Tazkia Malang International Islamic Boarding School (IIBS)

Tazkia Malang merupakan sekolah bertaraf internasional dengan sistem pembelajaran berbasis Islam yang menerapkan pola Pondok Pesantren modern. Tazkia Internasional Islamic Boarding School atau IIBS beralamat lengkap di Jalan Tirto Sentono No.15, Landungsari, Dau, Dusun Klandungan, Malang, Jawa Timur dengan kode pos 65151.

A. Pendiri Tazkia IIBS Malang

Sejarah lahir dan berkembangnya Tazkia Malang IIBS tidak lepas dari peran pendirinya, yaitu Ust. Muhammad Ali Wahyudi, M.Pd. Berawal dari cita-cita untuk membuat pesantren modern, beliau berkolaburasi dengan Ust. Nur Abidin M.Ed memprakarsai pendirian Pondok Pesantren Modern Tazkia pada tahun 2014.

Biaya Sekolah Tazkia iibs Malang

Ust. Muhammad Ali Wahyudi, M.Pd, alumni Universitas Muhammadiyah Malang, dan Ust. Nur Abidin M.Ed, alumni Universitas Islam Malang, menjadi sentra kepemimpinan Tazkia IIBS. Meski memiliki background kultur dan organisasi sosial keagamaan yang berbeda, namun keduanya mampu menyatukan visi dan misi.
Kolaburasi inilah yang kemudian menghasilkan pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan Islam berada di Perum Pondok Bestari Indah, Tazkia IIBS Malang.
Dalam praktek kepemimpinan dan pengelolaan IIBS Tazkia, Ustadz Muhammad Ali Wahyudi, M.Pd membidangi pengembangan kelembagaan, ketenagaan, sarana dan prasarananya. Sedangkan Ustadz Nur Abidin, M.Ed menangaini bidang akademik atau pendidikan.

B. Biaya Sekolah Tazkia IIBS Malang

Sebagian dari orang tua (wali) santri atau peserta didik yang belajar di lembaga pendidikan Tazkia Malang berkewajiban membiayai pendidikan Islam, elite, dan berkualitas ini. Meski demikian, 10 % di antaranya yang berasal dari keluarga tidak mampu serta yatim dan atau piatu dibebaskan dari seluruh biaya pendidikan.

Sistem subsidi silang diberlakukan dari keluarga yang mampu kepada peserta didik atau santri yang kurang mampu. Para siswa sebagai santri yang digratiskan tersebut diperlakukan sama dalam mendapatkan sarana dan prasarana maupun fasilitas yang disediakan.

Namun demikian, dalam hal penerapan subsidi silang ini diterapkan kode etik dengan menjaga identitas dan privasi penerima bantuan. Bahkan, teman-temannya sendiri tidak tahu bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari biaya pendidikan.
Pendaftaran Santri Pondok Pesantren Modern Tazkia Malang bisa dilakukan melalui website resminya dan bersifat indent serta harus mengantri untuk bisa masuk menjadi siswa baru dua hingga lima tahun.
Sementara itu, untuk biaya pembelajaran di IIBS Tazkia Malang, orang tua peserta didik setidaknya harus menyiapkan uang Rp. 38.020.000,- bila ingin anaknya menjadi santri. Ditambah dengan biaya SPP per bulan sebesar kurang lebih Rp 2,645 juta.

Meski tergolong fantastis biaya pendidikannya, namun tingkat kepercayaan yang tinggi dapat dilihat dari peminat masuk ke International Islamic Boarding School (IIBS) Tazkia Malang. Dalam hal penerimaan peserta didik atau santri baru, siapapun harus antri atau menunggu dengan inden hingga lima tahun sejak mendaftarkan diri.

C. Profil Taskia IIBS Malang

Standar biaya sekolah tergolong murah jika kita melihat dari sisi progaram pembelajaran dan fasilitas yang disediakan oleh International Islamic Boarding School (IIBS) Tazkia Malang.

