan Google Form.

G. Pembiayaan

Biaya yang diperlukan untuk kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang diikuti oleh Peserta didik Kelas VII MTs Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 berasal daftar isian dari dana DIPA Tahun Anggaran 2020.

H. Penutup

Hal-hal yang belum tercantum dalam TOR ini, akan diatur kemudian dan disesuaikan dengan kebutuhan serta perundang-undangan yang berlaku.

Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Follow: FB | IG | Ld | Pt | WA | YT

0 Response to "Term Or Reference dan Laporan Pelaksanaan Matsama Virtual"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel