Profil MAN 1 Tegal (Madrasah Aliyah Negeri Babakan Lebaksiu)

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tegal merupakan lembaga pendidikan formal berbasis ilmu agama Islam setingkat dengan sekolah menengah atas dan menjadi bagian dari satuan kerja Kantor Kementerian Agama Kebupaten Tegal. Sepanjang perjalanan dan perkembangannya, MAN 1 Tegal telah mengalami beberapa kali perubahan nama.

Tinjauan Sejarah MAN 1 Tegal

Secara historis, berdirinya MAN 1 Tegal tidak lepas dari peran Yayasan Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal yang merupakan bentuk representasi perwujudan rasa tanggung jawab dalam berjuang fisabilillah 'alim ulama di dunia pendidikan untuk memberikan partisipasinya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada awalnya, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pondok pesantren, didirikan pendidikan berbasis pengetahuan Agama yaitu:
  1. Madrasah Diniyah Tsanawiyah yang dipimpin oleh K. Baedowi Mufti
  2. Madrasah Diniyah Mualimat dipimpin oleh K. Muslich Ma'sum, BA.
Selain pendidikan berbasis agama, Yayasan Pondok Pesantren Ma'hadut THolabah juga mendirikan dan mengembangkan pendidikan yang berbasis pengetahuan umum, diantaranya Madrasah Menengah Pertama (MMP) dan Madrasah Menengah Atas (MMA) yang dipimpin oleh KH. Sofwan Mufti BA. Selanjutnya, MPP kini berkembang dan berubah menjadi MTsN 1 Tegal dan MAA kemudian menjadi cikal bakal MAN 1 Tegal.

Perkembangan selanjutnya, berdasarkan usulan permohonan penegerian MMA tertanggal 1 Maret 1968 yang ditandatangani oleh ketua pengasuh Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah KH. Isa Mufti dan Kepala MMA KH. Shofwan Mufti, BA., serta Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor 81 Tahun 1968 tertanggal 19 April 1968 TMT. 01 Januari 1968, maka Madrasah Menengah Atas (MMA) berubah menjadi Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN). Manajemen dan organisasinya dipercayakan kepada RM. Kholid sebagai Pejabat Sementara (PJs) Kepala terpilih atas nama Pejabat Kepala Inspeksi Pendidikan Agama Islam Kabupaten Tegal.

Pada akhir tahun pelajaran 1978/1980, dengan izin Allah SWT., MAAIN memperoleh kepemilikan lahan seluas 2.580 m2 eks tanah bengkok Carik yang terletak di sebelah timur Dukuh Babakan melalui tukar tambah dengan tanah yang dibeli BP.3 MAAIN dengan luas 9.200 m2. Mendapat bantuan dari kantor Departemen Agama, lahan tersebut kemudian dibangun gedung 3 lokal dan 1 ruang.

Sumber Foto: ManBalet.com - Perayaan Hari Jadi MAN1 Tegal e-49

Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN) terus disandang sampai tahun 1975. Kemudian, berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 18 Tahun 1975, MAAIN berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) TMT tertanggal 1 Januari 1975. Kemudian menindaklanjuti Keputusan Menteri Agama (KMA) bernomor 211 Tahun 2015 tentang perubahan nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Propinsi Jawa Tengah, maka nama MAN Babakan Lebaksiu Tegal berubah nama menjadi MAN 1 Tegal.

Adapun masa dan periode kepemimpinan MAN 1 Tegal adalah sebagai berikut:
  1. KH. Drs. Shofwan Mufti (tahun 1968 – 1985)
  2. H. Ahmad Kurdi, BA (tahun 1985 – 1991)
  3. KH. Drs. Muslich Ma’shum (tahun 1991 – 1998)
  4. KH. Drs. Mubasyir Dahlan, M.Ag. (selama 6 bulan mennjadi pejabat sementara Kepala MAN Babakan, juga merangkap sebagai Kepala MAN Pagerbarang)
  5. Drs. H. Mudasyir Mas’ud, M.Ag (tahun 1998 – 2004)
  6. KH. Drs. Mubasyir Dahlan, M.Ag. (selama 9 bulan)
  7. Drs. Syaefuddin, M.Pd. (tahun 2005 – 2007)
  8. KH. Bukhori, S.Ag. (tahun 2007 – 2012)
  9. Drs. H. Kamaluddin, MM. (tahun 2012 - sekarang)

Letak Geografis MAN 1 Tegal

Secara geografis, MAN 1 Tegal yang beralamat di jl. Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Dukuh Babakan Desa Jatimulya Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Propinsi Jawa Tengah. Secara riil MAN 1 Tegal terdiri dari dua lokal area yang terpisah jalan (sebelah utara dan selatan) dengan kondisi bangunan dibatasi oleh:
  • Sebelah utara : Sawah
  • Sebelah Selatan : Perkampungan
  • Sebeelah Barat : Perkampungan
  • Sebelah Timur : Warung
Letak geografis MAN 1 Tegal yang jauh dari keramaian mempunyai suasana yang kondusif untuk menjadi tempat kegiatan belajar, sehingga dapat membantu para peserta didik untuk berkonsentrasi dalam proses pembelajaran.

Visi MAN 1 Tegal

Terwujudnya generasi Islam yang berilmu ilmiyah, beramal islamiyah dan bermoralul kaimah, unggul prestasi, masa depan cerah.

Misi MAN 1 Tegal

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik yang Islamiyah;
  2. Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam bermoral;
  3. Mewujudkan pembentukan karakter Islami yang mampu mengembangkan dan mengaktualisasi Ilmu dan amal yang dijiwai ajaran Islam dalam masyarakat;
  4. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan;
  5. Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Kiprah MAN 1 Tegal

Dalam perjalanan sejarahnya, atas kebutuhan pendidikan di masyarakat, MAN 1 Tegal yang dulunya bernama MAN Babakan Lebaksiu, pernah membuka filial (kelas jauh) yang kemudian juga melahirkan lembaga pendidikan negeri lainnya, diantaranya:
  • Pertama, filial Brebes di Komplek Islamic Centre pada tahun 1983/ 1984 yang kemudian dinegerikan pada tahun 1996 dengan Kepala Drs. Nursalim yang sekarang menjadi MAN 1 Brebes.
  • Kedua, filial Kota Tegal di Jalan Kemuning Tegal, pada tahun 1984/1985 dipimpin oleh Drs. Mustajab yang sekarang menjadi MAN Kota Tegal.
  • Ketiga filial di Laren, Bumiayu yang dipimpin oleh Drs. Isroil dan sekarang menjadi MAN 2 Brebes.
Jika dilihat dari historisnya MAN 1 Tegal merupakan Madrasah Aliyah Negeri tertua di Jawa Tengah. Kiprah MAN 1 Tegal juga pernah menjadi pusat Rayon Ujian Tingkat 1 Jawa Tengah yang meliputi wilayah Pekalongan, Kalibeber, Banyumas, Cilacap, Wonosobo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil MAN 1 Tegal (Madrasah Aliyah Negeri Babakan Lebaksiu)"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...