Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Si Nok Si Tong Duta Wisata Kabupaten Brebes

Pengelolaan penyelenggaraan Pemilihan Si Nok Si Tong Duta Wisata (PSSDW) Kabupaten Brebes merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk terus terlaksananya kegiatan PSSDW Kabupaten Brebes. Adapun kegiatan pengelolaan ini didasarkan pada visi dan misi penyelenggaraan. Kegiatan PSSDW Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2017 dibuka pendaftaran mulai tanggal 17 Juli 2017 s/d 28 Agustus 2017.

A. Pelaksanaan Kegiatan

  • Seleksi Pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata Kabupaten Brebes akan dilaksanakan pada hari Senin – Selasa  tanggal 4-5 September 2017 bertempat di Hotel Kencana Brebes pukul 08.00 WIB s/d selesai
  • Karantina Peserta Nominator Sinok Sitong Duta Wisata Kabupaten Tegal diagendakan pelaksanaannya pada hari Kamis-Sabtu tanggal 7-9 September 2017 bertempat di DTW Mangrovesari Pandansari Brebes pukul 08.00 WIB s/d selesai
  • Grand Final Pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata Kabupaten brebes dilaksanakan pada hari Sabtu  tanggal 9 September 2017 di Pendopo Kabupaten Brebes pukul 20.00 WIB s/d selesai

B. Penyelenggaraan Kegiatan

Penyelenggaraan PSSDW Kabupaten Brebes Tahun 2017 harus dikelola dengan baik dan mengacu pada visi serta misi. Adapun Visi Pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata Kabupaten Brebes Tahun 2017 adalah sebagai berikut:
Memposisikan Si Nok Si Tong Kabupaten Brebes sebagai remaja ataupun generasi muda berkualitas yang merupakan cermin kepribadian generasi muda Kabupaten Brebes, yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kepariwisataan dalam batas penggunaan jasa wisata Kabupaten Brebes
Sedangkan Misi penyelenggaraan PSSDW Kabupaten Brebes adalah memilih duta wisata yang diharapkan dapat merupakan:
  1. Pencerminan dari figur ideal generasi muda Jawa Tengah pada umumnya, Kabupaten Brebes pada khususnya;
  2. Representasi citra positif Kabupaten Brebes dari segala aspeknya, baik secara lokal maupun nasional;
  3. Figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni budaya yang merupakan aset kepariwisataan di Kabupaten Brebes baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
Pada tahap Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata Kabupaten Brebes terbagi menjadi beberapa tahap, diantaranya:
  • Tahap pendaftaran PSSDW
Dimulai tanggal 17 Juli 2017 s/d 28 Agustus 2017 berkas dikumpulkan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bidang Pariwisata, Seksi Promosi, Usaha dan Pemasaran Pariwisata
  • Tahap Seleksi Pemilihan Sinok Sitong Duta Wisata Kab. Brebes
  1. Administrasi Kelengkapan Berkas Pendaftaran
  2. Vlog masing-masing peserta dalam memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten Brebes memamerkan/mempromosikan potensi wisata, budaya, kerajinan lokal, kuliner, busana pada media audio visual berupa vlog yang dilakukan oleh peserta PSSDW 2017 durasi minimal 1 menit maksimal 2 menit dalam bentuk softcopy dan dikumpulkan dalam satu berkas.
  3. Pengukuran Tinggi Badan dan Berat Badan
  4. Test Tertulis, berupa pilihan ganda maupun uraian jawaban pada lembar soal dan jawaban yang sudah disediakan oleh panitia PSSDW 2017. 
  5. Test Tour Guide, berupa test uji bakat dalam memaparkan potensi pariwisata kepada audience, waktu tes uji bakat minimal 2 menit maksimal 5 menit. 
  6. Tes Uji Bakat / Apresiasi Seni berupa aksi seni dan budaya berupa gerakan maupun lagu yang dikemas secara langsung maupun media audio, peserta diharapkan membawa flashdisk yang berisi audio yang akan ditampilkan, adapun waktu penampilan minimal 3 menit maksimal 5 menit. 
  7. Tes Wawancara, wahana pengetahuan peserta PSSDW tentang potensi pariwisata dan pengetahuan umum lainnya.
  8. Pengumuman 20 peserta atau 10 Finalis PSSDW Kabupaten Brebes
  • Tahap Technical Meeting (Temu Teknik)
Bagi 20 peserta / 10 Finalis yang lolos untuk dapat menigkuti technical meeting yang diselenggarakan setelah pengumuman peserta yang lolos pada hari kedua.

C. Sistem Penghargaan

Sistem penghargaan merupakan tata cara yang dimaksudkan untuk memberikan atensi dan penghargaan terhadap prestasi yang dicapai oleh peserta, khususnya peserta yang terpilih sebagai duta wisata yang berupa penghargaan secara instrinsik dan ekstrinsik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Si Nok Si Tong Duta Wisata Kabupaten Brebes"

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...