MTs Model Gelar Pemungutan Suara Menentukan Ketua OSIS 2016


Tidak kalah dengan hajat yang baru-baru ini ramai dibicarakan, Pilkada DKI Jakarta, MTs Negeri 1 Tegal (MTsN Model Babakan) juga melakukan kegiatan rutin Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2016 – 2017. Satu minggu setelah dilakukan seleksi terhadap kelas VII dan VIII untuk menjadi Pengurus OSIS dan Calon Ketua Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2016 seusai Ulangan Tengah Semester Gasal. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih Peserta Didik berpola hubungan dalam masyarakat yang demokratis.

Pelaksanaan Pemilu didahului dengan penyampaian Visi, Misi, dan Debat Calon Ketua serta Wakil Ketua OSIS di hadapan seluruh Peserta Didik. Aturuan yang ditetapkan oleh penyelenggar pemilu diputuskan bahwa kandidat yang memperoleh suara terbanyak diangkat sebagai ketua dan suara terbanyak kedua menjadi wakil ketua. Ketentuan tersebut juga diiringi peraturan tambahan, jika peraih suara terbanyak Putra, maka yang diangkat sebagai wakil adalah Putri. Sebaliknya, jika suara terbanyak diraih Putri, maka wakilnya adalah Putra.

Usai penyampaian Debat Calon Ketua dan Wakil Ketua, tepat pukul 08.30 pemungutan suara dilaksanakan secara bergantian tiap kelas di aula sebagai TPS. Petugas Pemugutan Suara merupakan Pengurus OSIS Masa Bhakti 2015-2016 yang berstatus kelas IX dibawah binaan Pembina OSIS, yaitu Bapak Moh. Zaenudin, S.Pd. Daftar Pemilih Tetap Pemilu OSIS tahun 2016 ini didasarkan pada data seluruh Peserta Didik baik kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah lebih dari 1200 anak.

Prosess pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS MTsN Model Babakan secara langsungPemungutan suara berlangsung hingga pukul 12.30 dan dilanjutkan dengan penghitungan suara yang dilakukan oleh panitia penyelenggara dan disaksikan oleh perwakilan setiap kelas. Adapun kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs Negeri Babakan Masa Bhakti 2016 – 2017 dengan perolehan suara sebagai berikut:
  1. Ari Pradana Yusuf Kelas 8 FDS 1 dengan perolehan suara 6;
  2. Firda Rizka A. kelas 8 FDS2 dengan perolehan suara 220;
  3. Khaerul Wildan kelas 8 D dengan perolehan suara 71;
  4. Dhiffa Trisna K. kelas 8 H dengan perolehan suara 152;
  5. Adinda Nisrina M. kelas 8 H dengan perolehan suara 71;
  6. Seno Iklil Aziz Zamar kelas 8 D dengan perolehan suara 487.
Sementara itu, Jumlah Suara Rusak atau Tidak Sah 158 dan yang tidak menggunakan suara sekitar 98 dari jumlah keseluruhan DPT 1160 anak. Mempertimbangkan hasil dan jumlah perolehan suara pemungutan suara, maka Komisi Pemungutan Suara Memutuskan dan Menetapkan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs Negeri 1 Tegal (MTsN Model Babakan Lebaksiu) Masa Bhakti 2016-2017 adalah:
  1. Seno Iklil Aziz Zamar sebagai Ketua;
  2. Firda Rizka A sebagai Wakil Ketua. 
Berikut kami tampilkan cuplikan proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs Negeri 1 Tegal:
Rencana tindak lanjutnya adalah melaksanakan agenda berikutnya yaitu mengukuhkan Pengurus OSIS yang rencananya akan dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2016. Selamat untuk yang terpilih, bertugaslah dengan sepenuh hati... Terima kasih untuk yang telah purna melaksanakan tugas dan jadilah motivator sejati...

Comments

Popular posts from this blog

Bahan Materi MOPD Wawasan Wiyata Mandala

Recent Post