Pengertian Jenis Unsur dan Fungsi Berita Acara Serah Terima Jabatan

Setelah melaksanakan seleksi dan penentuan ketua serta wakil ketua OSIS melalui pemilu langsung yang diikuti seluruh peserta didik, maka Ketua dan Wakil ketua disahkan. Prosesi ini meliputi kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan dari pemegang kewenangan terdahulu kepada Pengurus yang baru.


Pelantikan dan Serah Terima Jabatan tidak wajib untuk dilaksanakan bersamaan. Namun untuk memperhitungkan nilai efektivitas dan efisiensi, maka lebih baik dilaksanakan secara bersamaan. Kunci dari pelaksanaan Serah Terima Jabatan adalah dilakukan jika Pihak Pertama selaku yang Menyerahkan Jabatan telah menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawabnya selama menjabat sehingga secara administratif siap untuk dipertanggungjawabkan. Sehingga tidak ada beban kerja Pihak Pertama (pemilik jabatan lama) yang harus ditanggung oleh Pihak Kedua (Penerima Jabatan).

Pengertian Berita Acara Serah Terima Jabatan

Berita acara serah terima jabatan merupakan bukti formal yang dapat diarsipkan dan didokumentasikan berkenaan dengan pelimpahan jabatan yang berisi tugas, kewenangan, dan tanggung jawab dari Pihak Pertama (sebagai yang menyerahkan) kepada Pihak Kedua (yang menerima).

Serah Terima Jabatan juga sering disebut dengan akronim "Sertijab" yang memiliki berbagai variasi dalam teknis pelaksanaannya. Menurut tempat pelaksanaannya, Serah Terima Jabatan bisa dilakukan secara Indoor atau dalam ruangan dan Outdoor atau dilakukan di luar ruangan.

Masing-masing jenis Serah Terima Jabatan (Sertijab) tersebut memiliki karakteristik berupa kelebihan dan kekurangan. Serah Terima Jabatan yang bersifat Indoor lebih mudah dikondisikan sehingga potensi untuk menciptakan suasana khidmat lebih besar. Karena berada di dalam gedung atau ruangan, maka suasana Sertijab Indoor terkesan lebih formal namun biasanya terkendala dengan daya tampung tempat sehingga berkesan tertutup untuk umum.

Berbeda dengan Sertijab Indoor, Serah Terima Jabatan Out Door yang dilaksanakan di luar ruangan akan bersifat lebih terbuka dan dapat menampung lebih banyak orang. Namun demikian Sertijab Out Door terkandang menghadapi kendala cuaca dan kondisi yang sulit untuk dikondisikan sehingga suasananya crowded (kurang khidmat).

Unsur-Unsur Berita Acara Sertah Terima Jabatan

Meski bersifat relatif, namun ada beberapa beberapa unsur yang perlu ada dalam berita acara serah terima jabatan, diantaranya:
  1. Waktu dan tempat pelaksanaan;
  2. Identitas yang menyerahkan jabatan, kemudian disebut sebagai Pihak Pertama;
  3. Identitas Penerima jabatan yang kemudian disebut sebagai Pihak Kedua;
  4. Pernyataan mengenai isi Serah Terima Jabatan atau biasa disebut dengan klausul;
  5. Objek yang diserahkan oleh Pihak Pertama dan diterima Pihak Kedua (berupa benda, arsip, tanggungjawab, hak serta kewajiban, dll);
  6. Saksi.

Fungsi Berita Acara Serah Terima Jabatan

Unsur-unsur tersebut tidak mempengaruhi sah tidaknya prosesi Serah Terima Jabatan, karena masing-masing organisasi mempunyai kriteria dan metode yang berbeda. Namun, hal ini menjadi bagian dari syarat formal sekaligus tanda resmi berakhirnya jabatan lama serta dimulainya jabatan baru dalam organisasi. Serah Terima jabatan juga bisa digunakan sebagai acuan pengurus organisasi yang baru untuk bekerja. Berikut ini berita acara serah terima jabatan ketua OSIS:

BERITA ACARA
SERAH TERIMA JABATAN KETUA OSIS
MTS NEGERI MODEL BABAKAN LEBAKSIU TEGAL
MASA BHAKTI 2016/2017 KE 2017/2018

Pada hari ini Sabtu tanggal Dua Puluh Delapan buan Oktober tahun Dua Ribu Delapan Belas telah dilaksanakan serah terima jabatan Ketua OSIS MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal Masa Bhakti 2016/2017 kepada Ketua OSIS MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal Masa Bhakti 2017/2018 yang bertempat di Lapangan Upacara MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal pada pukul 08.00 WIB, kami yang bertanda tangan di bawah ini:
HTML Tabel
Nama Seno Iklil Aziz Zamar
N I S 150199<
Kelas IX D
Jabatan Ketua OSIS Masa Bhakti 2016/2017
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA
Nama M. Syihabuddin Suny
N I S 160176
Kelas VIII B
Jabatan Ketua OSIS Masa Bhakti 2017/2018
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA
Berdasarkan keputusan hasil pemungutan suara secara langsung kepada seluruh Peserta Didik MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2017, maka ditindaklanjuti dengan kegiatan sebagai berikut:
“PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA Jabatan Ketua OSIS MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal dengan segala konsekensi, hak dan kewajiban, serta tugas dan wewenang menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA”.
Demikian berita acara serah terima jabatan Ketua OSIS MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK PERTAMA

Seno Iklil Aziz Zamar
NIS. 150199

PIHAK KEDUA

M. Syihabuddin Suny
NIS. 160176


MENGETAHUI
Wakil Kepala
Bidang Kesiswaan

Ahmad Zahid, S.Ag., M.Ed
NIP. 196909201997031002

Kepala
MTsN Model Babakan Lebaksiu Tegal

Mukhlasin, S.Pd M.Pd

NIP. 196210041991031006

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jenis Unsur dan Fungsi Berita Acara Serah Terima Jabatan "

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...