1. Program Unggulan IIBS Tazkia Malang

Guna menyelenggarakan pendidikan yang terprogram dan terstruktur dengan baik, IIBS Tazkia Malang menetapkan visi dan misi sebagai bagian dari target pencapaian tujuan maupun cita-cita.
Adapun pernyataan Visi Tazkia Malang adalah Menjadi sekolah pesantren terkemuka dan berkelas dunia.
Sedangkan Misi IIBS Tazkia Malang adalah Menyediakan lingkungan belajar yang religius, menantang dan berorientasi pada penghargaan; Berfokus pada pendidikan holistik dan seimbang untuk melahirkan para ulama Islam moral yang sangat baik, pemimpin yang menginspirasi dan berpikiran internasional.

IBS Tazkia Malang berupaya maksimal mewujudkan Visi dan Misi dengan menyelenggarakan beberapa program unggulan.

Membaca Menghapal, Nenerjemahkan, dan Memahami Al-Quran

Program ini berfokus pada kemampuan membaca, menghafal, menerjemahkan dan memahami al-Quran al-Kariem. Siswa akan dibagi menjadi kelompok kecil dan didampingi hafidz atau hafidzoh. Selama masa studi siswa akan dapat membaca Al-Quran dengan standar bacaan yang baik dan benar (Tahsin), menghafal setidaknya 5 (lima) juz dan menerjemahkan serta memahami interpretasi dari makalah yang dipilih.

Program Yayasan Islam Tazkia Malang

Yayasan Islam menjadi kurikulum inti IIBS Tazkia Malang dan fokus pada penguatan aqidah, akhlaq, pemahaman yurisprudensi serta praktik ibadah harian. Santri akan diberikan bimbingan dalam bentuk forum di kelas, tausiyah umum, forum diskusi kelompok (halaqoh) dan praktik ibadah harian.

Kurikulum Nasional Tazkia Malang

Kurikulum ini mengacu pada standar konten yang ditetapkan oleh layanan pendidikan nasional dengan tujuan utama mengembangkan keterampilan intelektual, afektif, dan psikomotor santri. Proses belajar yang diterapkan di IIBS Tazkia Malang dilakukan dengan mengintegrasikan bahan ajar dan konsep serta nilai-nilai Islam sehingga siswa atau peserta didik sebagai santri akan lebih sadar terhadap keagungan Allah SWT.

Kurikulum Internasional Tazkia Malang (Cambridge)

Bekerja sama dengan Pusat Ujian Internasional Camberge (CIE) di Jawa Timur, Tazkia mengadopsi kurikulum internasional dengan tujuan utama memiliki kualifikasi standar internasional melalui ujian Check Point, kemahiran bahasa Inggris yang baik dan harga diri yang tinggi sehingga memiliki peluang yang lebih luas untuk melanjutkan untuk tingkat pendidikan lanjutan baik di dalam maupun di luar negeri.

Sama dengan Pusat Ujian Internasional Camberge (CIE) di Jawa Timur, Tazkia digunakan internasional dengan tujuan Utama dengan standar internasional pada ujian Check Point, kemahiran bahasa Inggris yang baik dan harga yang sangat tinggi. pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri.

Program Bahasa IIBS Tazkia Malang

Program bahasa ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris siswa. Dengan kurikulum bahasa yang praktis dan aktif (lingkungan) yang aktif dan kuat, siswa diharapkan dapat menggunakan bahasa Arab dan Inggris baik dalam interaksi sehari-hari dan untuk tujuan pembelajaran dan pencarian informasi global.

Program Pengayaan dan Ekstensi

Untuk membentuk rasa percaya diri dengan pengetahuan yang berwawasan luas, Tazkia Malang menyediakan berbagai kegiatan di luar kelas baik pengembangan diri dan keterampilan yang juga dapat bersifat refreshing.

Untuk program pengembangan diri, siswa dapat bergabung dengan berbagai program seperti Tazkia Students Association, Pengusaha, Memasak Cerdas, Pemimpin Pramuka, Bulan Sabit Merah, Ilmuwan, dan Jurnalis. Untuk menumbuhkan nilai estetika siswa, Tazkia juga menyediakan Islamic Calligraphy, House Keeping, Photography dan The Designer. Adapun untuk membangun wawasan global dan persahabatan, siswa dapat bergabung dalam berbagai kunjungan belajar di dalam maupun di luar negeri.

