Daihatsu New Tanto Pioner Mobil Berbasis DNGA

Daihatsu kembali melakukan launching produk terbaru dari Tanto Custom pada awal Juli lalu di Jepang. Mobil mungil ini merupakan pioneer kendaraan produk Daihatsu yang pertama menerapkan desain platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Teknologi canggih yang diterapkan pada New Tanto didaulat kompatibel untuk sepuluh tahun mendatang. Sederet keunggulan dimiliki New Tanto diantaranya adalah kemampuannya untuk berjalan stabil dan solid saat melakukan manuver di jalan kota yang sempit.

Performa New Tanto Custom

New Tanto dibekali mesin berkapasitas 660cc (official 658cc) dengan tipe KF DOHC yang dilengkapi dilengkapi turbo intercooler dan 3 Silinder serta 12 valve (katup). Menggunakan bahan bakar gasolin atau bensin dengan konsumsi yang cukup hemat, yaitu rata-rata 26 km/Liter.


Tanto Custom juga dilengkapi dengan fitur keamanan (safety feature) seperti: Smart Assist III (merupakan singkatan atau akronim dari Advanced Safety Technology) dan Active Safety (VSC, TRC, ABS, ESS) untuk menambah keamanan berkendara.
Fitur Smart Assist pada Tanto Custom merupakan kemampuan untuk mendeteksi keberadaan benda di depan atau di belakangnya kemudian kendaraan akan menyesuaikan kecepatannya.
Teknologi Smart Assist yang melengkapi Daihatsu Tanto merupakan generasi terbaru dengan beragam sistem keamanan dan keselamatan yang lebih lengkap. Salah satu teknologi canggih pada fitur ini, yaitu kemampuan untuk dapat mendeteksi dan mencegah atau meminimalisir resiko benturan pada kendaraan dan pejalan kaki dengan dukungan sistem pengereman darurat secara otomatis. Fitur cerdas ini tentu saja dapat memberikan kenyamanan serta akan membantu keamanan bagi pengendara dan penumpangnya.

Jenis kemudi tersedia dalam dua pilihan 2WD (Penggerak dua roda di bagian belakang) dan juga 4WD (Penggerak Empat Roda). Posisi setir kendali berada di sebelah kanan mobil (drive tangan kanan). Tipe transmisi menggunakan mode otomatis sehingga menjadikan New Tanto Custom nyaman dan cocok digunakan untuk manuver jalanan perkotaan atau perumahan yang dengan akses jalan sempit.

Desain Eksterior dan Interior Tanto Custom

Tampilan desain interior dan eksterior Tanto Custom dibuat style yang elegant. Memiliki bentuk tubuh seperti MPV Luxio dengan 5 (lima) pintu, namun hanya berkapasitas ideal 4 (empat) penumpang. Jenis kendaraan ini sangat cocok digunakan bagi kalangan muda dan keluarga muda.


New Tanto Custom merupakan wujud dari konsep Kei Car yang memaksimalkan dimensi kendaraan kecil dengan tetap menyajikan desain interior nyaman. Seperti halnya model mobil van, Tanto Custom juga memiliki sliding door pada kedua pintu bagian belakang.

Kendaraan yang tergolong City Car ini berdimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.750 mm. Hal ini tentu akan mempermudah Tanto saat dikendarai di tengah ases jalan raya yang macet ataupun sempit seperti di Ibukota. Kondisi ini tentu menjadikan Tanto cukup sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia.

New Tanto Custom diverifikasi dan diorganisir oleh Japan Company Trust Organization. Adapun spesifikasi umum dari kendaraan ini dapat digambarkan pada tabel berikut ini:
Spesifikasi Daihatsu New Tanto Custom DNGA
Spesifikasi Daihatsu New Tanto DNGA (Daihatsu New Global Architecture)
Pembuat Daihatsu
Model Tanto Custom
Kapasitas Mesin 660cc (658cc resmi)
Jenis Kemudi Tersedia pilihan 2WD (Penggerak Dua Roda) dan juga 4WD (Penggerak Empat Roda)
Posisi Kendali Kanan (Drive Tangan Kanan atau di bagian mobil sebalah kanan)
Tipe transmisi Transmisi otomatis
Bahan Bakar Gasolin (Petrol)
Kapasitas Penumpang Empat (ukuran resmi yang ideal)
Tipe Mesin KF DOHC 3 Silinder 12 valve (katub)
Jumlah pintu Lima pintu dengan automatic sliding door di bagian belakang
Harga Ada perbedaan untuk jenis 2WD dan 4WD dengan selisih sekitar US $1,000
Biaya Tambahan Tidak ada biaya tambahan kecuali anda berpikir untuk mengikuti program asuransi
Suku Cadang Akan disediakan setelah dipasarkan secara resmi
Verifikasi Diverifikasi dan diorganisir oleh perusahaan Japan Company Trust Organization
Ketersediaan Warna Tersedia delapan pilihan warna, diantaranya: Marah, Hitam, Putih, Biru, Silver, Ungu,
Beragam fitur yang diberikan Tanto Custom, mobil stylish, lincah, dan irit ini akan akan memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Sayang sekali, meski dikenalkan sejak 2008, namun hingga tahun 2019 keberadaan Tanto Custom belum dipasarkan secara resmi di wilayah Indonesia. Harga yang fantastis, disinyalir menjadi tantangan terberat untuk memasarkan Tanto Custom di Indonesia. Mobil berkapasitas mesin kurang dari 1000cc dibandrol antara USD 19.000 s.d. 20.000 yang berarti lebih dari 200 juta rupiah.

Saat ini PT. Astra Daihatsu Motor, selaku pemegang resmi hak pemasaran, masih bertahan untuk menjadikan New Tanto Customsebagai produk pameran otomotif untuk menunjukan eksistensi Daihatsu memproduksi varian mobil canggih.

Subscribe to receive free email updates:

Kunjungi Artikel Matsan Saga Lainnya :

0 Response to "Daihatsu New Tanto Pioner Mobil Berbasis DNGA"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...