Tips Persiapan Masuk Madrasah Di Awal Tahun Ajaran Baru

Setelah melalui proses Penerimaan Peserta Didik Baru dan mendapatkan Madrasah yang tepat, kini saatnya fokus untuk proses belajar mengajar. Diawal tahun pelajaran, berbagai persiapan perlu dilaksanakan agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan mencapai target yang diprogramkan.


Awal tahun ajaran baru merupakan moment yang penting bagi seluruh unsur madrasah, baik Peserta Didik, Orang Tua, Guru, maupun Staf Tata Usaha. Pada masa ini menjadi pondasi yang dapat memberikan kesan sekaligus penilaian bagi setiap unsurnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan oleh setiap unsur pendidikan di madrasah.

Orang Tua Hebat Adalah Orang Tua Terlibat

Maksudnya, jadilah orang tua yang perhatian terhadap kebutuhan pendidikan putra-putri kita. Ini bisa dilakukan berdasar pada tingkat umur dan kedewasaan si anak. Pada awal memasuki madrasah yang baru, orang tua perlu memberikan pendampingan kepada anaknya agar memiliki rasa percaya diri. Jenis kegiatan yang bisa orang tua lakukan adalah:
  1. Menyediakan kebutuhan belajar anak, seperti perlengkapan-peralatan belajar, seragam madrasah, dan sarana lai yang diperlukan untuk belaja.
  2. Mengantarkan anak ke madrasah di hari pertama masuk, seperti yang disarankan Pemerintah sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan karakter anak.
  3. Bagi orang tua yang anaknya tidak mondok atau tidak di asrama, bisa makan bersama keluarga sebelum berangkat ke madrasah. Namun, bila sang anak sudah berada di asrama atau pondok, bisa menelpon untuk memastikan kesiapan berangkat ke madrasah sekaligus memberi semangat. Jika tidak memungkinkan, karena larangan menggunakan ponsel, silahkan datang lebih awal untuk mengantar sang anak.
  4. Berinterakasi dengan wali kelas serta wali/pengasuh asrama dan kyiai untuk menitipkan anaknya di madrasah dan pondok.
Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui beberapa hal terkait dengan program pendidikan yang akan diikuti anaknya. Hal ini juga menjadi bagian dari interaksi yang menjadi awal kebaikan mamantau perkembangan anak anda dan orang tua bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Mencari informasi nomor telpon wali kelas, pengasuh asrama, dan kyiai pondok
  2. Mencari informasi mengenai pertemuan rutin wali murid dengan wali kelas, pihak madrasah, pihak asrama ataupun pihak pondokan. Jika tidak, tanyakan, apakah orang tua wali bisa mengatur sendiri jadwal pertemuannya.
  3. Mencari informasi mengenai program pendidikan yang akan diterima sang anak
  4. Mencari informasi mengenai masalah kesiswaan baik akademik maupun non akademi
  5. Mencari informasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh sang anak

Siswa Hebat dan Santri Bermartabat

Selain menjadi peserta didik, yaitu menerima materi ilmu pengetahuan umum, di madrasah siswa juga menjadi santri untuk mempelajari ilmu agama Islam. Hal ini yang menjadi pembeda utama pendidikan di sekolah dengan pendidikan madrasah. Nah, untuk menjadi siwa hebat santri bermartabat, mulailah melakukan hal-hal ini di awal masuk madrasah:
  1. Bagi siswa baru, cobalah untuk berkenalan dengan sesama siswa baru atau dengan kakak kelas
  2. Siswa baru mencoba mengenali lingkungan dengan mencari informasi mengenai kondisi madrasahnya dari guru ataupun kakak kelas
  3. Mempersiapkan diri untuk mengikuti program madrasah baik intra maupun ekstrakurikuler
  4. Kakak kelas bisa membantu mengenalkan madrasah dengan menceritakan pengalamannya

Guru dan Staf TU Berprestasi Serta Penuh Inspirasi

Setelah orang tua dan murid, kini giliran guru serta staf TU berperan menciptakan kesan yang baik di awal tahun ajaran baru. Untuk menciptakan kesan positif di madrasah, guru dan staf TU dapat melakukan hal-hal yang penting berupa pelayanan dan arahan, diantaranya:
  1. Menyambut dengan ramah kedatangan peserta didik dan orang tua/wali yang mengantar
  2. Membuat program dan pelaksanaan kegiatan kerja bagi Staf TU dan pembelajaran bagi Guru
  3. Memperkenalkan diri sekaligus membantu peserta didik untuk mengenal madrasah
  4. Membantu peserta didik dalam mempersiapkan administrasi, organisasi, dan ketertiban kelas
  5. Memberikan layanan dan informasi yang baik kepada orang tua atau wali murid mengenai program madrasah
Orang Tua, Peserta Didik, dan Guru serta Staf TU, merupakan bagian-bagian penting dalam menciptakan suasana menyenangkan di awal tahun ajaran baru. Ketiga unsur tersebut perlu bersinergi menciptakan suasana harmonis untuk menuju madrasah lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

Bahan Materi MOPD Wawasan Wiyata Mandala

Recent Post