Untuk membangun kesadaran diri, kesehatan lingkungan dan sosial, Tazkia juga menyelenggarakan berbagai layanan sosial dan program olahraga dengan pilihan utama Berenang, Berkuda, Panahan, Perawatan Kesehatan, Panjat Dinding, Taekwondo, Futsal, dan Penggalangan Dana untuk Program Pendidikan Al Qur'an Gratis dan Beasiswa.

2. Pendekatan Pembelajaran IIBS Tazkia Malang

Perubahan kondisi global memberikan tantangan bagi Tazkia IIBS Malang dalam mempersiapkan pendidikan di tingkat menengah atas, yaitu SMA Tazkia IIBS. Jika konsep yang diusung pada tingkat dasar atau juniornya bersifat Holistik, maka tingkat SMA akan mengusung konsep Holistic dan Personalised.

Kurikulum dan Metode Pengajaran IIBS Taskia Malang

Keberadaan kurikulum pembelajaran dalam lembaga pendidikan sangatlah strategis dan perlu secara terus menerus dilakukan perbaikan isi materi dengan menyesuaikan kondisi lingkungan, perkembangan fisik dan psikologis, gaya belajar (gaya belajar).
Oleh karena itu, guru dan murabbi perlu menerapkan strategi modern dan salaf yang sesuai dengan Al-Qur'an, Kurikulum Nasional maupun Internasional agar tetap relevan.
Guna mewujudkan program pendidikan berkualitas holistik sebagai Kampus dan Manajemen Modern, maka diperlukan dukungan manajemen yang efektif dan bertanggung jawab (amanah).

Metode Al-Muyassar

Al-Muyassar adalah metode belajar tahfidz Al-Quran dengan menekankan konsep talaqqi yang dikembangkan oleh Tazkia Quran Center sebagai upaya untuk memfasilitasi dan mempercepat santri dalam menghafal dan muraja'ah al-Quran terutama untuk santri yang masih mengalami kesulitan dalam menghafal.

Metode Al-Muyassar terdiri dari 3 tahap utama dari murajaatul qarib, hifdzul jadid, dan at-tahdhir. Metode ini berfokus pada:
  1. Keterlibatan guru dan partisipasi siswa aktif efektif.
  2. Adanya kerja sama dan dinamika kelompok.
  3. Integrasi mendengarkan (audio) dan membaca (visual) siswa.

Kelas Intensif

Untuk mengembangkan minat siswa dalam kemampuan akademik, pengembangan kurikulum khusus dikembangkan. Siswa dipersilahkan untuk memilih salah satu dari beberapa program khusus, program ini dilaksanakan di kelas VIII (delapan) di semester satu dan dua. Dalam program spesialisasi ini, siswa diharapkan untuk menjadi baik di salah satu kemampuan akademik yang mereka minati. Program Adapaun pada spesialisasi adalah Tahfidz al-Qur'an, Arab, Olimpiade Matematika, Olimpiade Sains, Penulisan dan Pemrogram dan Desain.

Pembelajaran Berbasis Proyek

Sebagai upaya untuk memberikan pendidikan holistik, perlu untuk mengembangkan proses pendidikan yang dapat memfasilitasi siswa untuk dapat berpikir interdisipliner dalam memecahkan masalah. Project Base Learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan proyek yang terintegrasi dengan berbagai pelajaran. Dalam proses belajar PBL siswa akan diberikan masalah dan melalui suatu proyek siswa mampu memecahkan masalah. Project Base Learning diadakan empat kali selama periode tiga tahun dengan rincian sebagai berikut:
  • 3 (tiga) kali Group Project dilaksanakan pada semester VII semester VII, Kelas VIII semester I dan II
  • 1 (satu) kali Proyek Komunitas dilaksanakan di kelas VIII pada akhir semester kedua
  • 1 (satu) kali masing-masing Proyek dilaksanakan di kelas IX sebagai ujian akhir kelulusan

Metode Manhaji

Bahasa Arab menjadi kunci utama dalam mempelajari dan memahami Alquran serta ilmu-ilmu Islam. Tapi dekimikan, bagi sebagian orang belajar bahasa Arab masih sulit. Oleh karena itu, keberadaan metode yang efektif dan efisien menjadi kunci untuk mengatasi masalah dan metode manhaji hadir sebagai solusinya.

