Belajar Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSSI MTsN 1 Tegal

Ditengah suasana berkabung, setelah meninggalnya Bapak Moh. Imam Sulkhi, S.Ag selaku Pembina OSSI, para pengurus Organisasi Santri/Siswa Intra (OSSI) MTsN 1 Tegal tetap bersemangat melanjutkan agenda tahunan dalam rangka regenerasi.

Kegiatan regenerasi kepengurusan  OSSI MTsN 1 Tegal dilaksanakan dalam bentuk seleksi dan penentuan pengurus serta pemilihan Ketua. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak bulan September hingga Oktober dan nantinya akan dilanjutkan pada prosesi pelantikan serta Latihan Dasar Kepemimpinan.

Prosesi Pemilihan Ketua OSSI MTsN 1 Tegal Masa Bhakti 2017-2018

Setelah melakukan orasi dengan memaparkan visi dan misi calon atau kandidat ketua OSSI MTsN 1 Tegal Masa Bhakti 2017-2018, tepat usai upacara bendera hari Senin tanggal 10 November 2017, enam kadidat atau calon Ketua dan Wakil Ketua diadu dalam pemungutan suara. Pemilihan umum yang dilaksanakan dengan sistem langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil ini diorganisir oleh Pengurus OSIS Masa Bhakti 2016-2017 yang saat ini telah menapaki tingkat kelas IX dan menjelang purna bhakti.


Disampaikan oleh Plt. Pembina OSSI MTsN 1 Tegal, Bapak Moh. Zaenudin, S.Pd, bahwa Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSSI ini merupakan ajang bagi peserta didik untuk berlatih demokrasi. Diharapkan setelah lulus dari MTsN 1 Tegal, alumni sudah familier dengan kegiatan pemungutan suara dan bisa bersikap dewasa dalam berdemokrasi.

Ditambahkan oleh Bapak Sri Kuncoro SP., S.Pd selaku Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) MTsN 1 Tegal, yang mengutip dari Kepala Madrasah terdahulu-Bapak Drs. H. Wahidin, bahwa momen ini merupakan upaya untuk mendapatkan pemimpin organisasi kesiswaan yang "Pinter, Kober, dan Bener".

Pinter berarti mempunyai kemampuan administrasi diatas rata-rata. Sebab, kegiatan OSSI akan sering memakan waktu dan meninggalkan jam pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan anak yang pinter agar tidak ketinggalan materi pelajaran. "Kober" dalam bahasa Jawa mempunyai arti sempat. Jadi, diharapkan selain pinter, anak tersebut juga bisa meluangkan dan memanajemen waktu untuk memimpin organisasi. Sedangkan bener, berarti bisa memilih yang baik dalam membuat keputusan dan melakukan tindakan.

Hasil Pemungutan Suara Pemilihan Ketua OSSI MTsN 1 Tegal

Acara yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 09 Oktober 2017 di Aula MTsN 1 Tegal diikuti ribuan peserta didik kelas 7 (FDS1, A, B, C, D, E, FDS2, F, G, H,I, J, dan K), 8, dan 9 yang terdiri dari (FDS1, A, B, C, D, E, FDS2, F, G, H, I) baik putra maupun putri. Adapun hasil pemungutan suara Pemilihan Ketua OSSI Masa Bhakti 2017-2018 yang diikuti oleh Enam kandidat atau calon, yaitu:
Nomor Kandidat Nama Kandidat/Calon Ketua Organisasi Siswa/Santri (OSSI) MTsN 1 Tegal Kelas Jumlah Perolehan Suara
1 Ghafara Raihana Shofiani 8G 147
2 Ahmad Khoerul Umam Nadhif 8FDS1 103
3 Nadia Amborika 8FDS2 98
4 M. Bintang Sabili 8B 136
5 Lutfiyah Hanim Afifah 8F 272
6 M. Syihabuddin Sunny 8B 303

Kartu Rusak atau Tidak Sah
88

Total Suara yang Digunakan
1147

Kartu Tidak Digunakan
248
Suara tidak sah atau rusak berkisar diangka 88 dan kartu suara yang tercetak lebih sehingga tidak digunakan sebanyak 248. Besarnya angka Peserta Didik yang tidak menggunakan suara dikarenakan data dalam Daftar Pemilih belum diverifikasi dengan kondisi di lapangan yang sebagian kondisi anak sudah pindah dan tidak lagi menjadi murid MTsN 1 Tegal.

Berdasarkan rapat pemungutan suara tersebut, maka ditentukan Ketua dan Wakil Ketua OSSI MTs Negeri 1 Tegal Masa Bhakti 2017-2018 adalah M. Syihabuddin Sunny dan Lutfiyah Hanim Afifah.

Selamat bertugas untuk Pengurus OSSI baru masa bhakti 2017-2018, berikan bhakti terbaikmu untuk pendidikan MTsN 1 Tegal. Terima kasih kepada Pengurus OSSI MTsN 1 Tegal Masa Bhakti 2016-2017 yang telah bekerja sama dengan keras dan memberikan dedikasi terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSSI MTsN 1 Tegal"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...