Saturday, 24 September 2016

Peserta Didik MTs Model Berbagi Daging Kurban

Salah satu ibadah yang secara hukum Islam tergolong sunah muakad (ditegaskan dan hampir wajib) adalah melaksanakan kurban. Ibadah tersebut bisa dilakukan selama Empat hari terhitung setelah melaksanakan sholat sunah Idul Adha yaitu pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijah. Adapun hewan yang dikorbankan merupakan hewan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak, diantaranya: Kerbau, Sapi, Kuda, Kambing, Onta, dll.

Berkaitan dengan kurban, civitas MTs Negeri 1 tegal telah melaksanakan Latihan Penyembelihan Hewan Kurban yang dilakukan pada hari Selasa tanggal 13 September 2016. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi warga MTs Negeri 1 Tegal untuk melaksanakannya secara mandiri dan menerapkannya pada kehidupan masyarakat di sekitarnya.
Penyerahan simbolik hewan kurban sebelum dipotong
Disampaikan oleh Bapak Drs. H. Mukhlasin, M.Pd, selaku Kepala Madrasah, bahwa kegiatan ini merupakan proses pembentukan karakter untuk memberi yang bermakna saling berbagi dan dikonversikan dalam mata pelajaran Fiqih.

Disaksikan warga MTsN 1 Tegal yang terdiri dari Dewan Guru, Staf TU, dan ribuan peserta didik, penyembelihan kurban yang dilaksanakan di halaman berlangsung lancar diiringi suara takbir mengagungkan Asma Allah. Adapun bentuk dan jumlah hewan yang dikurbankan adalah dua ekor sapi diatasnamakan bagi tujuh orang untuk tiap sapi dan dua ekor kambing untuk satu orang untuk bagi kambingnya.

Setelah penyembelihan, kegiatan berikutnya adalah pemotongan daging yang kemudian dikemas dan didistribusikan pada sebagian Peserta Didik MTs Negeri 1 Tegal yang berkriteria yatim dan/atau piatu, peserta didik yang memperoleh BSM. Selain itu, pentasyarufan daging kurban juga diberikan kepada yayasan ataupun lembaga di lingkungan MTsN 1 Tegal, diantaranya Panti Asuhan Mukhlisin Desa Lebakgowah, Pondok Pesantren Ma`hadut Tholabah, dan Paud Islamuna, serta masyarakat sekitar lingkungan madrasah di daerah Lebakgowah, Jatimulya, Babakan, Jomblang.

Semoga tujuan dari kegiatan Latihan Penyembelihan Kurban yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah bisa menambah semangat warga MTs Negeri 1 Tegal untuk mengaplikasikan ibadah ini di lingkungan masyarakat masing-masing.

No comments:

Post a Comment

If this article helpful, please share it...
We are waiting for your polite comments for our good ...