Manhaji adalah metode belajar bahasa Arab, terutama nahwu dan shorof material yang praktis, aplikatf, inovatf, mudah, dan menyenangkan. Kedua bahan tersebut dirumuskan dan digabungkan menjadi satu sehingga memudahkan para pemula yang tidak tahu keinginan bahasa Arab untuk menguasai bahasa Al Qur'an dan buku-buku (turat).

3. Prestasi Mahasiswa IIBS Tazkia Malang

Prestasi yang telah diraih Tazkia International Islamic Boarding School tahun 2017
  1. Diundang dalam Debat Lingkungan Internasional, Oxford, Inggris
  2. Skor Sempurna Ujian Internasional Cambridge
  3. Juara Perunggu pada Olimpiade Matematika (SMO), Singapura
  4. Diundang dalam World Mathematics Invitational (WMI), Vietnam
  5. Seleksi Akhir Nasional di Olimpiade Matematika Singapura 2017
  6. Juara 3 Khitobah & Peringkat 1 di Kamp Dai Muda VI, Nasional
  7. Novel Nominal Favorit Nasional, Yogyakarta
  8. Penghargaan dalam Lomba Cerita Pendek Nasional CSSMoRA, Yogyakarta
  9. Medali Perunggu di Taekwondo National Delta Cup, Jakarta
  10. Medali Emas dan Perak di Festival Nasional Taekwondo, Cibubur
  11. Juara I Lomba Pidato Kedua dan Ketiga, Olimpiade Bahasa Inggris Jawa, Tasikmalaya
  12. Pembacaan Cerita Pertama, Pidato 2 & 3, Olimpiade FLC Inggris ke-3, Jawa Timur
  13. Juara 3 Olimpiade Robotik Jawa Timur di LSC 2017
  14. Juara 2 Bercerita di MBI Big Fair 2017, Jawa Timur
  15. Medali Emas, Perak, dan Perunggu di Piala Taekwondo, Jawa Timur
  16. Juara 3 Puisi Puisi di Nuris Got Talent 2017, Jawa Timur
  17. Duta Besar Quran Malang Raya
  18. Juara I MHQ dan Juara III Bahasa Inggris Pidato SMADITA, Malang

4. Affiliasi Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS)

Guna mendukung program pendidikan di Tazkia International Islamic Boarding School, maka IIBS melakukan kemitraan dan bekerja sama dengan beberapa lembaga berikut:
  • Madaris Al-Nashr Al-Ahliyah, Jeddah
  • Tokyo International University, Jepang
  • Madrasah Alive, Singapore
  • Madrasah Al-Irsyad Al-Islamy, Singapore
  • ADNI International Islamic School, Malaysia
  • S. R. Agama Ustman bin Affan, Malaysia
  • Phatnawitya Demonstration School, Thailand
  • Santi Witya School, Thailand
  • Pathanasard School (Darul Hijrah), Thailand
  • Santisartwittaya School (Alawiyah Foundation), Thailand
  • Universitas-Universitas Ternama di Kota Malang
  • Center of Cambridge International Examination (CIE), Jawa Timur
  • Best Tourism Object at Batu City and Malang

5. Fasilitas Sarana dan Prasarana IIBS Tazkia Malang

Dari aspek fasilitas pendukung, Tazkia berkomitmen untuk membangun lingkungan hidup dan pembelajaran yang kondusif dengan menyediakan fasilitas dan asrama belajar yang modern, lengkap, efektif dan unik. Desain lingkungan dan fasilitas pembelajaran yang ada adalah perpaduan ide-ide arsitek dan manajer pendidikan yang harmonis sehingga fasilitas yang ada tidak hanya memiliki nilai estetika (seni) yang tinggi tetapi juga aman dan efektif sesuai dengan fungsinya mendukung proses pembelajaran, bersosialisasi, rekreasi, dan lainnya dll.

