Contoh Proposal Pemilihan Ketua OSIS

Prosesi pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah merupakan rutinitas tahunan di setiap lembaga pendidikan. Kegiatan ini memiliki banyak metode dalam menentukan siapa yang akan disandingkan dalam jabatan ketua serta wakil ketua OSIS. Salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS adalah melakukan regenerasi kepemimpinan serta struktur organisasi.

DI MTsN 1 Tegal atau MTsN Model Babakan sendiri pelaksanaan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS dilakukan secara langsung dengan melibatkan seluruh anggotanya (Kelas VII, VIII, dan IX) untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpinnya. Selian itu, Kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTsN 1 Tegal juga diorganisir oleh Pengurus OSIS yang menjabat saat itu.

Dalam proses pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, perlu kegiatan perencanaan yang dapat dideskripsikan melalui dokumen administrasi berupa Proposal. Sebagai bentuk upaya kami untuk berbagi informasi, maka kami sajikan dalam postingan ini Proposal Pemilihan Ketua OSIS. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat...


PROPOSAL
KEGIATAN PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS
MTs NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU
MASA BHAKTI 2017/2018


Oleh:
Pengurus OSIS MTs Negeri Model Babakan Masa Bhakti 2016/2017

1. DASAR PEMIKIRAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Bahwa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah satu-satunya wadah organisasi yang sah di sekolah yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian atau alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah, yang merupakan salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, selain latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, dan wawasan wiyatamandala.

Bahwa secara sistematik OSIS dipandang sebagai suatu sistem, yakni tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, dengan aktivitas mengadakan koordinasi, konsultasi, konsolidasi, komunikasi dan pelaporan dalam upaya menciptakan suatu organisasi dinamis yang mendukung terciptanya Visi, Misidan Tujuan Sekolah.

Bahwa untuk kepentingan tersebut perlu ada pembinaan sacara continue, berjenjang, berkesinambungan dan dilengkapi dengan perangkat informasi, ajang kegiatan dan sarana pelatihan baik langsung maupun tidak langsung untuk mematangkan kemampuan berorganisasi para siswa sesuai dengan tahapan manajemen kemampuan seperti planning, organizing, actuating dan controlling (POAC).

Bahwa membina dan menumbuhkembangkan kemampuan serta organization skill para siswa dan pengurus OSIS merupakan tanggung jawab bersama antara komponen sekolah, orang tua, masyarakat dan pemerintah, agar kelak mereka memiliki pengetahuan dan pengetahuan mumpuni dalam memimpin dan mengelola organisasi dengan penuh disiplin dan tanggung jawab secara demokratis, jujur, adil dan amanah.

Bahwa pembinaan dan pengembangan serta kaderisasi kepemimpinan OSIS dan organisasi-organisasi lain yang ada di bawaah koordinasinya merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi setiap tahun dan berlaku pada setiap generasi secara terus-menerus dan harus diciptakan setiap tahun.

Bahwa kepengurusan OSIS Masa Bakti 2017/2018 akansegeraberakhir, maka untuk kesinambungan kepemimpinan dan produktivitas realisasi program kegiatan selanjutnya, mutlak diperlukan kepengurusan baru OSIS MTs Negeri Model Babakan MasaBakti 2017/2018 melalui Program Rutin Tahunan yakni Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua OSIS (PEMILU OSIS) untuk kemudian melengkapi kepengurusannya satu tahun kedepan.


2. DASAR HUKUM PEMILIHAN KETUA OSIS

Rencana penuyelenggaraan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Santri Intra Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tegal (OSIS MTsN Model Babakan Lebaksiu) didasarkan atas beberapa peraturan, yaitu diantaranya:

  1. Pancasila sila ke-4
  2. UUD 1945 Pasal 28 Tentang Demokrasi
  3. Program kerja Bidang Kesiswaan MTs Negeri Model Babakan
  4. Program kerja OSIS MTs Negeri Model Babakan Masa Bhakti 2016/2017
  5. Hasil rapat pengurus OSIS tanggal 2 Oktober 2017

3. NAMA KEGIATAN

“Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Santri Intra (OSSI) MTsN 1 Tegal (OSIS MTs Negeri Model Babakan)”

