Contoh Proposal Kegiatan Matsama MOPD MPLS

Salah satu unsur utama pendukung keberhasilan suatu kegiatan adalah terletak pada bagian perencanaan. Dari perencanaan itulah muncul berbagai ide dan upaya untuk menyusun sistematika pelaksanaan, upaya untuk menangani kendala serta usaha mewujudkan tujuan. Bentuk perencanaan ini tidak ada ketentuan baku (disesuaikan dengan sistematika kebiasaan masing-masing satuan kerja) dan dapat dipublikasikan melalui media tertulis dalam bentuk proposal.

Sistematika penulisan proposal dapat dimulai dari latar belakang, dasar hukum, tujuan dan manfaat dilaksanakannya kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan materi kegiatan, tema, waktu dan tempat, peserta, kepanitiaan serta anggaran dan penutup. Namun terkadang dapat kita jumpai pada halaman awal setelah cover (sampul) juga dilengkapi dengan lembar pengesahan.


Kegiatan yang menjadi rutinitas awal tahun ajaran baru kegiatan di lingkungan madrasah ataupun sekolah adalah Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) atau serupa dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)/Masa Orientasi Siswa (MOS)/ dan juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Berkaitan dengan hal tersebut, maka kami sajikan contoh Proposal Kegiatan Matsama / MPLS / MOS / MOPD:

PROPOSAL KEGIATAN
MASA TA’ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA)
DAN PENGENALAN LINGKUNGAN MADRASAH
MTs NEGERI 1 TEGAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TEGAL 2016/2017


A. Latar Belakang Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Perkembangan jenjang pendidikan pada peserta didik pada setiap tahap peningkatan dapat berdampak pada perubahan sikap dan kebiasaan di masa selanjutnya. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai momen bagi siswa atau peserta didik untuk beradaptasi dengan jenjang pendidikannya yang baru baik secara psikologis, lingkungan fisik maupun sosial serta pembelajaran yang nantinya akan ditempuh. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sendiri telah menetapkan masa tersebut dengan istilah Matsama atau Masa Ta'aruf Siswa Madrasah.

Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTs Negeri 1 Tegal merupakan bagian dari tindak lanjut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan sekaligus menjadi program kerja OSIS (Kesiswaan). Hasil seleksi, terdapat 492 peserta didik baru yang telah ditetapkan sebagai keluarga baru di MTs Negeri 1 Tegal pada tahun ajaran 2016-2017. Oleh karena itu perlu kiranya diselenggarakan event untuk menyambut momen penting kehadiran para siswa-siswi baru dalam bentuk pengenalan terhadap lingkungan di MTs Negeri 1 Tegal.

Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) ini nantinya akan diisi dengan kegiatan dan materi berupa: Pengenalan Lingkungan, Dinamika Kelompok, Kreativitas dan seni, Sejarah MTs, Wawasan Wiyata, Tata Krama dan Tata Tertib, Bimbingan doa awal akhir, dan PBB.

B. Dasar Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS

  1. Program kerja OSIS periode 2016/2017
  2. Program MTs Negeri 1 Tegal Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal
  3. Rapat pengurus OSIS dan Dewan guru tanggal 11 Juli 2016

C. Dasar Hukum Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan.
  6. Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 49 tahun 2002 Tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Departemen Agama Republik Indonesia.
  7. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2005 jo Nomor 62 Tahun 2005 Tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 Tahun 2007;
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.
  12. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 13 tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinan Kesiswaan
  15. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  16. Program Kerja MTs Negeri 1 Tegal Bidang Kesiswaan Tahun Pelajaran 2016/2017.
  17. Rapat bersama Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Kepala Urusan Tata Usaha dan para Wakil Kepala Madrasah pada tanggal Maret 2016.

D. Tujuan Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Tujuan Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS meliputi dua aspek baik secara khusus maupun umum, yaitu:

1. Tujuan Umum Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Pada dasarnya kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolahnya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil mengenal dan mempelajari suatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial (termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya dengan pola pembelajaran yang baru).

2. Tujuan Khusus Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Secara lebih khusus Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) bertujuan:
  • Membantu siswa mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan sekolah yang baru, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.
  • Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali para guru, karyawan dan kakak – kakak kelasnya, sehingga ia merasa lebih aman dan nyaman sehingga terciptanya rasa persaudaraan.
  • Membantu siswa baru agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah, lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.
  • Mendorong siswa untuk memulai kebiasaan belajar bersama, berkelompok melalui diskusi.
  • Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap sekolah yang dipilihnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan – aturan sekolah yang baru dengan baik.
  • Menyadari akan menjaga nama baik dan memberikan kontribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal.

E. Tema Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

“Membangun intelektualitas siswa yang mandiri, kreatif, disiplin, jujur, bertaqwa dan bertanggung jawab “

F. Materi dan Jadwal Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Secara umum kegiatan yang dirancang dipetakan dalam tabel (tabel jadwal kegiatan terlampir). Guna mengetahui lebih lanjut dengan rincian yang spesifik, silahkan kunjungi postingan kami di:
Materi dan Jadwal Matsama - MOPD - MOS - MPLS

G. Peserta Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Peserta kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) adalah seluruh peserta didik baru kelas VII (tujuh) pada Tahun Pelajaran 2016/2017

H. Waktu dan Tempat Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) akan diselenggarakan tanggal 19 s.d 21 Juli 2016

I. Kepanitiaan Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Kepanitian kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MOPD/MOS/MPLS terdiri dari pengurus OSIS dan guru. Panitia Masa Orientasi Peserta Didik Baru MTs Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2016/2017 didasarkan pada surat keputusan kepala madrasah nomor: MTs.11.28.103/PP.00.2/ ......... /2016 (SK terlampir) dengan susunan sebagai berikut: Proposal Kegiatan Matsama MOPD MOS MPLS
Pengarah : Kepala Madrasah
Penanggungjawab : Kepala Urusan Tata Usaha
Ketua : Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan
Sekretaris : Pembina Osis
Anggota : 1. Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.
2. Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana.
3. Wakil Kepala Madrasah Bidang Hubungan Masyarakat.
4. Bendahara DIPA/Komite
5. Wali Kelas VII
6. Staf Karyawan
7. Pengurus OSIS

J. Anggaran Kegiatan Matsama/MOPD/MPLS/MOS

Terlampir

K. PENUTUP

Demikian proposal Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) / Masa Orientasi Siswa (MOS) / Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) kami susun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan. Dukungan moral dan material sangat kami butuhkan demi kesuksesan kegiatan tersebut. Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.

Slawi, 18 Juli 2016
Panitia Kegiatan Matsama MOPD MOS MPLS
Ketua : Ahmad Zahid, S. Ag., M.Ed.
NIP 196909201997031002
Sekretaris : Moh. Zaenudin, S.Pd.
NIP 197907062005011002
Mengetahui : Kepala MTs Negeri 1 Tegal

Subscribe to receive free email updates:

Kunjungi Artikel Matsan Saga Lainnya :

0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Matsama MOPD MPLS"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...