Campus Tour IIBS

Saat ini Tazkia IIBS memiliki dua kampus utama, yaitu. Kampus 1 diperuntukan khusus untuk santri putri dan kampus 2 diperuntukan untuk santri putra. Kampus 1 menempati lahan seluas sekitar 13.000 M2 dan kampus 2 sekitar 15.000 M2. Kedua kampus ini dilengkapi dengan fasilitas bangunan baru yang modern dan didisain khusus untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih maksimal dan berkesan (rewarding learning experiences).

Teaching Spaces IIBS

Untuk kampus putri, fasilitas ruang kelas, perpustakaan dan perkantoran terletak dalam satu Andalusia sedangkan untuk kampus putra terpusat di gedung Al-Azhar. Dua gedung ini di desain secara khusus untuk memberikan kenyamanan dan efektifitas kegiatan bagi siswa, guru dan staff.

Bentuk fakultas seperti dalam perkuliahan di kampus atau universitas diadopsi untuk mendesain sekolah yang meliputi Math and Science Faculty, Social and Language Faculty serta Islamic Study Faculty. Setiap ruang kelas dilengkapai dengan fasilitas belajar-mengajar yang di desain unik dan movable menyesuaikan karakter masing-masing mata pelajaran. Ruang pembelajaran juga dilengkapai dengan Audio-Visual Devices: Glass Board, LCD Projector, dan Sound system.

Student Residences IIBS

Untuk kampus putri, IIBS Tazkia Malang menyediakan tiga gedung utama sebagai asrama, yaitu Gedung Alexandria, Cambridge dan Sevilla. Sedangkan untuk kampus putra berada di gedung Laiden. Pemisahan kampus ini merupakan bentuk penyesuaian dengan aturan syariah Islam sekaligus untuk memberikan kenyamanan bagi santri dalam belajar.

Gedung asrama ini dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang yang lengkap dan memadai, diantaranya: tempat tidur, lemari pakaian, kamar mandi, lobby dan laundry. Penempatan santri di setiap ruang asrama dihuni dengan kuota maksimal 8 s.d 10 anak yang didampingi oleh seorang murabbi atau murabbiyah.

Smart Library IIBS

Dengan konsep smart library, santri dapat mengakses berbagai sumber bacaan baik cetak maupun elektronik dengan cepat dan lengkap. Smart library berlangganan beberapa portal database buku elektronik yang dilengkapi dengan komputer dan smart TV sebagai media jelajah santri. Disamping itu, smart library juga menyediakan fasilitas untuk santri berupa reading and discussion space sebagai tempat membaca, konsultasi, dan diskusi.

Mosque IIBS

Saat ini pusat ibadah santri putri berada di Tazkia Islamic Conference Hall (TICH). Sedangkan untuk santri putra berada di Masjid Al-Azhar yang didesain secara khusus sebagai pusat ibadah dengan kapasitas jamaah sekitar 300 santri.

Tazkia Medical Center (TMC) IIBS

Sebagai pusat layanan kesehatan, Tazkia menyediakan fasilitas khusus konsultasi dan perawatan kesehatan untuk santri dan seluruh staf. TMC dilengkapi fasilitas perawatan dan obat-obatan generik terstandar. Tempat istirahat santri sakit juga didesain khusus untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan perawatan. Layanan kesehatan buka setiap hari 24 jam dan dalam kondisi khusus (emergency) TCM telah bekerjasama dengan rumah sakit Muhammadiyah Malang sebagai tempat rujukan.

Sport Area IIBS

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mengembangan bakat motorik santri, Kampus putri dan putra menyediakan fasilitas olah raga basket, area memanah dan berkuda. Santri juga diberikan akses khusus untuk bersepeda santai di sekitar kampus.

Pendopo and Gazebo IIBS

Untuk mengembangkan nilai estetika, jiwa seni dan kreativitas santri, Tazkia menyediakan ruang pendopo sebagai pusat seni dan desain (arts & design center). Sedangkan untuk belajar kelompok, diskusi dan bersosialisasi dengan teman sejawat dan keluarga disediakan beberapa gazebo unik disekitar kampus.

Observation Deck (OD) IIBS

Observation Deck berapa di lantai 5 gedung Alexandria (kampus putri) dan di lantai 5 gedung Al-Azhar (kampus putra) yang merupakan puncak gedung tertinggi di komplek kampus. OD dilengkapi dengan astronomy equipment yang memungkinkan santri melakukan pengamatan benda-benda di langit dan menjelajah kota Batu, Malang dan pemandangan pegunungan Arjuna.