4. TEMA KEGIATAN PEMILIHAN KETUA OSIS

“Melalui pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Santri Intra (OSSI) MTsN 1 Tegal, kita kembangkan kaderisasi kepemimpinan yang demokratis, berbudi, dan agamis”

5. PESERTA KEGIATAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Peserta pada kegiatan kali ini adalah seluruh siswa siswi MTs Negeri Model Babakan. yang diberi hak suara untuk memilih dan menentukan ketua dan wakil ketua OSIS Masa Bakti 2016/2017 dengan perkiraan peserta sebagai berikut:
  • Peserta Didik kelasVII dengan jumlah 13 kelas
  • Peserta Didik kelas VIII dengan jumlah 11 kelas
  • Peserta Didik kelas IX dengan jumlah 11 kelas

6. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Maksud dan tujuan diadakanya Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2017/2018 yaitu untuk melanjutkan tugas/kepengurusan OSIS masa bhakti 2016-2017 dan untuk membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi siswa-siswi MTs Negeri Model Babakan melalui kegiatan-kegiatan yang akan diadakan oleh pengurus OSIS masa bhakti 2017-2018.

7. TAHAPAN DAN JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

Pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua dan wakil Ketua OSIS masa bakti 2017-2018 dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu:
  1. Tahap Sosialisasi Pendaftaran dan Pemilihan Bakal Calon oleh Tim Verifikasi (2 Oktober 2017)
  2. Tahap Seleksidan Verifikasi Bakal Calon Ketua OSIS dan Bakal Calon Wakil Ketua OSIS (2 Oktober 2016)
  3. Tahap Pemotretan calon kandidat untuk surat suara (3 Oktober 2017)
  4. Tahap kampanye kegiatan, pemungutan suara, dan perhitungan suara (9 Oktober 2017)

8. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN.

Kampanye kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2017 pukul 07.00 s.d selesai bertempat di Lapangan MTs Negeri Model Babakan.

9. SUSUNAN PANITIA KEGIATAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Panita kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini merupakan gabungan dari pengurus OSIS yang dipilih berdasarkan kompetensi untuk membantu keberlangsungan acara pemilihan ini. HTML Tabel
Struktur Panitia Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS
Nomor Jabatan Kepanitiaan Nama Pengurus
1Ketua Panitia Ade Gilang Pradana
2Sekretaris Firda Rizka Afaroh
3Seksi Kegiatan Dhiffa Trisna Kurnia
Seksi Acara Seno Iklil Aziz Zamar
Seksi Konsumsi Aida Rasya Fitriani

10. ANGGARAN BIAYA KEGIATAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Rencana anggaran yang disusun agan digunakan untuk pelaksanaan persiapan, pelaksanaan, serta laporan. HTML Tabel
Anggaran Dana Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS
Nomor Jenis Kebutuhan Perlombaan Nilai Nominal
1Banner Rp. 108.000,-
2Surat Suara: 500 lembar @ Rp. 2.000,- Rp. 1.000.000,-
3Konsumsi Panitia: 30 snack @ Rp. 10.000,- Rp. 300.000,-
4Lain-lain Rp. 300.000,-
Nilai Total Rp. 1.700.000,-
Detil dan rincian keseluruhan rencana anggaran belanja terlampir.

11. PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun sebagai bahan pertimbangan dan pedoman dalam kegiatan yang akan dilaksanakan nanti. Semoga proposal ini bisa menjadi pegangan bagi semua pihak yang membutuhkannya.

Harapan dari kegiatan ini adalah lahir kader-kader pemimpin yang berdedikasi tinggi, terampil, kreatif, inovatif, jujur, berbudi pekerti luhur yang pada gilirannya akan membawa MTs Negeri Model Babakan ke arah yang lebih baik, penuh dengan kegiatan yang bermanfaat dan maju. “Amin”.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan semoga segala sesuatu yang kita rencanakan bisa berjalan dengan baik, Amiinn Yarobbalalamin...

Sri Kuncoro Allah Is My Power
Follow: FB | IG | YT

0 Response to "Contoh Proposal Pemilihan Ketua OSIS"

Post a Comment

Jika bermanfaat, silahkan berbagi dan berkomentar dengan baik...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel