Pokok Program dan Program Unggulan Kesehatan

Program-program pembangunan kesehatan dilaksanakan secara terpadu dengan pembangunan sektor-sektor pendukung dalam masyarakat. Hal ini juga dilaksanakan dengan memperhatikan masalah dan kecenderungan yang dihadapi serta memperhatikan arah, tujuan, dan strategi pembangunan. Oleh karena itu, pelaksanaan pembangunan dibidang kesehatan dikelompokan dalam kelompok pokok program dan program unggulan.


Dikutip dari buku Pedoman Upaya Kesehatan Melalui Pendekatan Keluarga Bagi Petugas Puskesmas yang diterbitkan olhe Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, maka Pokok Program Kesehatan dan Program Unggulan dijabarkan dalam deskripsi sebagai berikut:

Pokok Program Kesehatan

Upaya peningkatan dan pemeliharaan kesehatan juga dilakukan dengan memperhatikan sumber daya di masa sekarang hingga masa depan. Adapun pokok-pokok program pembangunan kesehatan tersebut adalah:

A. Pokok Program Perilaku Sehat dan Pemberdayaan Masyarakat

Pokok Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, membentuk sikap serta mengarahkan perilaku individu, keluarga dan masyarakat sehingga mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya serta berperan aktif dalam membangun kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat lebih mandiri serta produktif.

Sasaran program ini adalah untuk tercapainya perilaku hidup sehat, serta meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat melalui peningkatan komunikasi, penyediaan informasi serta tersedianya bantuan, dorongan, bimbingan, dan perlindungan sehingga individu, keluarga, dan masyarakat diharapkan dapat berperilaku hidup bersih dan sehat. Dengan demikian individu, keluarga, dan masyarakat diharapkan dapat menjaga serta memelihara kesehatan sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas hidupnya.

B. Pokok Program Kesehatan Lingkungan

Pokok program ini bertujuan untuk mewujudkan mutu lingkungan hidup yang legih sehat agar dapat melindungi masyarakat dari ancaman bahaya sehingga tercapai derajat kesehatan individu, keluarga dan mayarakat yang optimal.

Sasaran program ini adalah meningkatnya mutu lingkungan hidup, serta kemauan sekaligus kemampuan individu, keluarga, maysarakat, serta pemerintah dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan kesehatan.

C. Pokok Program Upaya Kesehatan

Tujuan pokok program upaya kesehatan adalah meningkatkan pemerataan dan mutu upaya kesehatan yang berhasil dan berdaya guna serta terjangkau oleh seluruh anggota masyarakat.

Sasaran program ini adalah tersedianya pelayanan kesehatan dasar dan rujukan baik pemerintah maupun seasta yang didukung oleh peran serta masyarakat dan sistem pembiayaan pra upaya. Perhatian utama diberikan pada pengembangan upaya kesehatan yang mempunyai daya ungkit tinggi terhadap peningkatan derajat kesehatan.

D. Pokok Program Obat Makanan dan Bahan Berbahaya

Pokok program ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan dan kesalahgunaan obat, psikotropika, narkotika, zat adiktif, prekursor dan bahan berbahaya, menjamin keamanan dan mutu makanan, kosmetik serta alat kesehatan yang beredar di Indonesia.

Sasaran pokok program ini adalah meningkatnya jangkauan pengawasan sediaan farmasi, makanan dan alat kesehatan sehingga dapat mencegah beredarnya produk-produk yang tidak memenuhi syarat serta terlindunginya masyarakat dari bahaya penyalahgunaan dan kesalahgunaan obat, narkotik, psikotropik, zat adiktif, dan prekursor.

E. Pokok Program Sumber Daya Kesehatan

Pokok program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah, mutu, dan penyebaran tenaga kesehatan, meningkatka jumlah, efektifitas dan efisiensi penggunaan biaya kesehatan, serta meningkatkan pengadaan dan produksi bahan baku serta obat jadi yang bermutu.

Sasaran pokok program ini adalah tersedianya berbagai tenaga kesehatan yang sesuai dengan kebbijakan paradigma sehat, perkembangannya, sistem pembiayaan pra upaya dalam bentuk JPKM serta tersedianya bahan baku dan obat jadi yang bermutu aman sesuai dengan kebutuhan.

F. Pokok Program Kebijakan dan Managemen Pembangunan Kesehatan

Agar upaya penyelenggaraan kesehatan sesuai dengan visi, misi, dan strategi yang telah ditetapkan, dibutuhkan kebijakan dan managemen sumber daya yang efektif dan efisien sehingga dapat tercapai pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas.

Sumber daya tenaga pembiayaan, fasilitas, ilmu pengetahuan, teknologi serta informasi. Sumber daya pendukung tercapainya visi, misi, dan strategi tersebut berasal dari pemerintah dan masyarakat termasuk swasta.

G. Pokok Program Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Program penelitian dan pengembangan dibidang kesehatan bertujuan untuk memberikan masukan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) guna menunjang pembangunan kesehatan dan utamanya untuk mendukung perumusan kebijakan, membantu memecahkan masalah kesehatan serta mengatasi kendala di dalam pelaksanaan program kesehatan. Penelitian dan pengembangan kesehatan akan terus dikembangkan dan didesentralisasikan sehingga menjadi bagian dari sistem manajemen kesehatan daerah.

Sasaran program ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi didorong untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, gizi, pendayagunaan obat, pemberantasan penyakit menular dan perbaikan lingkungan. Penelitian yang berkaitan dengan ekonomi kesehatan dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan pembiayaan kesehatan dari pemerintah dan swasta, serta meningkatkan kontribusi pemerintah dalam pembiayaan kesehatan yang masih terbatas. Penelitian bidang sosial budaya dan perilaku hidup sehat dilakukan untuk mengembangkan gaya hidup sehat atau life style dan mengurangi masalah kesehatan masyarakat.

Program Kesehatan Unggulan

Keterbatasan sumber daya yang tersedia serta disesuaikan dengan prioritas masalah kesehatan yang ditemukan dalam mayarakat dan kecenderungannya pada masa mendatang, maka untuk meningkatkan percepatan perbaikan derajat kesehatan masyarakat yang dinilai penting untuk mendukung keberhasilan program pembangunan nasional, ditetapka sepuluh program kesehatan unggulan sebagai berikut:
  1. Program Kebijakan Kesehatan, Pembiayaan Kesehatan, dan Hukum Kesehatan;
  2. Program Perbaikan Gizi;
  3. Program Pencegahan Penyakit Menular termasuk Imunisasi;
  4. Program Peningkatan Perilaku Hidup Sehat dan Kesehatan Mental;
  5. Program Lingkungan Pemukiman, Air, dan Udara Sehat;
  6. Program Kesehatan Keluarga, Kesehatan Reproduksi, dan Keluarga berencana;
  7. Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja;
  8. Program Anti Tembakau, Alkohol, dan Madat;
  9. Program Pengawasan Obat, Bahan Berbahaya, Makanan dan Minuman;
  10. Program Pencegahan Kecelakaan dan Rudapaksa, termasuk keselamatan Lalu Lintas.
10 (sepuluh) program tersebut tidak akan bisa terlaksana dengan baik jika hanya bertumpu pada Departemen Kesehatan, tetapi perlu adanya peran serta dan kerja sama dengan sektor pendukung lainnya. Departemen Kesehatan sebagai penggerak Pembangunan Nasional Berwawasan Kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pokok Program dan Program Unggulan Kesehatan"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...