Reading Spaces IIBS

Reading Space disediakan untuk memfasilitasi santri sekaligus peserta didik Tazkia Malang IIBS sebagai tempat atau ruang khusus untuk membaca yang tenang dan nyaman dengan pemandangan kota Malang serta seluruh komplek kampus. Reading Spaces IIBS Tazkia Malang berada di lantai atas (rooftop) gedung Cambridge (kampus putri) dan gedung Laiden (kampus putra).

Quranic Garden IIBS

Qur’anic Garden adalah taman belajar dan bermain terbuka (oudoor) di komplek kampus putri. Di taman ini santri dapat menikmati dan mengamati berbagai jenis tamanan bunga dan kolam ikan dengan diiringi lantunan murattal al-qur’an.

Food Stall dan Mini Market IIBS

IIBS Tazkia Malang menyediakan kebutuhan konsumsi harian dalam bentuk menu makan utama 3 kali dalam sehari (pagi, siang, dan malam). Selain itu, Santri juga dapat membeli menu tambahan dan snacks di beberapa food stall yang telah disediakan. Sedangkan untuk keperluan lain seperti alat tulis, buku, keperluan mandi dan cuci disediakan pada minimarket kampus.

Parking Spaces IIBS

Bagi para guru, walisantri dan tamu yang berkunjung ke kampus putri disediakan dua parkir utama yang terletak di depan gedung Andalusia dan di depan gedung Alexandria. Sedangkan di kampus putra disediakan ruang parkir utama di depan gedung Al-Azhar. Area parkir yang disediakan di dikomplek kampus mampu menampung puluhan kendaraan roda empat.

Alasan Mengapa Memilih IIBS Tazkia Malang

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan calon wali santri memilih Tazkia Malang International Islamic Boarding School baik JHS (Junior High School) maupun SHS (Senior High School) sebagai tempat untuk membentuk individu yang lebih unggul:
  1. Pendekatan Pendidikan Holistik & Balanced;
  2. Staf Pengajar Lokal dan Ekspatriat yang berasal dari dalam dan luar negeri sebagai guru, murabbi, murabbiyah serta staf yang sangat berdedikasi dan penuh perhatian;
  3. Sistem pendidikan dengan kurikulum yang komprehensif dan seimbang (Tahfidz, Diniyah, Akademik, IGCSE Cambridge-Pemeriksaan Checkpoint, Pengembangan Diri, Olahraga dan Kewirausahaan);
  4. Program Islam Terpadu (diniyah) dan pengembangan akademik dengan target menghafal Alquran setidaknya lima juz. Sedangkan Takhassus menjadi Program Tahfidz Intensif hingga 10 juz sampai dengan 30 juz;
  5. Lingkungan Arab dan Inggris yang kuat sehingga dapat membiasakan untuk berinteraksi menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris;
  6. Program pengayaan dan kunjungan ke luar negeri yang beragam dan menantang untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna;
  7. Siswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan budaya yang beragam dan unik sehingga dapat menciptakan suasana multikultural;
  8. Kelas Kecil (maksimum 20-25 siswa per kelas) untuk pembelajaran sehingga berorientasi mengenal secara Pribadi dan efektif;
  9. Fasilitas kelas dan asrama bersih, modern, dan dirancang khusus untuk pembelajaran yang nyaman;
  10. Kampus berada di wilayah pegunungan dengan lingkungan yang indah dan kondusif dengan konsep Modern Campus yang menjadi bagian dari fasilitas pembelajaran;
  11. Sistem layanan komunikasi yang responsif, cepat, dan ramah.
  12. Reputable University Enrolment sehingga berpotensi tinggi untuk diterima di universitas terkemuka di dalam dan di luar negeri (sesuai dengan peta kompetensi siswa).
Tertarik mendaftarkan anak Anda menjadi santri IIBS Tazkia Malang, maka persiapkan sejak awal segala sesuatunya. Semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

Kunjungi Artikel Matsan Saga Lainnya :

0 Response to "Tazkia Malang International Islamic Boarding School (IIBS)"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...