IIHS Jakarta SMA Islamic Boarding School Bertaraf Internasional

IIHS atau International Islamic High School merupakan sekolah asrama intermoda yang menyajikan pendidikan dalam metode terpadu dan terintegrasi. Dalam profilnya disebutkan bahwa IIHS merupakan sebuah inovasi pendidikan dengan world class management system yang dirancang untuk membangun manusia sesuai dengan fitrahnya di tengah-tengah globalisasi dan pesatnya teknologi.

IIHS (International Islamic High School)

Adapun metode terintegrasi yang dilaksanakan di IIHS adalah pendidikan yang memiliki elemen-elemen berikut:
  1. Jadwal yang terstruktur dengan baik yang memungkinkan pengajaran yang efisien dan efektif;
  2. Suasana sekolah yang menyenangkan;
  3. Sistem pendidikan terpadu.
Meski usianya masih muda, namun eksistensi SMA IIHS semakin kuat dengan dukungan positif dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta serta tumbuhnya kepercayaan dan antusias masyarakat Indonesia untuk mendidik putera-puteri terbaiknya di SMA IIHS.

About School International Islamic High School (IIHS)

IIHS hadir sebagai sekolah Islam Internasional dengan konsep Boarding Intermoda yang menyelenggarakan pendidikan berformat lengkap dengan asrama serta fasilitas lainnya yang berada tepat di jantung kota Jakarta. Terkoneksi dan terintegrasi dalam sebuah sistem yang terencana, terorganisasi serta terkontrol secara baik dengan digerakkan para pendidik yang berkualitas secara intelektual, emosional, maupun spiritual.

Lima pilar kurikulum IIHS diselanggarakan guna membekali peserta didik untuk berperilaku yang berbudi pekerti luhur serta membuka pintu gerbang ilmu pengetahuan melalui Bahasa, Studi Islam, Academic Excellence, Interpersonal Skills, dan Overseas Program.

Visi International Islamic High School (IIHS)

Membangun pendidikan Islam internasional berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Rasul SAW untuk menegakkan eksistensi manusia sebagai Khalifatullah Fil-Ardh.

Misi International Islamic High School (IIHS)

Membangun manusia dengan Akhlaq-Ul-Karimah, Siddiq, Amanah, Talbligh, Fathanah, Syaja'ah dan mampu membawa Islam sebagai agama rahmat bagi alam semesta, Lillaahi Ta’aala.

Kurikulum International Islamic High School (IIHS)

Kurikulum IIHS berdasarkan Qur'an dan Sunnah Rasulullah dengan studi atau pembelajaran Islam dengan tujuan mengisi hati (rohani) yang dipadukan dengan keunggulan akademik guna mencerdaskan pola pikir serta mengasah keterampilan interpersonal untuk membangun dan mengembangkan kemampuan personalitas.

Program Unggulan International Islamic High school (IIHS)

Program luar negeri yang diterapkan IIHS memiliki tujuan untuk membangun perspektif global dengan negara USA, Canada, Australia, dan sebagainya. IIHS menerapkan sistem asrama Intermoda dengan menggunakan tiga bahasa untuk berkomunikasi serta berinteraksi dalam pengajaran dan pembelajaran yaitu Bahasa Inggris, Arab, dan Bahasa Indonesia. Program ini dilaksanakan sebagai bekal untuk menyongsong masa depan mereka (peserta didik) dengan penuh keteladanan, percaya diri, berpendirian, dan berani.

Sejak dikeluarkannya SK. Operasional bernomor 6675/-1.851.68 pada tanggal 21 Oktober 2009, IIHS memiliki program unggulan yang menjadikannya memiliki karakteristik berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya, diantaranya:
  • Pendidikan berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW;
  • Sekolah asrama (boarding) Intermoda yang terletak di pusat kota Jakarta;
  • Pendidikan komprehensif dengan 5 pilar kurikulum, yaitu: bahasa (Languages), keunggulan akademik (Academic Excellence), studi Islam (Islamic Studies), keterampilan interpersonal (Interpersonal Skills), dan program luar negeri (Overseas Program);
  • Pelajaran diberikan dalam bahasa Inggris, bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia.

Berdasarkan SK. Akreditasi bernomor 326/BAP-S/M/DKI/2015 tertanggal 21 September 2015 IIHS mendapat predikat Akreditasi A. Beberapa point tentang IIHS yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

IIHS Merupakan Sekolah Islam

Kurikulum IIHS berdasarkan Al-Qur'an dan Sunah Rasulullah SAW didukung dengan Tahsin dan Tahfiz Program

IIHS Merupakan Sekolah Internasional

IIHS bekerja sama dengan sekolah Internasional lainnya untuk melaksanakan pertukaran pelajar.

IIHS Memiliki Program Luar Negeri

Program Luar Negeri bersifat wajib bagi seluruh peserta didik yang menempuh pendidikan di IIHS sebagai upaya mewujudkan Global Perspective Building Program.

IIHS Menerapkan Program SKS

Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan dalam pembelajan di IIHS, memungkinkan untuk diselesaikan dalam 2 tahun Pendidikan.

IIHS Berasrama (Boarding School)

Peserta didik atau siswa ditempatkan di asrama selama masa pendidikan serta dipisahkan antara putra dan putri. Untuk Asrama Putra berlokasi di Patra Jasa dan Asrama Putri di Teuku Umar, Menteng.

Menu Makanan Sehat dan Hieginis

Selama di Asrama, Peserta Didik ataupun Siswa mendapat Makanan Diet Seimbang dan Hieginis  dengan dukungan masakan dari koki profesional.

Fasilitas dan Sarana serta Prasarana IIHS

Dalam penyelenggaraan pendidikannya IIHS memberikan kemudahan akses dan akomodasi serta menyediakan beberapa fasilitas secara umum, diantaranya:
  1. Masjid;
  2. Bis Khusus;
  3. Kantin;
  4. Ruang Belajar & Mengajar;
  5. Laboratorium Kimia;
  6. Laboratorium

Secara khusus, fasilitas tersebut dapat digambarkan dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana sekolah untuk memperlancar kegiatan pendidikan dan kenyamanan peserta didik dalam belajar, diantaranya:

Fasilitas IIHS (International Islamic High School)

  • Di gedung perkantoran tinggi;
  • Full AC dan Smart Class;
  • Laboratorium dan Perpustakaan;
  • Masjid

Fasilitas Asrama IIHS (International Islamic High School)

  • Di dalam residen mewah;
  • Ruangan full AC;
  • Kolam renang;
  • Lapangan tenis, futsal, dan lapangan basket

Olahraga 

  • Patra Jasa;
  • Gelora Senayan;
  • GOR Soemantri

Transportasi IIHS (International Islamic High School)

  • Bis khusus untuk antar jemput dari asrama ke sekolah maupun ke moda-moda lainnya;
  • Akses strategis

Chef & Food di IIHS

  • Profesional Chef;
  • Dapur Khusus;
  • Kualitas makanan terbaik;
  • Variasi menu

Fasilitas - Sarana dan Prasarana Lain IIHS

  • Smart Board;
  • WiFi;
  • Laundry;
  • Kantin;
  • Keamanan 24/7

Kualifikasi Guru IIHS (Internasional Islamic High School)

Guna menerapkan standar pengajaran yang baik dan mendapatkan hasil maksimal dalam pembelajaran, maka dibutuhkan tenaga pendidik yang berkompeten dan sesuai dengan spesifikasinya. Oleh karena itu, guru sebagai tim pengajar di IIHS harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:
  1. Pendidikan minimal S1 diutamakan dari Reputable University (dalam dan luar negeri), IPK Min. di atas rata-rata kampus terkait;
  2. Diutamakan lulusan terbaik;
  3. Lebih diutamakan memiliki pengalaman mengajar minimal 2 tahun dari jenjang pendidikan yang sama;
  4. Memiliki Toefl (ITP) minimal 550 atau IELT minimal 6,0. (kecuali guru bahasa Inggris memiliki Toefl (ITP) minimal 600 atau IELT minimal 6,5);
  5. Mampu membaca Al Qur’an sesuai tajwid. Memiliki akhlak yang baik;
  6. Tidak merokok, miras, bebas narkoba, tidak terlibat LGBT. Bukan pengikut aliran atau paham sesat sebagaimana yang ditetapkan oleh MUI;
  7. Usia 23 – 45 tahun. Sehat Jasmani dan rohani dibuktikan dengan hasil tes;
  8. Memiliki kompetensi dasar sebagai guru (individual, sosial, pedagogik dan profesional);
  9. Menyukai dan memiliki komitmen tinggi terhadap dunia pendidikan;
  10. Berpenampilan menarik, rapi, dan islami;
  11. Memiliki kemampuan dalam pengasuhan anak;
  12. Tidak terikat ikatan dinas dengan institusi lain;
  13. Tidak menjadi pengurus partai politik;
  14. Bersedia melaksanakan tugas di sekolah dan di asrama.

Biaya Masuk IIHS (Internasional Islamic High School)

Informasi ini bersumber dari kenalan melalui jejaring sosial yang (waktu itu) merencanakan untuk memenuhi permintaan putrinya sekolah di IIHS. Pada tahun 2016 mereka membayar uang awalnya total 69 juta rupiah yang terdiri dari uang masuk, seragam, kesehatan, dan uang bulanan 4 bulan pertama. Sedangkan perkiraan biaya total (saat itu) selama sekolah di IIHS bisa mencapai 270-an juta, belum termasuk biaya program ke luar negeri yang bisa mencapai $ 1500 US Dollar.

Persyaratan Pendaftaran SMA IIHS

Pendidikan merupakan pilar penting untuk membentuk pola pikir dan merubah dunia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, perlu komitmen kuat bagi calon siswa atau peserta didik serta orang tua / wali untuk menjadi bagian dari anggota keluarga dalam pendidikan di IIHS.

Riilnya, saat mendaftar, calon peserta didik atau calon siswa harus memenuhi beberapa syarat administrasi, diantaranya:
  1. Mengisi formulir pendaftaran (melalui online) dengan biaya registrasi Rp 750.000. Transfer melalui Nomer rekening Bank Mandiri 124.004961.3251 Cab. Menara Palma A.n International Islamic Education Council;
  2. Menyerahkan fotocopy raport SMP/sederajat kelas 1,2 dan 3 (Dapat Menyusul);
  3. Menyerahkan fotocopy Ijazah SMP/sederajat yang telah dilegalisir 3 lembar (Dapat menyusul);
  4. Menyerahkan fotocopy SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) SMP yang telah dilegalisir 3 lembar (Dapat menyusul);
  5. Menyerahkan Fotokopi akte kelahiran;
  6. Menyerahkan Fotokopi kartu keluarga;
  7. Menyerahkan Fotokopi KTP ayah dan ibu;
  8. Menyerahkan pas photo 3×4 (4 lembar) dan ukuran 4×6 (4 lembar) dengan latar belakang biru dan untuk putri wajib mengenakan pakaian muslim dan berjilbab.

Materi Tes Seleksi Masuk IIHS (Internasional Islamic High School)

  • Tes Potensi Akademik (Pengetahuan Umum, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Agama Islam)
  • Psikotest
  • Interview
Sebelum datang ke sekolah, harap menghubungi 0811 34 67 67 (CALL CENTRE) untuk konfirmasi kehadiran.

Bagi orang tua ataupun wali tidak usah khawatir saat berkeinginan untuk melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan anaknya yang menempuh pendidikan di IIHS. Sebab, meski berbasis asrama, namun siswa atau peserta didiknya dapat pulang sebulan sekali pada minggu terakhir setiap bulan. Orang tua juga tetap diizinkan untuk mengunjungi setiap hari Minggu sesuai dengan waktu yang dijadwal dan ditentukan.

Informasi lebih detil dan jelas mengenai IIHS bisa menghubungi kontak nomor telepon kantor yayasan IIEC di (021) 527 4031 atau email: info@iiec-edu.com serta Website sma-iihs.sch.id.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IIHS Jakarta SMA Islamic Boarding School Bertaraf Internasional"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...