6 Kemampuan untuk Menjadi Drummer yang Baik dan Profesional

Drumer atau pemain drum merupakan salah satu formasi personil dalam sebuah band yang memainkan set alat musik ritmis pukul. Drum set sendiri terdiri dari berbagai jenis instrumen baik membranophone (snare, bass, tom) dan idiophone (simbal, cowbell, hi hat, triangle). Meski tidak berderet nada, namun drum memiliki peran penting untuk menjaga keselarasan permainan musik.


Untuk menjadi seorang Drummer yang baik dan profesional, dibutuhkan beberapa kemampuan mendasar baik yang berkaitan dengan teknik permainan maupun karakter pribadi. Berikut ini beberapa unsur yang diperlukan untuk menjadi pemain drum yang baik dan profesional:

1. Leadership (Kepemimpinan) Drummer dalam Harmonisasi Musik

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa Drummer tidak memiliki banyak peran dalam permainan musik karena mereka duduk di bagian belakang dan paling akhir. Namun sejatinya Drummer memiliki peran dalam menentukan irama, ketukan, dan tempo (cepat lambatnya) lagu.
Keberadaan Drummer sangat penting karena dapat membantu personil lainnya menemukan harmonisasi agar musik yang dihasilkan dapat memberikan kenyamanan bagi penikmat atau pendengar.
Jika ingin menjadi Drummer yang baik, maka mulailah menemukan jati diri sebagai pemimpin dan menerapkannya.

2. Kemampuan Managerial (Mengatur) Drummer Menjaga Tempo dan Ketukan 

Di tengah permainan yang membutuhkan stamina tinggi untuk memukul alat, Drummer dituntut memiliki kemampuan dan konsistensi agar tetap stabil dalam menjaga tempo dan ketukan agar senantiasa selaras dengan irama.
Jadi, selain dituntut untuk mampu mengkoordinasi personel menghasilkan irama yang harmonis, Drummer juga harus bisa mengatur strategi agar tenaganya tetap terjaga. Termasuk dalam hal mengelola pukulan dengan sedikit tenaga, namun tepat dan menghasilkan power tinggi.
Jika ingin menjadi Drummer profesional, maka mulailah menyisihkan egosentris untuk dapat bekerjasama dengan personil lain dalam menemukan harmonisasi bermusik.

3. Intrepedity (Keberanian) Drummer Mengalahkan Rasa Takut

Pemain drum yang baik harus memiliki keberanian untuk memainkan banyak perangkat dan menggunakan tenaga serta gerakannya dalam satu permainan.
Selain itu, Drummer juga harus mampu mengalahkan rasa takut saat menghadapi permaninan musik dengan beragam jenis tempo dan dinamika.
Jika ingin menjadi drummer profesional, maka Anda harus berani bermain ringan, berani bermain keras, berani bermain lambat, berani bermain cepat, bahkan berani untuk memilih bermain atau tidak bermain drum saat ini. Keberanian ini akan menempa dan menjadikan Anda memiliki performa yang variatif.

4. Intelegensi (Kecerdasan) Melakukan Sinkronisasi Otak Kanan dan Kiri

Berbeda dengan personil lainnya (Bassis, Gitaris, Keyboardis yang menghadapi satu alat), Drummer harus mampu mengkolaburasikan kedua tangan dan kaki dalam gerakan yang selaras.
Saat kedua tangan bermain dengan stik, kedua kaki pun mensupport dengan menekan pedal. Bukan hanya itu, pemain drum juga harus mampu memilih teknik dan dinamika yang tepat untuk dimainkan sesuai dengan irama serta kondisi audiens saat perform.
Kemampuan tersebut merupakan bagian dari kecerdasan untuk membagi sekaligus melakukan sinkron antara otak kanan dan kiri. Oleh karena itu, selain jiwa seni, dibutuhkan juga kecerdasan otak untuk menjadi seorang Drummer.

5. Kemapuan Adaptasi (Penyesuaian) Pada Berbagai Genre dan Komunitas

Selain dituntut untuk memiliki banyak teknik dan variasi ketukan, Drummer juga harus mampu menyesuaikan diri bersama komunitas baru dengan cepat. Termasuk menyesuaikan teknik permainan dengan genre yang variatif.
Jadi, Drummer boleh berkiblat pada satu genre. Namun untuk meningkatkan skill, perlu referensi dan beradaptasi dengan berbagai genre.
Lebih penting lagi, Drummer yang baik tidak boleh merendahkan genre lainnya dan Drummer profesional mampu memainkan banyak genre. Hal ini juga bertujuan agar Drummer dapat diterima pada berbagai komunitas.

6. Integritas Sebagai Lambang Dedikasinya Pada Musik

Integritas merupakan salah satu sikap yang memadukan kemampuan berpikir, berkata, berperilaku, serta bertindak jujur dan konsisten.
Integritas juga berkaitan erat dengan sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan utuh hingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan mutu serta kewibawaan.
Pada konteks ini, komitmen kebersamaan Drummer dengan personil lainnya dalam berjuang di ranah musik sangat dibutuhkan.

Belajar dari interaksi selama bermain musik serta pengalaman perform diberbagai even dan kota, Admin Matsansaga (Komukote) menitik beratkan pada atitude sebagai unsur terpenting dan menentukan karier sebagai musisi termasuk Drummer.
Kuncoro Apa yang engkau ketahui tentang aku adalah ***KELEMAHANKU***
Apa yang belum engkau ketahui tentang aku adalah ~Keraguanku~
Apa yang tidak engkau ketahui tentang aku adalah kebaikanku.
Sri Kuncoro Suharno Putro

0 Response to "6 Kemampuan untuk Menjadi Drummer yang Baik dan Profesional"

Post a comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel